Keluarga Samawa
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Shortcut pada Ms Powerpoint Lengkap dengan Fungsinya

Halo Sobat Belajar Office. Bagi pekerja kantoran, tentunya sudah tak asing dengan aplikasi/software Microsoft Powerpoint. Ya, aplikasi yang satu ini memang sangat diandalkan dalam melakukan presentasi. Dan sama halnya dengan word atau excel, bekerja dengan powerpoin akan lebih efektif dan efisien jika kita memanfaatkan fitur shortcutnya.

Daftar Shortcut pada Ms Powerpoint dan Beragam Fungsinya

Microsoft Powerpoint sejauh ini dikenal dengan software yang ramah dengan orang awam atau pemula. Dengan sedikit waktu dan kesabaran, Anda tentu bisa memahami dan membuat presentasi dengan software tersebut. Nah langkah selanjutnya, Anda juga perlu tahu dengan shortcut yang ada pada Microsoft Powerpoint. Tertarik untuk mempelajarinya? Berikut shortcut pada ms powerpoint lengkap dengan fungsinya.

  • F1

Tombol ini berfungsi untuk memanggil jendela HELP. Namun perintah ini tidak berfungsi ketika slide show berjalan. Tombol ini juga menampilkan daftar shortcut dari slide show.

Shortcut pada Ms Powerpoint

Shortcut pada Ms Powerpoint

  • F2

Shortcut ini berfungsi untuk mengaktifkan naskah yang diedit di obyek gambar. Misalnya, placeholder, box, dan shape. Dengan menekan F2 kkembali, naskah tersebut akan segera non aktif. Tombol ini juga bisa digunakan untuk mengganti nama slide object.

  • F4

Shortcut ini berfungsi untuk mengulang perintah. Biasanya perintah ini diperlukan ketika lembar kerja baru saja mengalami perbaikan.

  • F5

Ingin mengetes sejauh mana presentasi Anda, tekan saja tombol F5. Dengan begitu, Anda seakan memerintah untuk menampilkan show dari slide pertama. Namun bila hanya ingin menampilkan slide tertentu saja, Anda bisa menekan Shift+F5.

  • F7

Shortcut ini akan membantu Anda untuk mengecek ejaan dan tata Bahasa Inggris. Sedang untuk memanggil bantuan Thesaurus, Anda cukup menekan tombol Shift+F7.

  • F12

Jalan pintas ini berguna untuk menyimpan ulang dengan nama dan folder yang berbeda.

  • Home

Shortcut ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal dari baris teks. Tidak hanya itu, tombol ini juga berfungsi untuk menyeleksi slide pertama dalam tampilan slide sorter.

  • End

Tombol ini merupakan kebalikan dari Home. Tombol ini berfungsi memindahkan kursor ke akhir baris. Tombol ini juga menyeleksi slide akhir dalam tampilan slide sorter.

  • Ctrl + A

Shortcut ini berfungsi untuk menyeleksi semua obyek slide seperti dalam tampilan normal maupun menyeleksi semua slide. Tidak hanya itu, shortcut ini juga mampu menyeleksi semua naskah.

  • Ctrl + B

Sama seperti pada ms word dan ms excel, perintah ini berfungsi untuk menebalkan teks yang telah diseleksi sebelumnya.

  • Ctrl + D

Shortcut ini berfungsi untuk menduplikasi obyek slide, menduplikasi slide yang telah diseleksi sebelumnya, menduplikasi layout maupun slide master. Sedang Ctrl+Shift+D berguna untuk menduplikasi slide yang aktif saja.

  • Ctrl + G

Untuk memudahkan, kadang Anda perlu menggabung obyek dan teks dalam sebuah slide. Nah, untuk perintah itu, Anda hanya perlu menekan tombol Ctrl+G. Namun sebelumnya Anda perlu menyeleksi teks maupun obyek yang akan digabungkan. Sedang untuk memisahkan atau ungroup, Anda bisa menekan Ctrl+Shift+G.

  • Ctrl + H

Shortcut ini berfungsi untuk membuka kotak dialog Replace, menyembunyikan pointer dan tombol navigasi ketika menampilkan slide show.

  • Ctrl + M

Shortcut ini berfungsi untuk memasukkan slide baru dalam tampilan normal maupun slide sorter. Kombinasi ini juga bisa berguna untuk memasukkan master lide baru dalam slide master.

  • Ctrl + T

Kombinasi ini berfungsi untuk membuka kotak dialog font atau huruf maupun menampilkan taskbar komputer dalam tampilan slide show.

Baca juga : Shortcut pada Ms Word Lengkap dengan Fungsinya

Demikian diatas informasi mengenai daftar shortcut pada ms powerpoint lengkap dengan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.