Forum Q & A Forum diskusi tanya Jawab

Tips Merawat Printer Supaya Awet

Printer merupakan hardware yang digunakan untuk keperluan mencetak dokument baik tulisan atau gambar. Kebutuhan akan printer yang sangat penting terutama digunakan baik untuk mencetak dokument dengan format ms office misalnya : skripsi, tugas-tugas kuliah, laporan-laporan diperkantoran, laporan di sekolahan dsb.

Supaya printer tetap awet tidak sering mengalami masalah-masalah maka perlu adanya perawatan yang baik sehingga printer bisa digunakan dengan maksimal.

Printer

Maka berikut cara merawat printer supaya tetap berfungsi dengan baik :

  • Sebaiknya gunakan printer secara berkala, jangan biarkan printer tidak digunakan dalam waktu yang lama, meskipun tidak ada dokument yang akan dicetak tetap gunakan printer untuk mengetes saja supaya tinta didalam catrage printer tidak kering dan mampet.
  • Jika menggunakan tinta reffil pilihlah tinta yang berkualitas supaya catrage lebih awet, isi ulang tinta printer sebelum habis atau ketika tinta akan habis sesuai dengan takaran pada petunjuknya tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  • Jika tinta printer tidak keluar setelah isi ulang atau tulisan bergaris maka gunakan head cleaning beberapa kali saja, jika belum keluar juga tunggu dulu beberapa saat. Kemudian ulangi lagi head cleaning jika belum juga keluar tintanya.
  • Gunakan kertas yang baik dan sesuai, tidak lecek atau kusut supaya tidak terbelit atau macet ketika sedang mencetak.
  • Selalu menjaga kebersihan printer dan menutup printer ketika tidak digunakan supaya tidak ada debu dan benda-benda kecil yang masuk kedalam roller printer.
  • Matikan printer ketika tidak digunakan dengan menekan tombol off kemudian cabut jek dari aliran listrik.
  • Jika catrage sudah rusak dan tidak bisa digunakan ganti dengan yang baru untuk mendapatkan kualiatas cetakan yang baik

Terimakasih semoga bermanfaat.

9 Comments

Tinggalkan Balasan