Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Belajar Vlookup dengan tipe data FALSE Pada Excel

Setelah kita belajar Microsoft Excel 2010 dasar/pemula, kita lanjutkan ke level yang sedikit lebih rumit atau medium level, Admin mencoba belajar dan kemudian berbagi apa yang didapatkan, disini kita sama-sama belajar.
Langsung saja pada postingan kali ini akan dibahas fungsi lookup. Fungsi lookup yaitu digunakan untuk mencari data-data atau nilai otomatis yang sesuai dengan pasangannya  pada referensi yang kita buat terlebih dahulu.
Fungsi lookup ada dua yaitu Vlookup dan Hlookup letak perbedaanya hanya pada range data referensi yang kita buat dengan arah kolom V (vertikal) atau H (Horizontal) saja.
Masih bingung untuk lebih jelasnya akan kita berikan contohnya:
Pertama kita akan membahas Vlookup dengan tipe data FALSE (tetap)
 
Vlookup dengan tipe data FALSE
Contoh diatas yaitu data penjualan/pemesanan kaos dengan berbagai ukuran yang memiliki harga yang bebeda-beda semakin besar harganya  lebih mahal. Rumus Vlookup berfungsi supaya ketika data ukuran dimasukan maka harga akan muncul secara otomatis sesuai data referensinya/acuannya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • 1. Pertama yaitu buat table data referensi harga kaos berdasarkan ukuran
  • 2. Kemudian buat tablel pemesan kaos seperti diatas
  • 3. Rumusnya yaitu :
Ketikan pada kolom harga cell  D9  =VLOOKUP(C9;$B$4:$C$6;2;FALSE)
Penjelasannya
C9 merupakan nilai kunci yang dijadikan acuan untuk membaca tabel referensi yaitu kolom size$B$4:$C$6  merupakan range dari tabel referensi untuk mendapatkan hasil yang sesuai yaitu tabel ukuran kaos dan harganya.

merupakan nomor urut data dalam tabel referensi. yaitu pada kolom dua (harga)
FALSE tipe data ada dua pilihan yaitu TRUE dan FALSE. Nilai TRUE Anda gunakan jika nilai datanya tidak pasti atau berada pada range tertentu dan nilai FALSE Anda gunakan jika nilai data berharga pasti/tetap.
  • 4.Selanjutnya untuk mempercepat penyelesaian arahkan mouse ponter sampai berubah tanda + , kemudian tinggal tarik/drag ke bawah.
Berikut contoh Hasilnya :
Vlookup dengan tipe data FALSE
Jika masih bingung dan gagal, silahkan download file hasilnya dibawah ini
Terimakasih semoga bermanfaat

11 Comments

Tinggalkan Balasan