Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Membuat Aplikasi Kredit Barang Syariah Tanpa Bunga Rumus Excel

Halo sobat semua. Jumpa lagi bersama Belajar Office dot com. Pada kesempatan sebelumnya admin sudah membahas cara membuat aplikasi pencatat hutang rumus Excel yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat yang membutuhkan. Kali ini admin akan berbagi lagi Aplikasi Excel yaitu Membuat Aplikasi Kredit Barang Syariah Tanpa Bunga Rumus Excel.

Pada artikel sebelumnya sudah pernah admin bahas Aplikasi Kredit Barang Rumus Excel Namun pada format tersebut versi menggunakan sistem bunga, sedangkan yang akan admin bahas kali ini untuk Aplikasi Kredit Barang Syariah atau versi tanpa bunga, khususnya untuk sobat yang beragama islam dan ingin membuka usaha kredit barang namun tanpa bunga, karena ulama-ulama muslim yang berpendapat bahwa bunga bisa dikategorikan kepada riba dan riba hukumnya haram.

Jadi Apikasi Excel yang akan dibuat ini tidak pakai bunga, tapi menggunakan konsep jual beli. Berdasarkan harga beli kemudian di jual dengan harga jual plus profitnya yang dibayar dengan sistem kredit atau angsuran sehingga terhindar dari bunga, tentunya dengan kesapakatan antara penjual dan pembeli (ijab qobul) artinya pembeli sepakat, sehingga terhindar diri riba, halal dan berkah.

Ok, Langsung saja langkah-langkah membuat sangat mudah yaitu sebagai berikut, format excel ini dibagi menjadi 4 sheet diantaranya :

  • Sheet1 dengan nama “Pelanggan”
pelanggan

pelanggan

Sheet Pelanggan digunakan untuk input data-data pelanggan yang ingin membeli barang dengan cara kredit atau cicilan terdiri dari kolom : No, No pelanggan, Nama pelanggan, tanggal ambil, Barang, Harga Beli, Harga jual, Uang muka, Kredit Pokok, lama angsuran (bulan), Keuntungan.

Pada sheet ini rumus-rumusnya

  • Kredit pokok

Kredit pokok = Harga jual – Uang muka

rumusnya =G5-H5

  • Angsuran perbulan rumusnya

= Kredit pokok/lama angsuran

Rumusnya = I5/J5

supaya rapih admin tambahkan rumus excel iferror untuk menghilangkan pesan error jika data kosong rumusnya menjadi =IFERROR(I5/J5;” “)

  • Keuntungan

Rumusnya harga jual – harga beli

=G5-F5

Total profit untuk mengetahui keuntungan yang didapat jika sudah terbayar lunas

=SUM(L5:L24)

  • Sheet 2 dengan nama “Angsuran Pokok”
Angsuran Pokok

Angsuran Pokok

sheet 2 ini digunakan untuk mencetak angsuran tiap-tiap pelanggan dan tanggal jatuh temponya, gunanya untuk backup dalam format tertulis, sehigga jika sewaktu-waktu laptopnya error atau file aplikasi ini error untuk jaga-jaga jadi ada cadangan dalam format tertulis. Penggunaanya jika ada yang bayar maka beri paraf pada kolom paraf.

Selanjutnya penjelasan rumus-rumusnya :

  • Nama pelanggan, lama kredit dan Kredit pokok menggunakan rumus vlookup jadi ketika NO pelangan di input otomatis muncul data-datanya
 =VLOOKUP(C3;Pelanggan!B5:K24;2;FALSE)
 =VLOOKUP(C3;Pelanggan!B5:K24;9;FALSE)
 =VLOOKUP(C3;Pelanggan!B5:K24;8;FALSE)

Selanjutnya :

  • Bulan ke

=IFERROR(IF(OR(B8+1>$E$3;B8="0 ");" ";B8+1); " ")

  • Angsuran pokok

=IFERROR(IF(OR(B9=0;B9>$E$3);" ";($E$4/$E$3));" " )

