Contoh Surat Contoh format Surat !

Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak

Selamat Pagi Sobat Belajar Office. Tahukah anda apa yang dimaksud surat pernyataan tanggung jawab mutklak? Nah, buat anda yang belum tahu, surat penyataan tanggung jawab mutlak ialah surat perjanjian yang menyantakan kesanggupan suatu pihak untuk bertanggung jawab penuh atas suatu hal atau suatu kegiatan. Dengan surat ini tentunya Anda akan bertindak sebagai seorang penanggung jawab  utama dan mutlak.

Sebenarnya dalam membuat suatu surat pernyataan tanggung jawab mutlak tidaklah sulit. Untuk membuatnya sebenarnya bisa dibuat mirip dengan membuat suatu surat pada umumnya. Namun tentunya, ada yg berbeda dengan surat pada umumnya, karena terdapat beberapa poin atau bagian penting yang harus ada.

Untuk bagian teratas yaitu kop surat. Kop surat menyatakan dari lembaga atau instansi mana surat itu berasal. Jadi, ketika Anda akan membuat suatu surat pernyataan tanggung jawab mutlak maka Anda tidak boleh melewatkan bagian ini.

Contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak

Contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak

Dan berikutnya yang tentu sangat penting adalah bagian isinya. Pastikan, isi dalam surat pernyataan tersebut jelas, serta tidak ambigu, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Tidak jarang surat pernyataan tanggung jawab mutlak yang isinya kurang mudah dipahami sehingga menimbulkan konflik di kemudian hari.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Usaha

Untuk bagian akhir, Anda bisa membuat penutup seperti penutup surat yang lain pada umumnya. Jangan lupakan juga tanggal dan tempat di mana surat pernyataan tersebut dibuat. Di bagian bawahnya Anda bisa menuliskan nama Anda sebagai penanggung jawab dan bubuhkan juga materai 6000 supaya mempunyai kekuatan hukum yang jelas.

Contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak

Contoh 1

KOP DINAS PENDIDIKAN

Surat pernyataan tanggung jawab mutlak

Dari atasan langsung / kepala skpd

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                 :  Edi

Jabatan              : …………….

Instansi              : ……………..

Dengan ini menyatakan bahwa data tenaga honorer katagori ii :

Nama                       : ………………

Tanggal Lahir          : Bukit Tinggi, 24 Januari 1991

Pendidikan              : S1 Pendidikan Bahasa Indonesia

Formasi Jabatan      : Guru Honorer

Instansi                    : Sma Negeri 55

Saya menjamin kebenaran dan bertanggung jawab atas data dari tenaga honorer tersebut telah sesuai dengan persyaratan dan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Apabila di suatu  hari nanti terdapat data tenaga honorer seperti pada identitas di atas ternyata bertolak belakang  dengan ketentuan, maka saya siap bertanggung jawab dan diberikan sanksi administratif dan sanksi pidana.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sadar, sejujur- jujurnya,  dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

Jakarta, 14 januari 2018

Seketaris Dinas Pendidikan

Meterai Rp 6.000

Contoh 2

KELOMPOK TANI ( POKTAN )

SIDA UNTUNG

Alamat: Desa ……………. Kec. ……………….. Kab. Banjarnegara 53452

SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : ………………….

Jabatan            : Ketua Kelompok Tani ………………

Alamat            : Desa ……………….. Kec. Banjarmangu Kab. Banjarnegara

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya  :

  1. Dengan penuh rasa tanggung jawab, kami siap menerima Bantuan Pemerintah berupa uang sebesar Rp 50.000.000,00 ( Lima Puluh Juta Rupiah ) untuk kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier.
  2. Apabila dikemudian hari terdapat kesalahan penyalahgunaan penggunaan dana kegiatan tersebut, yaitu pelaksanaan kegiatan tidak sesuai dengan ketentuan yang mengakibatkan kerugian Negara, maka saya bersedia mengganti kerugian Negara yang dimaksud dengan menyetor ke Kas Negara.
  3. Untuk itu saya bersedia bertanggungjawab secara hukum apabila saya tidak sanggup melaksanakan pada diktum nomor 1 dan 2.

Demikian Surat Pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya.

Jenggawur, 29 Maret 2017

Mengetahui

Ketua Tim Teknis                                                                          Ketua Kelompok Tani

                   (Nama)                                                                                                 (Nama)

Itulah diatas salah satu contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak. Bagaimana, tidak sulit kan untuk membiatnya? Dengan membuat dan memiliki surat pernyataan tanggung jawab mutlak ini akan ada banyak manfaat yang bisa Anda terima. Untuk Anda selaku pembuat, maupun pihak yang di beri amanah dalam surat tersebut.

Bagi pihak yang dinyatakan, surat pernyataan tanggung jawab mutlak ini bisa sebagai alat pengukuhan dan penguatan jika orang tersebut dalam keadaan baik atau pun buruk.  Dan tentunya, dengan adanya surat pernyataan ini bisa Anda gunakan sebagai alat bukti untuk mematuhi apa yang telah diamanahkan. Dengan cara ini, orang tersebut akan bertanggung jawab dan tidak melakukan pelanggaran terhadap tugasnya.

Untuk file dalam format MS Word Silahkan download pada link dibawah ini

Contoh surat pernyataan tanggung jawab mutlak

Nah, itulah diatas ulasan singkat mengenai surat pernyataan tanggung jawab mutlak serta contohnya. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan