Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan

Halo Sobat Belajar Office. Dalam rangka menjalin hubungan baik dengan partner maupun klien sebuah perusahaan akan melakukan komunikasi baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi secara verbal biasanya dilakukan secara langsung seperti telepon, meeting atau obrolan singkat. Sedangkan komunikasi non verbal dilakukan dengan cara surat menyurat.

Keberadaan surat dalam sebuah perusahaan memanglah penting, contoh surat yang biasa dibuat oleh perusahaan yaitu surat penawaran, surat pemberitahuan harga, surat dinas resmi perusahaan dan masih banyak lagi.

Nah, untuk kali ini, yang akan kami kupas ialah Surat Dinas Resmi Perusahaan beserta contohnya. Untuk anda yang berkepentingan, silahkan baca sampai selesai.

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan

Biasanya perusahaan akan membuat Surat Dinas Resmi Perusahaan berupa surat undangan untuk melakukan rapat atau meeting guna membahas suatu hal di perusahaan. Langsung saja dibawah ini adalah contohnya.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

PT BAHTERA SEJAHTERA

TB Simatupang Blok A No. 80 Sunter, Jakarta Utara

Telp. 021-789099, Fax. 789098, Kode Pos 15760

Jakarta, 14 September 2018

Nomor                     : 090/IX/HUB/2018

Lampiran        : –

Perihal                    : Undangan Rapat

Kepada Yth.

Ibu Novitasari

Manager Marketing

PT BAHTERA SEJAHTERA

DI tempat

Dengan hormat,

Sehubungan degan acara peresmian cabang baru perusahaan PT BAHTERA SEJAHTERA, maka bersama dengan surat ini kami mengundanga seluruh jajaran Managerial kantor untuk menghadiri rapat persiapan. Pelaksanaan rapat yaitu pada:

Hari / Tanggal                    : Senin, 17 September 2018

Waktu                               : 09.00 s/d 10.00

Tempat                              : ruang rapat II, Gedung A Lt. 9

Demikian undangan ini kami buat, mengingat acara tersebut sangat penting maka kami mengaharap Bapak/Ibu dapat hadir tepat waktu. Atas perhatian yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Felisya Andini

Baca juga : Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah

Tips Menulis Surat Resmi yang Baik dan Benar

Jika anda seorang sekretaris membuat surat bukanlah suatu hal yang asing lagi, namun terkadang mungkin anda mengalami kesulitan. Oleh sebab itu berikut ini tips untuk menulis surat resmi yang baik dan benar yang bisa anda simak.

  1. Perhatikan dan pahami jenis surat

Jika anda hendak menulis surat resmi maka perhatikan terlebih dahulu jenis surat apa yang akan anda tulis apakah surat penawaran harga, surat undangan, surat penagihan atau yang lain. Hal ini perlu diperhatikan karena pada nantinya akan mempengaruhi pemilihan bahasa yang akan digunakan.

  1. Perhatikan penulisan penerima surat

Surat dinas memang telah memiliki aturan tersendiri dalam penulisannya. Salah satu aturan tersebut ialah penulisan penerima surat. Jika ada menulis penerima surat maka awali dengan kata Yth. Serta diikuti nama atau jabatan yang ditulis dengan huruf kapital pada awal huruf. Anda juga bisa menambahkan kata sapaan seperti Ibu atau Bapak sebelum nama penerima surat.

  1. Pemilihan kata

Untuk menulis surat dinas maka anda harus menggunakan kata-kata yang resmi dan sesuai dengan standar baku. Penulisan tersebut harus sesuai dengan EYD dan hindari menggunakan kata-kata yang tidak baku meskipun kata tersebut sering digunakan.

  1. Isi Surat Lugas

Surat yang ditulis harus singkat, padat, jelas dan membrikan makna yang lugas. Buat bahasa seefektif mungkin sehingga mudah dipahami oleh pembaca dan tidak menimbulkan makna ganda atau informasi yang sulit untuk dimengerti.

  1. Baca kembali

Setelah anda selesai mengetik surat hendaknya baca kembali surat yang anda buat sebelum dikirim. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penulisan ataupun hal lain. Sehingga surat yang anda buat benar-benar telah sesuai dengan aturan penulisan surat dinas.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan

Demikianlah diatas ulasan yang bisa kami bagi tentang contoh Surat Dinas Resmi Perusahaan, semoga bisa menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.