Iklan
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja atau Resign

Halo sobat Belajar Office. Pada kesempatan ini  admin akan membahas dan berbagi Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja. Ketika seorang karyawan yang bekerja pada suatu badan usaha atau perusahaan ingin mengundurkan diri (resign) dari jabatannya maka idealnya harus membuat surat pengunduran diri. Hal ini dimaksudkan agar badan usaha atau perusahaan yang ditinggalkan tersebut, dapat melakukan langkah-langkah yang diperlukan, khususnya terkait persiapan penggantian posisi yang ditinggalkan.

Alasan seseorang yang memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya tentu beragam. Bisa jadi sang karyawan telah mendapatkan tempat kerja baru dengan jabatan yang lebih menguntungkan dibanding jabatan sebelumnya.

Atau mungkin telah menemukan tempat kerja yang cocok yang tidak jauh dari tempat tinggalnya. Jika karyawan tersebut perempuan, kemungkinan alasan resign adalah karena akan menikah, ingin mengurus keluarga, atau alasan lainnya.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja di Perusahaan

Seberapa penting manfaat pembuatan surat pengunduran diri bagi sang karyawan, apakah tidak bisa meninggalkan perusahaan begitu saja tanpa harus repot-repot membuat surat tersebut?

Tentu saja manfaat membuat surat pengunduran diri sangat penting bagi karyawan. Anda sebagai karyawan tentunya harus memiliki integritas dan tanggung jawab ketika akan mengakhiri pekerjaan. Tanpa surat pengnduran diri juga, anda tidak bisa meminta surat keterangan pernah bekerja di perusahaan tersebut yang tentunya akan berdampak pada karir anda selanjutnya.

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik

Salah satu hal yang penting saat anda menuliskan surat pengunduran diri adalah membuat surat menjadi sesederhana mungkin, singat, padat, jelas dan bertujuan. Selain itu, surat harus memuat hal hal yang positif. Karena bagaimanapun, perusahaan tersebut telah banyak berjasa pada anda.

Surat pengunduran diri harus memuat informasi penting diantaranya naman, jabatan, kode jabatan, departemen dan kapan anda akan benar benar berhenti bekerja. Karena perusahaan memerlukan informasi tersebut untuk mencari pengganti anda. Biasanya anda akan diminta untuk tetap bekerja bersama dengan karyawan baru pengganti anda atau sering disebut dengan masa transisi hingga karyawan baru pengganti anda telah dirasa dapat menggntikan posisi anda.

Nah, agar anda tidak bingung, dibawah ini kami bagikan contoh surat pengunduran diri yang benar, silahkan disimak dan ditiru.

Baca juga : Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja atau Resign

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja atau Resign

Malang, 14 Juli 2018

Yang Terhormat,

Pimpinan PT. Maju Terus Pantang Mundur

Jalan Kenangan Nomor 10

Malang

 

Dengan Hormat,

Besamaan dengan surat ini saya,

Nama                  :  Julian Jacobs

Departemen       :  Riset Lapang dan Perencanaan

Jabatan               :  Manajer Proyek 1

Employee ID       :  MPRLP-01

Berniat untuk menyampaikan pernyataan mengundurkan diri dari jabatan Manajer Proyek 1 Departemen Riset Lapang dan Perencanaan PT. Maju Terus Pantang Mundur terhitung sejak tanggal 30 Juli 2018.

Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan dan kesempatan yang diberikan kepada saya selama ini. Segala hal yang telah saya dapat akan membantu saya dalam mengembangkan diri menjadi lebih profesional. Dengan ini juga, saya menyampaikan permintaan maaf dengan tulus kepada seluruh karyawan PT Maju Terus Pantang Mundur jika terdapat kesalahan baik  yang sengaja maupun tidak disengaja.

Demi segala kelancaran tugas sebagai Manajer Proyek 1, saya akan bersedia untuk membantu pengganti jabatan hingga masa transisi atau masa yang diperlukan. Semoga kedepannya PT Maju Terus Pantang Mundur bisa berkembang menjadi perusahaan yang lebih baik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan kesadaran penuh dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Julian Jacobs

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Bagaimana, tidak sult bukan membuat surat pengunduran diri yang benar. Saran kami, sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri di suatu perusahaan, pastikan anda telah melakukan pertimbangan yang matang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.