Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Cell Excel

Halo sobat semua, jumpa lagi bersama BelajarOffice.com, pada kesempatan ini admin akan membahas Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Cell Excel. Ketika kita membuka MS Excel maka secara bawaan akan menampilkan cell pada sheet Excel dengan ukuran tertentu yaitu : lebar kolom cellnya kira-kira 8,43 satuan sedangkan tinggi baris cellnya kira-kira 15 satuan. Itu secara default atau bawaan. Bagimana jika kita ingin mengaturnya ukuran cell Excel sesuai keinginan dan kebutuhan?.

Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Cell Excel, untuk itu akan admin bahas satu persatu :

1. Cara pertama : menggunakan menu Format

Cara pertama ini menurut admin sebenarnya agak sedikit ribet dari yang lain , karena harus klik-klik menu ini dan itu, tapi tidak ada salahnya untuk dibahas dan dipraktekan

  • Buka MS Excel
  • Selanjutnya jangan lupa select terlebih dahulu baris atau kolom cell yang akan kita atur ukurannya
  • Klik menu Home>> group Cells >> klik Format
Cells Size

Cells Size

Nanti akan muncul beberapa pilihan diantaranya :

  1. Row Height : ini digunakan untuk mengatur tinggi baris cell secara manual kita bisa ketikan tinggi baris yang kita inginkan
  2. AutoFit Row Height : ini digunakan untuk mengatur tinggi baris cell secara otomatis menyesuaikan dengan isi datanya.
  3. Column Width : digunakan untuk mengtur lebar kolom cell secara manual kita bisa ketikan lebar kolom yang kita inginkan
  4. AutoFit Column Width : ini digunakan untuk mengatur lebar kolom cell secara otomatis menyesuaikan dengan isi datanya.
  5. Default width : Digunakan untuk mengatur mengubar lebar kolom bawaan dari seluruh tabel menjadi lebar yang bisa kita atur sesuai dengan keinginan.

Untuk lebih jelasnya kita coba masing-masing dari menu tersebut

A. Row Height

Coba kita klik Row Height, ukuran bawaan yaitu 15 satuan, coba kita ganti atau tambah menjadi 25 satuan maka bisa dilihat tingginya akan berubah lebih tinggi jaraknya.

Row Height

Row Height

B. AutoFit Row Height

Contoh seperti pada gambar dibawah ini, select pada data tersebut kemudian kita klik Auto Fit maka otomatis tinggi cell akan menyesuaikan.

Auto Fit Row Height

Auto Fit Row Height

C. Column Width

Coba kita klik Column Width, ukuran bawaan yaitu 8,43  satuan, coba kita ganti atau tambah menjadi 20 satuan maka bisa dilihat lebarnya akan berubah lebih lebar jaraknya.

Column Widht

Column Width

D. AutoFit Column Width

Contoh seperti pada gambar dibawah ini, select pada data tersebut kemudian kita klik Auto Auto Fit Column Widht maka secara otomatis lebar akan menyesuaikan dengan lebar karakter datanya yang paling panjang.

Auto Fit Row Height

Auto Fit Row Height

E. Default width

Coba kita klik Default width kemudian kita ketikan angka lebarnya maka otomatis semua kolom lebarnya akan sama sesuai dengan angka yang diketikan.

Column Widht

Column Widht

2. Cara Kedua : Geser Pointer Mouse

Caranya letakan atau arahkan mouse pointer pada kolom atau baris, sampai berbentuk seperti gambar dibawah ini , kemudian tinggal geser-geser saja (klik kiri tahan geser) sangat mudah dan praktis

Pointer Mouse (Height)

Pointer Mouse (Height)

Supaya auto fit caranya letakan pointer mose sama seperti diatas kemudian doubel klik (klik kiri 2 kali) maka otomatis lebar/tinggi kolom akan menyesuaikan lebar isi datanya, jika datanya banyak maka akan menampilkan lebar/tinggi maksimal dari data yang ada.

3 . Cara ke tiga : Klik kanan mouse

Block data baris atau kolom terlebih dahulu, kemudian klik kanan maka akan muncul menu-menu >> klik Row Height ( untuk tinggi baris) jika kolom klik (Column Widht), kemudian isikan lebar atau tingginya sesuai kebutuhan.

 

Demikian penjelasan tentang Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Cell Excel, silahkan dipilih sesuai keinginan.

Terimakasih semoga bermanfaat.

One Response

Tinggalkan Balasan