Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Domain dan Macam-Macam Domain

Halo sobat Belajar Office – Keinginan untuk mengetahui tentang pengertian domain dan macam-macam domain tentu sering kali terbesit dalam pikiran Anda. Saat sedang berselancar di dunia maya, Anda tentu akan melihat akhir halaman website dengan nama yang berbeda-beda, ada dot com (.com), ada dot net (.net), dot org (.org), dot id (.id) dan masih banyak yang lainnya.

Bagian alamat website yang berbeda ini disebut dengan domain. Setiap nama domain tersebut pastinya juga memiliki arti dan tujuan tersendiri. Pemakaian ini biasanya akan dapat mewakili website.

Oleh karena itulah, domain memiliki berbagai macam. Pengetahuan tentang hal ini tentu adalah salah satu hal penting jika Anda berkeinginan untuk mulai bekerja di dunia maya.

Pengertian Domain dan Macam Macam Domain

Pengertian Domain dan Macam-Macam Domain

A. Pengertian Domain

Domain merupakan suatu nama yang khas dan unik. Singkatnya adalah alamat web server. Umumnya, domain diberikan pada suatu server khusus dengan tujuan tertentu, tergantung kepentingan dari web server tersebut.

Selain itu, domain juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah nama web server atau mail server bahkan sebelum Anda mengunjunginya. Keberadaan domain sendiri dapat membantu memudahkan pengguna pada saat mengakses suatu server tertentu yang akan digunakan.

Domain yang paling banyak digunakan di dunia maya yaitu dot com (.com) dimana penggunaannya disatukan dengan nama server tersebut. Misalnya google.com. Pengetahuan tentang pengertian domain dan macam-macam domain ini juga dapat membantu Anda.

B. Macam-macam Domain

Pengertian domain secara umum telah Anda ketahui. Domain tidak hanya memudahkan pengguna dalam mengenali alamat web server saja, tetapi juga dapat membantu memudahkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan internet.

Pemakaian domain ini tidak perlu lagi memasukkan IP addres saat mengakses web server tertentu. Hal ini karena setiap alamat web server memiliki IP address khusus yang digunakan sebagai identifikasi.

Berkat adanya domain ini, maka pengguna tidak perlu menghafal IP address ketika akan mengunjungi suatu web server karena telah terwakili. Domain sendiri ada beberapa jenis.

Baca juga : Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya

Pengertian domain dan macam-macam domain berikut akan melengkapi informasi Anda.

  1. Top Level Domain

Top Level Domain sering dikenal dengan nama TLD, artinya bahwa domain ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh banyak pengguna. Jumlahnya amat banyak.

Namun, yang paling mudah dikenali diantaranya adalah .com, .net, .org dan .gov. Setiap domain tersebut mewakili dari web servernya masing-masing. Sebagai top level, TDL dipilih memang karena merupakan domain yang mudah diingat.

Keuntungan penggunaan TDL pun juga dapat dirasakan oleh pemilik web server. Karena mudah diingat, maka secara otomatis mesin pencari juga akan mudah merekomendasikan web server Anda.

Alasannya cukup sederhana, karena alamat dengan domain di TDL sering diakses sehingga peringkat Anda semakin tinggi dan berpeluang tampil pada halaman pertama mesin pencarian.

  1. Country Code Top Level Domain

Country Code Top Level Domain atau disingkat dengan ccTLD merupakan domain yang khas karena alamat web servernya memiliki identitas dari negara pemiliknya. Jadi, biasanya web server ini memang ditunjukkan kepada masyarakat di negara tersebut.

Misalnya saja negara kita ini, Indonesia, memiliki domain khusus yaitu .id. Domain ini tentu sering Anda temukan saat berselancar. Di Indonesia, ccTLD ini sendiri banyak sekali jenisnya.

Misalnya jika digunakan pada lingkungan pendidikan tinggi, maka akan ditulis .ac.id. Sedangkan untuk jenjang sekolah maka ditulis .sch.id.

Begitu pula dengan alamat-alamat lain yang menyertakan .id. Jenis ccTLD ini merupakan domain yang cukup aman dibandingkan lainnya karena sistem pendaftarannya yang ketat.

  1. Sponsored Top Level Domain

Sponsored Top Level Domain atau yang dikela dengan sTLD umumnya digunakan oleh suatu organisasi. Penggunaannya pun tidak terbatas pada organisasi pemerintahan saja, tetapi dapat berbagai macam jenisnya.

Jika domain tersebut mewakili organisasi pemerintah biasanya ditandai dengan .gov. Contoh lainnya adalah yang mewakili komunitas pendidikan, yaitu .edu.

DomaiNesia

  1. Second Level Domain

Second Level Domain dikenal juga dengan sebutan SLD. Pada dasarnya SLD ini adalah identitas atau nama dari web server itu sendiri. Misalkan saja google.co.id, yang disebut sebagai SLD yaitu nama Google tersebut.

Untuk itu, pada saat membuat nama atau identitas web server, pilihlah yang mudah dieja dan diingat oleh pengguna Anda.

Selain ada SLD juga terdapat third level domain pada satu kesatuan alamat web server. Misalnya www.google.co.id. Maka yang disebut dengan third level domain pada alamat tersebut yaitu pada www-nya.

Baca juga : Pengertian Hosting dan Jenis-Jenis Hosting

Itulah tadi pengetahuan tentang pengertian domain dan macam-macam domain sehingga Anda selangkah lebih paham tentang dunia web server. Pengetahuan tersebut dapat membantu untuk menentukan alamat web server yang akan digunakan sehingga dapat mewakili profil atau branding yang Anda buat.

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.