Keluarga Samawa
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Halo sobat Belajar Office, pada artikel ini kita akan membahas Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan. Surat izin orang tua untuk bekerja di perusahaan merupakan sebuah surat pernyataan di mana isinya memuat bahwa orang tua atau wali dari anak itu memperbolehkan anaknya untuk bekerja di perusahaan tersebut. Biasanya surat ini menjadi salah satu syarat supaya dapat benar-benar diterima oleh perusahaan-perusahaan tertentu.

Nah, apakah saat ini anda sedang membutuhkan surat tersebut, dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya? Tenang, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan contoh surat izin orang tua untuk bekerja di perusahaan yang bisa anda jadikan referensi.

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

SURAT KETERANGAN IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                     : ……………………..
Umur                                      : ………Tahun
Agama                                   : Islam
Alamat                                    : …………………….

Orangtua/Wali dari anak :

Nama                                  : ……………………..
Jenis Kelamin                      : ……………………..
Tempat dan Tanggal Lahir : ………………………………………
Kewarganegaraan              : Indonesia
Agama                                : Islam
Status Nikah                       : ……………………………….
Alamat                                : …………………………………………………………………………..

     Dengan ini kami menyatakan, bahwa kami tidak merasa keberatan apabila anak kami sebagaimana yang tercantum di atas bekerja pada Perusahaan PT BELAJAR OFFICE serta ditempatkan di cabang-cabangnya di seluruh Indonesia maupun di luar negeri.

     Demikianlah surat pernyataan ini telah kami buat dengan sebenar-benarnya untuk dijadikan sebagaimana mestinya.

…………………….,…………… 2018

                    Orang Tua,                                                                          Anak yang bersangkutan,

 

 ………………..                                                                         Edi Subarkah

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Tips Supaya Mendapat Izin dari Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan yang Diinginkan

  • Pilih Waktu yang Tepat

Tips yang pertama adalah anda harus memilih timing yang tepat ketika ingin berbicara dengan orang tua anda. Saran dari kami, sebaiknya pilihlah waktu pada saat mereka sedang santai, tenang dan suasana hatinya sedang bagus.

Turunkanlah sedikit ego anda saat mencoba untuk memperoleh izin dari mereka. Jika orang tua anda adalah tipikal yang mempunyai peraturan tersendiri, maka anda bisa melakukan penawaran, misalnya seperti mengajaknya berbicara setelah makan malam, supaya semuanya sedang berkumpul dan topik yang akan di bahas pun dapat tersampaikan dengan baik.

Baca juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

  • Jaga Sikap dan Intonasi Nada Bicara

Walaupun anda begitu yakin dengan pemikiran anda, sebaiknya tetap jagalah sikap dan intonasi nada bicara ketika sedang membicarakan hal yang anda inginkan dengan orang tua anda.

Apabila anda tidak sopan ketika meminta izin untuk bekerja diperusahaan yang anda pilih, maka dijamin mereka juga pasti tidak akan mendengarkan alasan atau pendapat apapun yang anda utarakan.

  • Dengarkan dari Sudut Pandang yang Lain

Tetaplah bijaksana untuk mendengarkan pendapat dari orang tua anda. Jangan sekali-kali menyela ketika mereka sedang berusaha menjelaskan, sekalipun pendapat mereka bertentangan dengan pemikiran atau yang anda inginkan.

Menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang adalah hal yang sangat baik. Selalu ada alasan kenapa orang tua mengambil sebuah keputusan. Maka dari itu, tidak ada salahnya pertimbangan dari orang tua harus anda pikirkan juga. Siapa tahu memang ada benarnya, sehingga dari sanalah anda akan menemukan titik tengah dari masalah perizinan yang anda keluhkan, tanpa perlu adanya perdebatan berkelanjutan yang memakan waktu  lama.

  • Berikan Informasi Mengenai Perusahaan Tempat Anda Akan Bekerja

Cemas dan khawatir adalah 2 faktor utama yang biasanya menjadi penyebab kenapa orang tua sulit untuk mengizinkan anda bekerja di perusahaan tertentu. Misalnya takut anda bisa terbawa pergaulan yang tidak benar atau tidak mampu menjaga diri. Hal tersebut sangatlah wajar, karena itu merupakan bukti kasih sayang mereka untuk anda.

Untuk meminimalisir kekhawatiran dan rasa cemas tersebut, berikanlah informasi lengkap mengenai perusahaan di mana anda akan bekerja. Katakan pada mereka bahwa bekerja di sana adalah peluang yang sangat bagus, yang mungkin saja tidak akan bisa anda dapatkan lagi.

Yakinkan mereka bahwa profit yang akan anda dapatkan semata-mata bukan hanya untuk masa depan anda melainkan untuk kebahagiaan mereka juga. Artinya anda ingin mandiri. Ingin bisa memberi bukan hanya terus diberi.

Dalam hal ini fokuslah untuk menyentuh perasaan orang tua anda, supaya mereka dapat memahami apa yang sedang anda inginkan dan anda perjuangkan. Jika sudah menyinggung mengenai biaya hidup, jelaskan secara rinci estimasi biaya yang harus anda keluarkan setiap hari, katakan juga bahwa anda mempunyai teman dekat yg akan menemani aktifitas anda sehari-hari, dan berjanjilah pada mereka, sesibuk apapun pekerjaan anda, anda akan tetap menghubungi mereka.

Baca juga : Contoh Penulisan CV Curiculum Vitae untuk Fress Graduate

  • Berikan Waktu

Jika satu kali diskusi tidak membuahkan hasil, itu tidak masalah. Tetap tenang, dan berikanlah waktu pada orang tua anda untuk mempertimbangkan semuanya.

Jangan coba-coba untuk memanipulasi dengan menandatangani palsu surat izin orang tua untuk bekerja diperusahaan, karena dampak ke depannya akan sangat tidak baik. Sesuatu yang dimulai dengan keburukan akan menghasilkan keburukan juga.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Apabila anda tetap sabar, dan bersikap dewasa, mereka pasti akan mengizinkan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Demikian diatas pembahasan lengkap seputar contoh surat izin orang tua untuk bekerja di perusahaan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.