Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Menguasai Ms Office

Hampir semua pekerjaan, khususnya pekerjaan kantoran membutuhkan kemampuan dalam mengusai program Ms Office. Mulai dari penginputan data, membuat laporan, hingga presentasi.  Nah, untuk lebih jelasnya, terkait jenis pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menguasi Ms Office, berikut beberapa diantaranya, Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Menguasai Ms Office :

  1. Staff Administrasi

Secara umum pekerjaan ini berkaitan dengan administrasi suatu perusahaan, mulai dari perekapan data (proses input dan output data), pembuatan laporan, melakukan penjadwalan, hingga pembuatan surat menyurat. Tugas yang dijalankan staff administrasi ini tidak lepas dari bantuan Ms Office. Misalnya saja, dalam pembuatan surat menyurat, staff Administrasi membutuhkan Ms Word, atau dalam penginputan data dan pembuatan laporan keuangan menggunakan Ms Excel. Jadi, memang mau tidak mau seorang staff adminstrasi dituntut untuk memiliki keahlian dalam mengoperasikan program-program Ms Office.

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan mengusai Ms Office

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan mengusai Ms Office

  1. Sekretaris

Seperti staff administrasi, seorang sekretaris juga dituntut untuk menguasai Ms Office. Dalam pekerjaannya, seorang sekretaris bertugas dalam pembuatan agenda rapat, membuat janji dengan klien, menjadi notulen, hingga pembutan surat menyurat.

  1. Akuntan

Seorang akuntan bertugas menyelesaikan berbagai pekerjaan khususnya dalam bidang keuangan. Meskipun sebuah perusahaan telah menggunakan program atau software khusus dalam bidang akuntansi, akan tetapi kemampuan seorang akuntan dalam mengoperasikan program Ms Office tetap harus dimiliki.

Jika ada pengolahan data yang tidak dapat diselesaikan menggunakan software akuntansi, maka secara otomatis seorang akuntan harus menyelesaikannya dengan menggunakan Ms Office, seperti Ms Excel.

  1. Jasa Pengetikan

Pekerjaan sebagai jasa pengetikan sangat membutuhkan kemampuan menguasai Ms Office. Karena biasanya, tugas seorang jasa pengetik, adalah mengetikkan file sesuai yang diminta oleh customer.

  1. Guru

Mungkin guru pada zaman dahulu tidak dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer, khususnya Ms Office. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, banyak pekerjaan yang harus mereka selesaikan dengan menggunakan program Ms Office, mulai dari pembuatan rancangan pembelajaran, menginputkan nilai, hingga menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk presentasi. Hal-hal demikianlah, yang mengharuskan seorang guru memiliki kemampuan dalam menguasai Ms Office.

  1. Editor Naskah Buku

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menguasai Ms Office selanjutnya yaitu editor naskah buku. Tugas editor yaitu mengecek, mengedit, merapikan tulisan naskah dari para penulis. Dalam hal ini, tentu dibutuhkan keahlian dalam menggunakan Ms Office. Tanpa keahlian ini, seorang editor tentu akan kesulitan saat diminta untuk merapikan naskah para penulis.

  1. Pustakawan

Seorang pustakawan juga memerlukan kemampuan dalam menguasai Ms Office. Hal tersebut dikarenakan, pustakawan harus membuat laporan data stok buku, peminjaman, maupun pengembalian buku. Selain itu, pustakawan juga perlu menginput data pengunjung perpustakaan. Semua pekerjaan tersebut diselesaikan menggunakan Ms Office. Oleh sebab itu, seorang pustakawan harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer.

  1. Penulis

Pekerjaan yang membutuhkan kemampuan mengusai Ms Office yang terakhir ialah profesi penulis buku maupun artikel website. Meskipun suatu naskah yang mereka tulis atau ketik akan dilakukan penyuntingan lagi oleh para editor, akan tetapi tetap dalam menuliskan suatu tulisan di laptop atau komputer, tetap menggunakan word. Intinya, seseorang yang belum menguasai Ms Office akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menulis, dibandingkan mereka yang memiliki kemampuan mengoperasikan Ms Office.

Baca juga : Tips Memilih Laptop untuk Pekerjaan Kantoran

Itulah beberapa Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Menguasai Ms Office. Semoga dengan informasi di atas, dapat meningkatkan kesadaran Anda tentang pentingnya menguasai Ms Office, khususnya dalam dunia kerja di perkantoran.

Tinggalkan Balasan