Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi OSIS Sekolah

Halo Belajar Office – Sebagai salah satu organisasi di sekolah OSIS memiliki kegiatan yang terbilang lumayan padat. Terkadang beberapa acara yang diselenggarakannya membutuhkan beberapa jenis surat resmi untuk menunjang kelancaran kegiatan yang diselenggarakannya. Karena banyaknya kegiatan tersebut tidak jarang para pengurus osis mencari contoh surat undangan resmi organisasi OSIS sekolah.

Meski membuat surat undangan resmi organisasi tidaklah sulit, namun tentu saja untuk pembuatannya tidak boleh dilakukan seMbarangan. Agar surat tersebut tetap terlihat baik dan bagus maka perlu membuat surat dengan struktur dan isi yang benar. Untuk meminimalkan kesalahan baik dalam penulisan surat maupun format kepenulisan, simak contoh surat undangan resmi organisasi OSIS dibawah ini.

Baca juga : Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi Pramuka

Simak Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi OSIS Sekolah Berikut

Format Penulisan Surat Undangan Resmi OSIS

Karena surat undangan rapat OSIS termasuk kategori surat resmi, maka ada baiknya Anda memperhatikan kaidah dalam pembuatan surat resmi pada umumnya. Oleh karenanya sebelum mengulas tentang contoh dari Surat Undangan Resmi OSIS tidak ada salahnya Anda memahami beberapa hal dalam format penulisan surat resmi misalnya udangan rapat OSIS.

  1. Kop Surat

Salah satu ciri yang paling utama membedakan surat resmi dan surat tidak resmi adalah bagian kepala surat atau kop surat. Umumnya surat resmi menggunakan kop surat pada bagian atas surat atau kepala suratnya. Namun kenyataannya hingga kini ada beberapa organisasi yang masih belum menggunakan Kop Surat dalam pembuatan surat resminya.

  1. Nomor Surat

Hal selanjutnya yang perlu dimasukkan dalam sebuah surat resmi adalah nomor surat. Dengan adanya nomor surat ini, pembuat surat bisa mengurutkan surat yang keluar setiap harinya. Oleh karenanya nomor surat ini tidaklah sama setiap harinya.

  1. Lampiran

Lampiran merupakan sebuah berkas tambahan yang disertakan dalam sebuah surat. Namun biasanya, surat undangan resmi rapat OSIS tidak membutuhkan lampiran dalam surat. Salah satu contoh undangan yang menggunakan lampiran seperti udangan untuk mengikuti lomba yang mana pada lampirannya terdapat persyaratan dan cara mengikutinya.

  1. Perihal

Selanjutnya adalah bagian perihal yang menjadi hal paling utama. Mengapa demikian? Pada bagian perihal ini akan diisi dengan penjelasan singkat yang berkaitan dengan maksud dan datangnya surat tersebut. Jika undangan tersebut undangan rapat OSIS maka pada bagian perihal ini diisi dengan undangan rapat dan lain sebagainya.

  1. Penerima Surat

Hal berikutnya yaitu bagian penerima surat. Pada bagian ini sebaiknya Anda menuliskannya dengan benar agar penerima surat merasa yakni bahwa surat yang diterimanya tersebut memang benar-benar ditujukan untuk dirinya.

  1. Salam Pembuka

Pada bagian boleh diisi namun juga boleh tidak isi. Intinya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun alangkah baiknya Anda menggunakan salam pembuka ini agar terlihat lebih menyenangkan dan sopan untuk dibaca.

  1. Isi

Sesuai dengan namanya, bagian ini menjadi salah satu hal yang sangat penting. Untuk mengantisipasi penerima undangan tidak memiliki banyak waktu untuk membaca maka pastikan Anda menuliskan undangan dengan singkat, padat dan jelas

  1. Penutup dan Tanda Tangan

Terakhir adalah membuat penutup dan memasukkan tanda tangan. pada bagian ini Anda hanya perlu membuat kalimat-kalimat penutup dan permohonan agar penerima undangan berkenan untuk hadir. Jangan lupa untuk memberinya stempel agar terkesan lebih resmi.

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi OSIS Sekolah

Referensi Contoh Surat Undangan Resmi Organisai OSIS Sekolah

Contoh Surat Undangan Resmi OSIS

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)

SMKN 2 BLITAR

Jalan Tanjung No 17 Kota Blitar Telp. (0352)-22185

Nomor          : 005/OSIS/SMA-III/IV/2019

Lampiran      : –

Perihal          : Undangan Rapat

 

Kepada Yth.

Saudara/i _______

Di Tempat

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Shalawat serta salam semoga saudara dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Aamiin.

Sehubungan dengan adanya Pergantian Kepengurusan OSIS Periode 2017-2018 dengan OSIS 2018/2019 maka kami mengundang saudara/i untuk hadir pada:

Hari/Tanggal : Senin, 26 September 2019

Waktu           : 10.00 s/d selesai

Tempat         : Sekretariat OSIS SMKN 2 Blitar

Acara           : Verifikasi dan Validasi Pengurus OSIS Periode 2018-2019

Atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Blitar, 22 September 2019

Ketua OSIS

(tanda tangan dan stampel)

Nur Azis

Membuat surat udangan resmi untuk kegiatan OSIS memang terdengar sangat mudah. Namun jika Anda baru pertama kali ini membuat surat dan belum tahu apa saja kaidah-kaidah penulisannya tentu dalam proses pembuatannya akan merasa kesulitan. Oleh karenanya lebih baik untuk membaca dan memahami terlebih dahulu format penulisan dari surat resmi diatas.

Berikut Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi OSIS Sekolah dalam format MS Word, silahkan didownload pada link dibawah ini jika membutuhkannya

Contoh Surat Undangan Resmi Organisasi OSIS Sekolah

Demikian beberapa ulasan singkat terkait tentang penulisan surat undangan resmi untuk kegiatan OSIS beserta contoh surat undangan resmi organisai OSIS sekolah. Setelah ini Anda tidak perlu lagi bingung ketika mendapatkan tugas untuk menyiapkan surat undangan untuk kegiatan OSIS di sekolah Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda ke depannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.