  • Tanggal tempo
=IFERROR(EDATE(VLOOKUP($C$3;Pelanggan!$B$5:$K$14;3);0+B9);" ")
  • Sheet 3 dengan nama “Pembayaran”
pembayaran

pembayaran

Pada sheet ini digunakan untuk menginput pelanggan yang ingin memabayar cicilan kredit, Kolom-kolomnya meliputi : No, No Pelanggan, tanggal, Nama pelanggan, Jumlah cicilan, cara pembayaran, Ket
Rumus-rumusnya

  • Nama pelanggan

Nama pelanggan menggunakan Rumus Excel Vlookup supaya muncul otomatis ketika No Pelanggan di input
rumusnya pada cell D4

=IFERROR(VLOOKUP(B4;Pelanggan!$B$5:$K$24;2;FALSE);"")

Rumusnya digabung dengan IFERROR tujuannya untuk menghilangkan pesan error, supaya tampil rapih jika data kosong/tidak di input.

  • Jumlah cicilan

juga sama gunakan rumus vlookup supaya muncul otomatis ketika no Pelanggan diinput rumusnya sama vlookup digabung iferror

=IFERROR(VLOOKUP(B4;Pelanggan!$B$5:$K$24;2;FALSE);"")
  • Cara pembayaran

Bisa dibuat menu dropdown sehingga tinggal pilih saja misalnya : Tunai atau transfer Bank, caranya menggunakan data validation

  • Sheet 4 diberi nama “Laporan”
laporan

laporan

Pada sheet ini digunakan untuk mengetahui laporan-laporan data pelanggan misalnya : sudah berapa kali cicil, sisa kredit, sisa angsuran, keterangan lunas atau belum lunas, Rumus-rumusnya

  • No Pelanggan saya ambil data sama dari sheet1

rumusnya

=Pelanggan!B5

  • Pelanggan

Rumus vlookup digabung iferror

=IFERROR(VLOOKUP(B5;Pelanggan!$B$5:$K$24;2;FALSE);" ")
  • lama kredit
=IFERROR(VLOOKUP(B5;Pelanggan!$B$5:$K$24;9;FALSE);" ")
  • Angsuran perbulan9
=IFERROR(VLOOKUP(B5;Pelanggan!$B$5:$K$24;10;FALSE); " " )

Rumus diatas hanya untuk memanggil data saja dari sheet1 atau pelanggan

  • Pembayaran ke

logika rumusnya yaitu kita hitung berapakali pelanggan melakukan pembayaran berdasarkan acuan no pelanggan dari sheet pembayaran, jadi misalnya jika no pelanggan P1 ada dua 2 kali pembayara maka akan terhitung dua menggunakan rumus Excel COUNTIF, Rumusnya yaitu :

=IFERROR(COUNTIF(Pembayaran!$B$4:$E$50;B5);" ")
  • Sisa Angsuran

logikanya yaitu kita kurangkan saja lama kredit dikurang pembayara ke (sudah bayar berapa kali) maka didapat sisa angsurannya masih berapa kali lagi, rumusnya yaitu D5-F5, supaya rapih saya tambahkan IFERROR untuk menghilangkan pesan error jika datanya kosong.

=IFERROR(D5-F5;” “)

  • Sisa cicilan

Sisa cicilan logikanya kita kalikan saja sisa angsuran dengan besarnya kredit bulanan sesuai masing-masing pelangan.

=IFERROR(G5*E5; ” ” )

  • Ket : untuk menampilkan lunas atau belum lunas, logikal rumusnya yaitu jika lama lebih kecil sama dengan banyaknya angsuran maka lunas, elsenya “belum lunas”
=IF(B5=0;" ";IF(D5<=F5;"Lunas"; " Belum Lunas"))

Untuk File yang sudah jadi silahkan unduh pada link dibawah ini

Aplikasi Kredit Barang Syariah Tanpa Bunga Rumus Excel

Jika sobat butuh password unprotect file-file Belajar Office silahkan kirim email ke password@belajaroffice.com otomatis dan lebih cepat. Syaratnya : jangan lupa like dan share dan TIDAK MENGHAPUS sheet Created by dan linknya.

Berikut contoh simulsi/kalkulatornya silahkan dicoba.

Demikian penjelasan Cara Membuat Aplikasi Kredit Barang Syariah Tanpa Bunga Rumus Excel versi BelajarOffie.com semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.
Terimakasih.

One Response

Tinggalkan Balasan