Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Office

Halo sobat Belajar Office. Pastinya sebagian besar pengguna komputer sudah akrab dengan aplikasi/software yang satu ini. Yup, Microsoft Office ibarat aplikasi wajib yang selalu ada dalam setiap komputer. Dan memang tak heran, mengingat fungsinya yang sangat penting.

Pengertian Microsoft Office

Microsoft office merupakan suatu produk yang dikeluarkan oleh Perusahaan raksasa Microsoft, dimana produk ini berupa perangkat lunak (software) yang berisikan paket aplikasi perkantoran. Tentunya produk ini diciptakan untuk memudahkan pekerjaan kantor seperti pengetikan laporan, pembuatan laporan keuangan, pemaparan presentasi dan masih banyak lagi.

Nah, sebelum kita bahas tentang apa saja aplikasi dan fungsi dari Microsoft office, ada baiknya kita mengetahui sejarah dan perkembangan microsoft office terlebih dahulu.

Sejarah dan Perkembangan Microsoft Office

Bulan November tahun 1990 adalah masa dimana Microsoft office 1.0 dirilis secara resmi oleh perusahaan Microsoft. Awal mulanya, ada tiga aplikasi yang telah dirancang untuk Microsoft windows ini, yaitu Microsoft word 1.0, Microsoft excel 2.0 dan Microsoft power point 2.0.

Lalu pada tanggal 4 Maret 1991 Microsoft merilis Microsoft office 1.5 dimana ada peningkatan kualitas pada aplikasinya excelnya. Dimana pada Microsoft office 1.0 yang digunakan adalah excel 2.0, pada office 1.5 ini meningkat menjadi excel 3.0. pada versi terbaru ini terdapat tambahan toolbar yang berfungsi untuk kemudahan pengoperasiannya.

Berselang beberapa bulan, muncullah office 1.6 dengan penambahan software bernama Mail 2.1. Perkembangan ini terus berlanjut Microsoft Office 95, 97 ,2000, 2003, 2007, 2010, 2013 hingga terciptanya aplikasi computer yang terbaru saat ini yaitu Microsoft Office 2016.

Perkembangan Microsoft Office yang cukup pesat ini ditandai dengan adanya beberapa kali revisi kearah yang lebih baik (penyempurnaan) pada fitur aplikasi-aplikasi didalamnya. Selain itu Microsoft corporation juga menambahkan beberapa menu tambahan pada toolbar pada aplikasi-aplikasinya dengan tujuan memberikan kemudahan pengoperasian bagi semua kalangan, hal ini mengingat karena computer merupakan perangkat teknologi yang sudah digunakan secara universal.

Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Office

Pengertian, Fungsi, Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Office

Fungsi Microsoft Office

Karena Microsoft office diciptakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran, tentu aplikasi didalamnya didesain sedemikian rupa agar memudahkan para pengguna dalam mengerjakan project-project perkantoran. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam fungsi dari masing-masing aplikasi Microsoft office tersebut.

  • Microsoft Word

Aplikasi ini paling sering digunakan oleh semua perkantoran. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengolah kata sehingga aplikasi ini berfungsi untuk membuat surat, table, laporan, dll.

  • Microsoft Excel

Selain aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka juga termasuk aplikasi yang sering dibutuhkan pada bidang perkantoran. Dengan adanya aplikasi excel ini tentu semakin memudahkan perusahaan untuk mengolah angka ketika menyusun laporan keuangan. Ditambah lagi dengan adanya rumus-rumus yang ditawarkan membuat pekerjaan mengolah angka semakin mudah.

  • Microsoft powerpoint

Ketika meeting seringkali kita menggunakan powerpoint untuk menampilkan slide presentasi kita. Selain slide presentasi kita ditampilkan secara infokus, adanya fitur animasi yang ditawarkan tentu akan membuat presentasi kita semakin menarik.

  • Microsoft Acces

Microsoft acces ini merupakan aplikasi yang berguna untuk membuat, mengelola, ataupun mengolah database. Sehingga seringkali aplikasi ini dimanfaatkan untuk pembuatan daftar absensi, brosur, table dan lain sebagainya.

  • Microsoft outlook

Aplikasi Microsoft outlook ini menawarkan fitur yang berguna untuk membaca dan berkirim surat melalui surat elektronik. Selain itu, pada aplikasi ini juga dilengkapi dengan kotak surat, akses kalender serta jadwal bersama.

  • Microsoft Visio

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk memudahkan dalam pembuatan diagram, flowchart, skema jaringan maupun brainstorm.

  • Microsoft publisher

Dari namanya sudah diketahui bahwa aplikasi yang satu ini digunakan untuk kegiatan publishing. Hasil dari aplikasi ini bisa berupa Koran, brosur, kalender, katalog, poster, dan lain-lain.

Demikian diatas ulasan mengenai Microsoft office mulai dari pengertian,  fungsi hingga sejarah dan perkembangan microsoft office dari awal dirilis hingga sekarang. Semoga ulasan diatas bisa menjadi bahan untuk menambah wawasan serta pengetahuan kita.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: