Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Cara Menambahkan Foto Pada Form Office Access

Artikel belajar microsoft access sebelumnya sudah membahas cara membuat Control Button dan Combo Box, rasanya kurang lengkap jika pembuatan biodata untuk “pendaftaran siswa baru” kalau belum ditambahkan foto.

Untuk itu pada postingan belajar office kali ini akan dibahas cara menambahkan foto pada form microsoft Access, caranya yaitu dengan menggunakan attachment.

Menambahkan foto Attachment pada Access
Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
Langkah pertama yaitu jangan lupa setiap akan mengedit table atau form pada kondisi design view, dimana pada kondisi ini supaya bisa mengeditnya.
Selanjutnya¬† tambahkan field dan typenya pada tabel “pendaftaran siswa baru” dengan nama field “foto” dan data typenya “Attachment” >> kemudian simpan/Save
Selanjutnya masuk kepada pada formnya pendaftaran siswa baru, sama kondisikan pada Design View untuk mengeditnya, kemudian tambahkan Attachment, caranya klik menu Design >>> group Control >>> klik Attachment dan letakan pada form pendaftaran siswa baru tersebut.

Attachment
Kemudian kita hubungkan dengan fieldnya caranya >> klik pada Attachment yang kita buat tersebut akan muncul Property Sheet >>> pada tab Data >> Contol Source >> kita taruh pada field yang telah kita buat >> Foto.

Selanjutnya kita rapikan peletakannya, kita simpan dan bisa kita coba tes bisa measukan foto dari form tersebuta atau dari tabel.

Terimaksih selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan