Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Download Aplikasi Pencatatan Hutang Rumus Excel

Kali ini belajaroffice.com akan berbagi sebuah aplikasi/format untuk mencatat hutang menggunakan rumus excel. Aplikasi ini cocok untuk sobat-sobat yang mempunyai usaha atau bisnis jual beli barang. Seperti misalnya : usaha warung, toko, jual sembako atau jual beli lainnya.

Dalam usaha jual beli, terkadang memang menjadi salah satu keluhannya bagi penjual yaitu pembeli tidak membayar cash atau hutang. Bagaimana gituh serba salah ? kalau tidak dikasih hutang nanti pembeli jadi kurang rame, karena yang hutang juga temen, saudara sendiri atau orang yang kita kenal. Akan tetapi kalau dikasih hutang modalnya jadi tekor, harus nombokin dulu istilahnya.

Sebenarnyasih tidak terlalu masalah jika setiap hutang dibayar lunas dikemudian harinya tepat waktu sesuai kesepakatan. Untuk itu maka perlu adanya pendataan penghutang dengan baik baik datanya jelas dan tertata rapih sehingga mudah untuk dikontrol.

Untuk itu pada artikel ini admin belajar office mencoba membuat aplikasi excel yang bisa digunakan untuk mencatat data-data pembeli yang hutang dengan menerapkan rumus-rumus excel, sehingga akan terakumulasi otomatis berapa hutangnya, sudah bayar berapa dan keterangannya apakah sudah lunas atau belum ?.

Untuk sobat-sobat yang membutuhkannya silahkan saja download disini

Aplikasi/Format Pencatatan Hutang Rumus Excel (office 2010)

Selanjutnya akan admin jelaskan cara menggunakannya format aplikasi catatan hutang rumus excel ini. Dalam format excel ini admin bagi menjadi 4 sheet/halaman sebagai berikut :

Halaman/sheet data : ini digunakan untuk menginput data penghutang, jadi jika ada yang ingin menghutang maka didata dulu diantaranya meliputi : pemberian No ID (no id ini digunakan sebagai patokan datanya), Nama, No HP , Alamat dan data lain jika diperlukan silahkan tambahkan sendiri kolomnya.

Data Nama Penghutang

Data Nama Penghutang

Halaman/sheet catat hutang yaitu digunakan untuk mencatat setiap pembeli yang hutang atau bayarnya kurang. Data-datanya meliputi : Tanggal, No ID, Jumlah hutangnya, Ket. Sementara Nama akan muncul otomatis. Pada sheet ini sudah dibuat penghutang bisa mengambil hutang berkali-kali.

Catat Hutang

Catat Hutang

Halaman/sheet bayar hutang jika penghutang membayar hutang maka inputkan datanya disini meliputi : Tanggal, No ID, Jumlah bayar. Nama akan muncul otomatis. Penghutang bisa membayar secara berkala.

Bayar Hutang

Bayar Hutang

Halaman/sheet Rekap & Laporan pada halaman ini akan menampilkan rekap dan laporan yang sudah disetting menggunakan rumus excel sehingga akan menampilkan secara otomatis rekapitulasinya berapa yang jumlah hutangnya, berapa jumlah yang sudah dibayar, berapa sisa hutangnya dan keterangannya apakah sudah “lunas” atau “belum lunas”, juga jika ternyata bayarnya melebihi maka muncul keterangan “pembayaran lebih”.

Rekap Laporan Hutang

Rekap Laporan Hutang

Silahkan sobat-sobat uji coba terlebih dahulu, jika ternyata masih ada error atau perhitungan rumus excel yang tidak sesuai silahkan komentar saja di kolom komentar yang disediakan.

Jika sobat ingin mengetahui dan belajar cara membuat rumusnya dan logikanya akan admin bahas pada artikel selanjutnya di belajaroffice.com tempatnya belajar autodidak tutorial MS Office mulai dari pemula secara gratis.

Baca juga : Download Absensi Siswa Excel Rekap Otomatis

Terimakasih semoga bermanfaat.

48 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.