Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Membuat Konversi Suhu Rumus Excel

Halo sobat belajar office. Kali ini admin akan membahas suhu. Suhu merupakan ukuran untuk mengetahui panas atau dinginnya suatu benda baik padat,  cair dan gas.

Untuk mengetahui suhu suatu benda diperlukan alat pengukur masing-masing diantaranya thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu udara dan air.

Pada alat ukur suhu memiliki satuan yang bisa berbeda diantaranya yang paling umum menggunakan derajat Celsius,  selain itu masih  ada satuan suhu lain seperti Fahrenheit, Kelvin,  dan reamur.

Antara satuan suhu yang satu dengan yang lain memiliki nilai yang berbeda. Pada kesempatan ini admin akan membahas cara membuat Konversi Suhu menggunakan rumus Excel.

Sebelum masuk ke rumus Excel alangkah baiknya kita ulang kembali cara mengkonversi suhu menggunakan rumus matematika Supaya kita tahu prosesnya :

  • Dari Celsius ke

Reamur

(4/5) C

Fahrenheit

(9/5) C + 32

Kelvin

C + 273

  • Dari Reamur ke

Celsius

(5/4) R

Fahrenheit

(9/4) R + 32

Kelvin

(5/4)R + 273

  • Dari Fahrenheit ke

Celsius

5/9 (F – 32)

Reamur

4/9 (F-32)

Kelvin

5/9 ( F-32) + 273

  • Dari Kelvin ke

Celsius

K – 273

Reamur

4/5 (K-273)

Fahrenheit

9/5 (K-273) + 32

Pada MS Office Excel terdapat rumus Excel yang bisa digunakan untuk mengkonversi satuan-satuan termasuk satuan suhu yang sedang kita bahas kali ini. penasaran,  rumus yang bisa kita gunakan yaitu Rumus Excel Convert

Oh ya rumus Excel Convert untuk suhu pada Excel ini hanya bisa untuk konversi satuan Celsius, Fahrenheit dan Kelvin untuk Reamur tidak tersedia. Pada artikel ini kita akan membahas cara membuat konversi suhu menggunakan rumus Excel.

Langsung saja, kita buat konversi suhu ini dalam format yang semenarik mungkin,  silahkan sobat bisa buat sesuai keinginan dan kreatifitas masing-masing.  contoh seperti gambar dibawah ini

Rumus Excel Konversi Suhu

Rumus Excel Konversi Suhu

Kita buat drop down untuk pilihan suhu awal dan suhu akhir kita bisa gunakan data validation saja supaya user lebih mudah dalam memilih.

Pelajari lebih lanjut Cara Membuat  Data Validation Excel

Allow pilih : List dan  untuk Source ketikan  C;F;K

Selanjutnya ketikan rumus pada Cell E7

=CONVERT(C7;D7;F7)

ket :

C7 untuk angka yang akan diubah

D7 untuk satuan awal (dari)

F7 untuk satuan akhir (ke)

Jika sobat mengingat file Excel yang sudah jadi sobat bisa download pada link dibawah ini

Konversi Suhu Rumus Excel

Sobat-sobat juga bisa gunakan konversi suhu secara langsung pada plugin yang admin sediakan dibawah ini

Demikian cara membuat konveri suhu menggunakan Rumus Excel, sangat mudah dan simpel silahkan sobat-sobat praktekan sebagai bahan latihan untuk mendalami rumus-rumus excel.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan