Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

4 Cara Rumus Excel Penjumlahan Otomatis Lengkap

Hai sobat Belajar Office. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas 6 cara penjumlahan Excel secara lengkap baik manual dan menggunakan rumus SUM, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas cara penjumlahan otomatis pada Excel sehingga lebih mudah dalam mengolah data-data pada MS EXCEL.

Tentunya sobat-sobat ingin menjumlahkan data-data Excel dengan cara otomatis karena lebih mudah, praktis dan tentunya lebih cepat dalam mengerjakan tugas-tugas dikantor. Ok langsung saja berikut cara atau rumus penjumlahan otomatis pada Excel

Supaya sobat-sobat bisa mengikuti materi kali ini, silahkan buatlah table seperti pada gambar dibawah atau silahkan sobat download file latihannya yang sudah admin sediakan pada link dibawah ini.

Download :  File soal latihan penjumlahan otomatis Excel

  • Cara 1 Menggunakan Rumus Excel SUM

Cara pertama untuk melakukan penjumlahan otomatis pada Excel yaitu kita gunakan rumus Excel SUM, caranya yaitu klik pada cell F7, kemudian jangan lupa ketik sama dengan (=), selanjutnya ketikan rumus SUM, kemudian blok atau select dari cell C7 sampai cell E7, kemudian tekan ENTER, maka akan tertulis rumus

=SUM(C7:E7)

Cara 1 Penjumlahan Excel Otomatis

Selanjutnya kita  bisa auto fill rumusnya, caranya yaitu arahkan kursor pada pojok bawah cell F7 sebelah kanan sampai berbentuk + kemudian kita Tarik drag saja kebawah sampai pada cell yang kita tentukan pada contoh ini sampai cell F11

Selanjutnya untuk mengerjakan jumlah total perbulan, pada prinsipnya caranya sama, klik pada cell C12 kemudian ketikan sama dengan (=), selanjutnya ketikan rumus SUM, kemudian blok atau select dari cell C7 sampai cell C11, kemudian tekan  ENTER , maka akan tertulis rumus

=SUM(C7:C11)

Selanjutnya kita tinggal Tarik drag saja kesamping kanan sampai cell F12

  • Cara 2 Menggunakan menu icon AutoSUM

Cara penjumlahan otomatis pada Excel yang kedua ini sangat simple, mudah dan praktis  yaitu kita bisa menggunakan menu icon AutoSUM atau simbol Sigma seperti gambar dibawah ini yaitu caranya sangat mudah

Cara 2 Penjumlahan Excel Otomatis

Cara 2 Penjumlahan Excel Otomatis

Klik pada cell F7 kemudian kita klik AutoSUM (sigma) maka rumus =SUM(C7:E7) akan muncul secara otomatis kelanjutnya klik  ENTER  , maka akan  didapat hasilnya selanjutnya kita bisa langsung tarik drag saja rumusnya.

Selanjutnya untuk menjumlahkan pada jumlah perbulan, caranya sama yaitu klik pada cell C12 kemudian klik menu icon Sigma AutoSUM klik  ENTER  maka otomatis akan didapat rumus =SUM(C7:C11) selanjutnya kita bisa Tarik drag saja rumusnya kesampaing kanan.

  • Cara 3 menggunakan Short Cut ALT

Cara penjumlahan otomatis selanjutnya yaitu kita bisa menggunakan short cut ALT , sebenarnya cara ini sama saja dengan cara kedua AutoSum, hanya sebagai alternative pengganti menggunakan short cut saja, cara ini juga sangat simple mudah dan praktis.

Cara 3 Penjumlahan Excel Otomatis

Cara 3 Penjumlahan Excel Otomatis

Caranya klik pada cell F7 kemudian kita tekan pada keybord ALT maka otomatis rumus SUM akan muncul selanjutnya kita tekan  ENTER maka otomatis hasilnya akan muncul, selanjutnya bisa kita tarik drag saja.

Kemudian klik untuk cell C12 tekan keybord ALT kemudian tekan  ENTER , selanjutnya bisa kita Tarik drag saja rumusnya kesamping kanan.

  • Cara 4 Menggunakan Rumus Excel SUMPRODUCT

Cara penjumlahan Excel otomatis selanjutnya yaitu bisa menggunakan rumus Excel SUMPRODUCT, walaupun fungsi utama dari rumus Excel SUMPRODUCT untuk melakukan penjumlahan dari hasil perkalian table, namun kita bisa memanfaatkan rumus Excel SUMPRODUCT ini untuk melakukan penjumlahan dengan syarat 1 array saja.

Caranya yaitu pada prinsipnya sama dengan rumus SUM

Cara 4 Penjumlahan Excel Otomatis

Cara 4 Penjumlahan Excel Otomatis

Caranya yaitu klik pada cell F7 kemudian jangan lupa ketik sama dengan (=), selanjutnya ketikan rumus SUMPRODUCT, kemudian blok atau select dari cell C7 sampai cell E7, kemudian tekan ENTER, maka akan tertulis rumus.

=SUMPRODUCT(C7:E7)

Selanjutnya bisa kita Tarik drag saja kebawah.

Selanjutnya untuk mengarjakan jumlah total perbulan, pada prinsipnya caranya sama, klik pada cell C12 kemudian ketikan sama dengan (=), selanjutnya ketikan rumus SUMPRODUCT, kemudian blok atau select dari cell C7 sampai cell C11, kemudian tekan ENTER, maka akan tertulis rumus

=SUMPRODUCT(C7:E11)

Selanjutnya bisa kita Tarik drag saja kesamping kanan.

Berikut contoh hasilnya :

Hasil Rumus Excel Penjumlahan Otomatis

Hasil Rumus Excel Penjumlahan Otomatis

Baca juga : 4 Cara Pengurangan Bilangan Pada Excel Lengkap

Demikian penjelasan mengenai Rumus Excel Penjumlahan Otomatis, silahkan sobat pilih cara mana yang menurut sobat paling mudah dan praktis sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.