Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Mouse dan Keyboard Komputer Fungsinya

Halo sobat Belajar Office – Mouse dan keyboard adalah perangkat keras pada sebuah komputer yang tergolong ke dalam perangkat input atau masukan. Pengertian Mouse dan Keyboard Komputer akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini beserta fungsinya masing-masing. Kedua perangkat ini memang sangat penting/vital karena sangat dibutuhkan untuk setiap aktivitas penggunaan komputer.

Mouse dan keyboard harus berjalan selaras untuk bisa mengerjakan pekerjaan dengan mudah menggunakan perangkat komputer. Jadi, fungsinya tidak bisa dipisahkan alias harus selalu digunakan bersamaan. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan komputer.

A. Pengertian Perangkat Mouse dan Keyboard Komputer

Mouse dan keyboard adalah perangkat masukan yang cukup vital dan pasti digunakan. Oleh sebab itu, pastikan Anda membeli produk mouse dan keyboard yang berkualitas agar lebih awet dan nyaman saat digunakan. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjutnya tentang pengertian dari kedua perangkat tersebut.

  1. Mouse Komputer

Mouse itu sendiri bermacam-macam jenisnya mulai dari yang menggunakan kabel panjang hingga yang wireless atau tanpa kabel. Selain itu, bentuk fisiknya juga beragam, ada yang kecil mungil dan ada pula yang besar seperti mouse khusus untuk gamer. Biasanya, di dalam sebuah mouse terdapat bola kecil yang berfungsi untuk menangkap pergerakan mouse dan terhubung dengan CPU melalui sinyal.

Mouse dan keybord komputer

Mouse dan keybord komputer

Berbicara mengenai pengertian perangkat mouse dan keyboard, keduanya memang sangat dibutuhkan untuk setiap pekerjaan yang menggunakan komputer. Mouse itu sendiri merupakan sebuah perangkat input atau masukan yang bekerja untuk mengarahkan kursor dan memberikan perintah.  Mouse bekerja dengan menggerakkan sebuah tanda panah bernama kursor yang ada di dalam layar komputer Anda.

Untuk memilih/membeli sebuah mouse, perhatikan dulu harga dan brand atau mereknya karena biasanya cukup menentukan kualitas dari mouse itu sendiri. Setelah itu, barulah disesuaikan dengan ergonomi dari penggunanya, usahakan membeli mouse yang pas serta nyaman saat digunakan dan tidak kebesaran/kekecilan. Jangan lupa juga untuk memilih mouse yang memiliki garansi minimal satu tahun.

  1. Keyboard Komputer

Keyboard adalah perangkat yang terdiri dari tombol-tombol huruf, angka dan simbol untuk dimasukkan/input data ke dalam komputer. Selain itu, keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah unik lainnya. Sama seperti mouse, keyboard juga ada yang menggunakan kabel atau tanpa kabel alias wireless.

Selanjutnya, pada pembahasan pengertian mouse dan keyboard komputer juga perlu memperhatikan jenis keyboard yang Anda gunakan. Sebagian besar orang mungkin hanya tahu jenis keyboard QWERTY yang umum digunakan, padahal masih ada jenis keyboard lainnya. Berikut ini beberapa jenis keyboard, antara lain:

  • Keyboard Dvorak : memiliki susunan unik dimana tangan kanan akan bekerja lebih banyak dan dirancang 70% penekanan pada home row
  • Keyboard Alphabetic : keyboard yang susunan hurufnya berurutan sesuai alfabet, namun jarang digunakan karena mempersulit dan memperlambat proses mengetik
  • Keyboard Knock Enberg : merupakan evolusi kesempurnaan dari sebuah keyboard yang memisahkan bagian kanan dan kiri dengan sudut 15 derajat
  • Keyboard Numeric : jenis keyboard yang digunakan untuk memasukkan bilangan dengan jumlah yang sangat besar

B. Fungsi Mouse dan Keyboard Komputer

Setelah membahas tentang mouse dan keyboard komputer di atas, mari Kita lanjutkan dengan fungsi dari masing-masing perangkat input/masukan tersebut. Berikut ini beberapa manfaat atau fungsi dari perangkat mouse, antara lain:

  • Mengatur pergerakan kursor atau panah yang ada di layar komputer
  • Mengaktifkan fitur command button dan melakukan perintah pada sebuah aplikasi
  • Memberikan perintah setelah menekan tombol seperti klik kiri, klik ganda (dua kali), drag & drop (tahan & geser), klik kanan
  • Memperbesar dan memperkecil tampilan layar komputer dengan tombol scrolling yang terletak di tengah tombol kanan dan kiri pada mouse komputer
  • Mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis, gaming dan lain sebagainya

Selain fungsi mouse, berikut ini beberapa fungsi dari perangkat masukan keyboard, antara lain:

  • Mengirimkan perintah input data dari setiap huruf, angka maupun simbol yang ada pada setiap tombol keyboard
  • Memberikan perintah khusus dengan menggabungkan minimal dua tombol yang ditekan bersamaan

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Nah, itulah berbagai macam informasi seputar pengertian mouse dan keyboard komputer serta fungsinya masing-masing. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.