Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Belajar VBA dan Macro Pada Excel Pemula

Selain rumus-rumus excel, ternyata masih ada fasilitas excel yang tak kalah penting untuk dipelajari sehingga format aplikasi excel yang kita buat lebih maksimal dan efektif yaitu menggunakan fungsi VBA dan macro. Sebenarnya tidak hanya pada Excel tetapi fitur ini juga terdapat microsoft office lainnya word, access dan powerpoint. Namun VBA dan macro seringnya digunakan  pada Excel.

Sebelumnya akan dijelaskan dahulu apa sih VBA dan Macro ?

VBA (Visual Basic for Aplications) merupakan turunan dari bahas pemrograman VB yang bisa digunakan untuk memudahkan user mendesain dan membangun program VB (Visual basic) dalam aplikasi utama Microsoft Office tujuanya supaya pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Sedangakan Macro digunakan untuk merekam pekerjaan banyak pada excel, contoh suatu pekerjaan sifatnya berulang sehingga bisa dikerjakan otomatis. Saran yang digunakan untuk membuat makro yaitu menggunakan koding VBA didalamnya.

Contoh Penerapan VBA dan Macro :

Ketika kita membuat format aplikasi cetak, misalnya pada artikel sebelumnya admin telah membahas Membuat Slip Cetak Gaji Menggunakan Excel (manual satu persatu) jika jml karyawan banyak tentunya kurang efektif. maka kita bisa membuat tombol print khusus otomatis menggunakan VBA dan Macro dengan hanya sekali klik saja. Nanti akan kita bahas cara membuatnya.

Admin mencoba belajar untuk memahami fungsi VBA dan Macro yang  sederhana dulu kemudian akan saya sharing melalui blog ini, kita sama-sama belajar.

Pada setingan default biasanya tab menu untuk fungsi VBA dan macro belum muncul, yaitu  terdapat pada tab menu Developer, yang pertama akan kita bahas yaitu cara memulai untuk menampilkan menu Developer langkahnya yaitu sebagai berikut.

Menampilkan Menu Developer Excel 2010

Klik File  >>> pilih Options

Menampilkan menu Developer

Menampilkan menu Developer

Akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini, kemudian Klik Customize Ribon >> kemudian ceklis Developer

Menampilkan menu Developer 2

Menampilkan menu Developer 2

Berikut tampilan dari menu developer (VBA dan Macros)

VBA dan Macros

VBA dan Macros

Sekian dulu cara menampilkan menu developer pada excel 2010, untuk office seri lain tidak jauh berbeda caranya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Artikel selanjutnya kita akan belajar membuat VBA macro tombol/button print sederhana.

6 Comments

Tinggalkan Balasan