Contoh Surat Contoh-contoh format surat

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel Dasar Dengan Mudah

Bagi anda yang bekerja atau berkecimpung di dunia akutansi ataupun masalah angka- angka maka anda akan sangat membutuhkan software yang namanya ms Exel. Microsoft Exel adalah salah satu software yang mampu mengitung menjumlah megurang, mencari rata- rata, mengurutkan, dan sebagainya. Angka angka yang sudah anda entri di kolom- kolomnya. Dengan begitu anda tidak perlu menghitung satu- satu angka-angka tadi menggunakn kalkulator secara manual.

Sayangnya, yang menyulitkan bagi para pemula pengguna software ini adalah rumus-rumusnya. Namun, sebenarnya jika anda memahami pola dan mengahapal simbol-simbolnya maka anda akan sangat terbatu dalam menghapal rumusnya. Artikel ini akan mencoba membantu anda mengkonsep rumus- rumus tersebut. saya akan membaginya dalam dua kelompok

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel Dasar

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel Dasar

Rumus kelompok satu. Rumus ini terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Rumus- rumus ini sangat mudah untuk dihapalkan. Tips utamanya adalah kenali tanda- tandanya. Untuk penjumlahan adalah tanda plus +. Untuk pengurangan tandanya adalah minus -. Dan untuk perkalian tanda bintang *. Terakhir adalah untuk pembagian adalah tanda garis miring /.

Untuk mengalikan atau mejumlahkan misalnya maka sel yang adakan dijumlahkan isikanlah pada kolom rumus. Misalnya saja =C5+D5 atau =C5*D5. dan seterusnya. Sementara untuk menjumlahkan banyak angka maka tulis semua sell yang akan dijumlahkan. Misalnya saja =D5+D6+D7+D8 dst.

Rumus kelompok kedua adalah tentang summary atau jumlah isi data pada range tertentu, average atau mencari nilai rata- rata pada banyak nilai, max untuk mencari nilai tertinggi, min adalah mencari nilai dengan angka terkecil, dan count adalah rumus Exel untuk mencari banyaknya data dari suatu range. Untuk rumus sum adalah ketik =SUM (isikan cell yang akan di sum) misalnya saja =SUM(E3:E9).

Begitu pula dengan rumus rumus yang lain. yaitu tinggal mengganti SUM dengan AVERAGE, MAX, MIN, ataupun COUNT. Formatnya sama, tinggal mengganti perintahnya saja dan menyesuaikan dengan sell yang akan di kerjakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, maka dalam waktu singkat anda akan mampu Menguasai Rumus-Rumus Excel Dasar dengan mudah.

Berikut : Daftar Isi Belajar Ms Excel Dasar Dari Pemula

Selamat Berlibur Tahun Baru 2017

Terimakasih

Tinggalkan Balasan