Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Cara dan Rumus Mencari Rata-Rata Pada Excel

Hai sobat Belajar Office – Apakabar semua?, semoga dalam keadaan sehat dan sukses selalu. Pada kesempatan sebelumnya sudah dibahas tentang Rumus Pembulatan Bilangan pada Excel pada artikel kali ini kami akan membahas Cara dan Rumus Mencari Rata-Rata Pada Excel.

Untuk mencari nilai rata-rata pada MS Excel secara umumnya yaitu menggunakan rumus Excel AVERAGE, namun ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mencari nilai rata-rata mulai dari cara manual, memanfaatkan rumus Excel SUM dan rumus Excel COUNT.

Untuk itu pada kesempatan ini akan kita bahas bagaimana cara-cara atau rumus-rumus untuk mencari nilai rata-rata menggunakan MS Excel satu-persatu. Oke langsung saja :

NB: Secara perhitungan Matematika untuk mencari nilai rata-rata yaitu rumusnya jumlah data dibagi dengan banyaknya data.

Rumus umumnya mencari nilai rata-rata yaitu

Nilai rata-rata = jumlah nilai/ banyaknya data

  • Cara 1 Mencari Nilai Rata-Rata Excel Data diketik Langsung

Cara pertama untuk mencari atau menghitung nilai rata-rata pada Excel yaitu secara manual data angka diketik langsung yaitu kita jumlahkan satu persatu datanya menggunakan operator plus (+), kemudian dibagi dengan banyaknya data yaitu menggunakan operator bagi simbol garis miring (/).

Rata-Rata Excel

Contohnya : kita akan mencari nilai rata-rata dari data angka : 10, 15, 20 dan 25

Caranya ketikan pada cell tertentu, misalnya pada contoh ini pada cell C5, ketikan rumusnya :

=(10+15+20+25)/4

Jangan lupa pada pengerjaan Excel berikan tanda dalam kurung untuk menyelesaikan operasi penjumlahan terlebih dahulu, selanjutnya dibagi dengan banyaknya data, maka akan didapat hasil 70/4 yaitu berupa nilai rata-rata 17,5

  • Cara 2 Mencari Nilai Rata-Rata Excel Data Dari Tabel

Cara kedua untuk mencari atau menghitung nilai rata-rata pada Excel selanjutnya yaitu data dari tabel, seperti pada table dibawah, Caranya yaitu kita jumlahkan data-datanya kemudian kita bagi dengan banyaknya data rumusnya yaitu : ketikan pada cell B9

=(B5+B6+B7+B8)/4

Rumus Excel Mencari Rata-Rata

Rumus Excel Mencari Rata-Rata

  • Cara 3 Mencari Nilai Rata-Rata Excel (Rumus AVERAGE)

Selanjutnya cara ketiga yaitu untuk mencari nilai rata-rata pada Excel yaitu secara umumnya yaitu menggunakan rumus Excel AVERAGE

Ketikan rumusnya pada cell C9

=AVERAGE(C5:C8)

  • Cara 4 Mencari Nilai Rata-Rata Excel (Rumus SUM/jml data)

Selanjutnya cara ke 4 untuk mencari rata-rata kita bisa memanfaatkan rumus Excel SUM dibagi dengan jumlah datanya.

Caranya yaitu ketikan rumusnya pada cell D9

=SUM(D5:D8)/4

  • Cara 5 Mencari Nilai Rata-Rata Excel (Rumus SUM/COUNT)

Selanjutnya cara ke 5 untuk mencari rata-rata kita bisa menanfaatkan rumus Excel SUM dibagi dengan jumlah datanya dengan memanfaatkan rumus Excel COUNT

Caranya yaitu ketikan rumusnya pada cell C10

=SUM(E5:E8)/COUNT(E5:E8)

Selain rumus-rumus diatas ada beberapa rumus Excel lain untuk mencari atau menghitung nilai rata-rata namun mempunyai fungsi yang lebih komplek diantaranya yaitu rumus Excel :

Rumus Excel AVERAGEIF  excel merupakan pengabungan rumus AVERAGE dan IF yaitu digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data pada rentang dengan satu kriteria tertentu.

Rumus AVERAGEIFS yaitu digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari range tertentu dengan dua kriteria atau lebih.

Rumus Excel DAVERAGE yaitu digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari data-data pada database excel yang bisa kita tentukan sesuai dengan kriterianya.

Demikian pembahasan mengenai cara atau rumus menghitung nilai rata-rata pada Excel, Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.