Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Seminar Yang Baik

Hai sobat Belajar Office – Contoh surat undangan seminar di bawah ini akan ditulis dan dijelaskan dengan rinci mengenai bagian-bagian surat. Bagian surat itu sendiri sebenarnya hampir sama antara jenis surat yang satu dengan yang lainnya. bagian surat antara lain memiliki kepala surat, badan surat dan tanda tangan sebagai penutup surat. Hanya saja yang membedakan adalah isi atau konten dari surat tersebut yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan surat. Nah, untuk selanjutnya akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Memahami Fungsi dan Tujuan Surat Undangan Seminar

Surat undangan seminar merupakan jenis surat yang tujuan pembuatannya digunakan untuk mengundang seseorang untuk ikut atau berpartisipasi dalam kegiatan seminar.  Surat undangan seminar ini termasuk ke dalam golongan surat resmi. Dalam menyusun kalimat pun harus menggunakan kalimat formal yang baik dan benar sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Berbeda dengan surat non-formal yang tujuannya bukan untuk acara resmi, maka tidak perlu menggunakan bahasa yang formal.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Magang Kerja Di Perusahaan Bagi Mahasiswa

Contoh surat undangan seminar akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini. Sedangkan poin-poin atau kerangka yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat undangan seminar antara lain sebagai berikut:

  1. Kepala Surat

Kepala atau kop surat merupakan bagian awal dari penulisan surat resmi maupun surat non resmi yang berisi antara lain:

  • Tanggal surat, yaitu kapan surat itu dibuat
  • Nomor surat, yang wajib ada di setiap surat resmi atau surat formal dari sebuah instansi tertentu
  • Perihal, yaitu tujuan undangan untuk acara apa
  • Lampiran, bisa diisi jika surat tersebut ada lampirannya
  1. Penerima Surat

Selanjutnya, di bawah kop surat diberi keterangan penerima surat yang berisi identitas penerima surat.

  1. Isi atau Badan Surat

Badan surat pada contoh surat undangan seminar di bawah ini berisi kalimat undangan yang disesuaikan dengan tujuan undangan. Biasanya kalimat badan surat diawali dengan kata ‘dengan hormat’. Hal ini untuk menunjukkan kesopanan pada jenis surat resmi atau formal.

  1. Jadwal dan Tempat

Jadwal dan tempat berisi tentang jadwal hari dan tanggal, serta waktu dan tempat dilaksanakannya kegiatan seminar. Poin ini juga perlu dijelaskan secara detail agar tidak ada kesalahan tempat atau waktu saat kegiatan berlangsung. Jika memungkinkan, keterangan tempat diberi peta lokasi dan bila berupa lampiran maka beri keterangan pada jumlah lampiran pada bagian kop surat.

  1. Penutup dan Tanda Tangan

Penutup surat diisi dengan kalimat penutup surat undangan lalu di bawahnya harus ada tanda tangan dan penanggung jawab yang bersangkutan. Biasanya terdapat dua hingga tiga tanda tangan disesuaikan dengan jenis kegiatan dan aturan yang ada.

Contoh Surat Undangan Seminar

Contoh Surat Undangan Seminar

Berikut Ini Contoh Surat Undangan Seminar

Nah, jika sudah paham dengan penjelasan di atas, selanjutnya cobalah untuk membuat contoh surat sesuai dengan struktur surat undangan seminar. Misalnya di bawah ini merupakan contoh surat undangan seminar di sebuah kampus atau universitas. Kasus pada contoh di bawah ini adalah undangan seminar kepada ketua program studi untuk acara seminar tertentu. Selanjutnya, perhatikan contohnya seperti di bawah ini:

KOP SURAT

Surabaya, 2 Maret 2018

No                : ___/___-___/XII/2018

Perihal          : Undangan Seminar

Lampiran      : –

 

Kepada

Yth. Bapak/Ibu ______

Ketua Program Studi ______

di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan diadakannya kegiatan seminar tentang ______ (*tuliskan judul atau tema seminar), melalui surat undangan ini Kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk dapat menghadiri dan mengikuti kegiatan seminar tersebut. Jadwal kegiatan seminar tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari / Tanggal          : ______

Waktu                     : ______

Tempat                   : ______

Besar harapan Kami agar Bapak/Ibu bersedia hadir dan ikut serta memberikan sambutan dalam kegiatan seminar tersebut.

Demikian surat undangan ini Kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Pembantu Rektor                                                        Ketua

Bidang Kemahasiswaan                                              Panitia Pelaksana

(Nama Terang)                                                           (Nama Terang)

Berikut contohnya dalam format MS Word, silahkan didownload pada link dibawah ini jika membutuhkannya

Contoh Surat Undangan Seminar

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat serta contoh surat undangan seminar yang baik dan benar sesuai aturan strukturnya. Sedangkan untuk susunan kata sebenarnya bisa diubah lagi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Namun, perlu diperhatikan bahwa susunan kata harus sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.