Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Membuat Aplikasi Pencatat Hutang Rumus Excel

Halo sobat semua. Pada kesempatan ini admin akan membahas rumus Excel kembali, karena ada dari sobat Belajar Office yang menanyakan tentang rumus-rumus cara Membuat Aplikasi Pencatat Hutang Rumus Excel, yang  sudah admin posting pada artikel ini Download Aplikasi Pencatat Hutang Excel, karena pada artikel tersebut admin baru menjelaskan cara penggunaan dan link unduh saja, belum admin jelaskan cara membuat dan alur kerja rumusnya-rumusnya. Untuk itu perlu admin bahas pada artikel ini.

Ok, Langsung saja langkah-langkah membuat sangat mudah, rumus-rumus yang digunakan yaitu sebagai berikut :

  • Sheet1 Data

Sheet data digunakan untuk input data-data pelanggan yang berhutang, pada sheet ini tidak ada rumus-rumus jadi hanya untuk input data saja, seperti : No, No ID pelanggan, Nama, No HP, alamat, ket dan data-data lain yang bisa disesuaikan ditambahakan sesuai dengan kebutuhan.

Data Nama Penghutang

Data Nama Penghutang

  • Sheet2 Catat Hutang

Lanjut pada sheet 2 dengan nama Catat Hutang, Sheet ini digunakan untuk mencatat jika ada pelanggan atau pembeli yang berhutang, kolomnya meliputi Tgl hutang, No ID, Nama, Jml Hutang, Ket.

Catat Hutang

Catat Hutang

Pada sheet ini yang terdapat rumus hanya pada kolom nama, admin gunakan rumus vlookup, supaya ketika no ID diketikan muncul nama pelanggan otomatis, rumusnya

=IFERROR(VLOOKUP(C5;Data!$B$5:$D$29;2;FALSE); "   " )

Kemudian Rumus Vlookup digabung dengan IFERROR, fungsinya untuk menghilangkan pesan error ketika data tidak diisi, sehingga tampil lebih  supaya rapi jika datanya kosong. Selanjutnya Tarik drag saja rumusnya sampai kebawah baris akhir.

  • Kemudian sheet3 atau Bayar Hutang

Pada sheet ini digunakan untuk input jika pelanggan ingin membayar hutang,  kolom mirip seperti sheet diatas meliputi : Tgl, No ID, Nama, Jml Bayar, Ket.

Bayar Hutang

Bayar Hutang

Pada sheet ini yang terdapat rumus hanya pada kolom nama, sama gunakan rumus vlookup, supaya ketika no ID diketikan muncul nama pelanggan otomatis, dengan memanggil data dari sheet1

Rumusnya

=IFERROR(VLOOKUP(C5;Data!$B$5:$C$29;2;FALSE); "  " )

  • Sheet 3 Rekap dan laporan

Pada sheet ini yang banyak rumusnya, sistem atau alur rumus pada aplikasi ini yaitu kita kumpulkan/jumlahkan hutang masing-masing pelanggan, selanjutnya jumlahkan juga total yang dibayar oleh masing-masing pelangan bardasar NO ID, kemudian jumlah hutang dikurang jumlah yang sudah dibayar maka otomatis akan muncul sisa hutangnya jika 0 maka hutang lunas jika kurang maka akan muncul keterangan belum lunas jika lebih maka muncul keterangan bayar lebih.

Rekap Laporan Hutang

Rekap Laporan Hutang

Berikut rumus-rumusnya :

  • No ID saya abil sama dengan data jadi rumusnya =Data!B5
  • Nama gunakan rumus vlookup untuk mamanggil nama otomatis dari NO ID

=IFERROR(VLOOKUP(B5;Data!$B$5:$C$29;2;FALSE);"  ")

  • Jumlah Hutang, rumus yang digunakan yaitu rumus SUMIF untuk menjumlahkan total hutang untuk masing-masing pelanggan.

=SUMIF('Catat Hutang'!$C$5:$C$104;B5;'Catat Hutang'!$E$5:$E$104)

  • Jumlah Bayar, rumus yang digunakan yaitu Rumus Excel SUMIF untuk menjumlahkan total yang dibayar untuk masing-masing pelanggan.

=SUMIF('Bayar Hutang'!$C$5:$C$104;B5;'Bayar Hutang'!$E$5:$E$104)

  • Sisa Hutang, Sisa hutang tinggal dikurang saja jumlah hutang dikurang jumlah bayar tiap pelanggan.

rumusnya yaitu =D5-E5

  • Keterangan

Keterangan untuk menampilkan keterangan sudah lunas, belum lunas atau bayarnya lebih

rumusnya menggunakan Rumus Excel IF MAJEMUK

=IF(B5=0;"  ";IF(F5=0;"Lunas";IF(E5>D5;"Pembayaran lebih";"Belum lunas")))

NB : Pada contoh file ini admin buat hanya sampai batas baris tertentu saja untuk menambahkannya yaitu kita tambahkan saja range pada masing-masing rumusnya

Data!$B$5:$D$29 maka sobat ganti misalnya Data!$B$5:$D$500

‘Catat Hutang’!$C$5:$C$104;B5 ganti tambah menjadi ‘Catat Hutang’!$C$5:$C$500;B5

dst

Berikut link downloadnya : Aplikasi/Format Pencatatan Hutang Rumus Excel

Demikian penjelasnya, jika membutuhkan password unprotect kirim email ke password@belajaroffice.com otomatis, selanjutnya silakan dikembangkan sesuai kebutuhan.

Terimakasih semoga bermanfaat.

3 Comments

Tinggalkan Balasan