Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian OS Komputer Sejarah Perkembangan dan Fungsinya

Halo Sobat Belajar Office. Pernahkah Anda mendengar istilah OS komputer? Jika Anda ingin memahami seluk beluk komputer, maka OS komputer ini masuk dalam daftar sesuatu yang harus Anda pahami. Mulai dari pengertian OS komputer sejarah perkembangan dan fungsinya. Hal ini dikarenakan OS atau operating system merupakan informasi dasar teknologi informasi.

Sehingga, sangat penting kiranya untuk Anda memahami pengertian OS komputer sejarah perkembangan dan fungsinya terlebih dahulu. Untuk mencari materi mengenai hal tersebut sangatlah mudah, karena ada banyak referensi yang tersedia termasuk salah satunya di internet. Contohnya adalah seperti berikut ini.

Pengertian OS Komputer Sejarah Perkembangan dan Fungsinya

Sekilas Informasi Mengenai Pengertian OS Komputer Sejarah Perkembangan dan Fungsinya

  • Pengertian OS Komputer

Jika hendak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, OS atau Operating System bermakna sistem operasi. Maksudnya, software atau perangkat lunak komputer yang bertugas untuk melakukan kontrol serta manajemen terhadap hardware atau perangkat keras berikut dengan operasi dasar sistem.

Termasuk di dalamnya menjalankan software aplikasi guna mempermudah pekerjaan manusia. Dalam pengertian yang lain, dijelaskan bahwa OS komputer ialah software lapisan pertama yang ditempatkan dalam memori komputer (dalam hal ini adalah hardisk, bukan RAM) saat komputer dinyalakan.

OS komputer juga bisa diartikan sebagai salah satu software atau perangkat lunak komputer yang bertanggung jawab dalam hal mengatur atau mengontrol kinerja hardware atau perangkat keras serta menjalankan software-software lain dalam suatu sistem komputer.

Dari berbagai pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa OS ialah sistem yang akan mengendalikan operasi dasar dan juga memastikan bahwa sistem yang ada dalam komputer bisa berjalan dengan semestinya.

  • Sejarah Perkembangan OS Komputer

Dalam pengertian OS komputer sejarah perkembangan dan fungsinya, tentu kita harus melihat OS komputer ini sejak awal. OS komputer generasi pertama ialah tahun 1945 – 1955. Kata generasi pertama di sini menunjukkan awal perkembangan sistem komputasi elektronik yang merupakan pengganti dari sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini istilah OS komputer belum dikenal.

Kemudian generasi kedua ialah tahun 1955 – 1965. Dalam tahun ini sudah diperkenalkan Batch Processing System yakni perintah yang dikerjakan dalam satu rangkaian yang kemudian dieksekusi berurutan. Pada generasi kedua ini diketahui bahwa sistem komputer yang ada belum dilengkapi dengan OS tetapi beberapa diantaranya sudah mencakup fungsi OS.

Lanjut pada generasi ketiga tahun 1965 – 1980. Di sini, OS sudah dikembangkan kaitannya untuk melayani banyak pengguna dalam satu waktu. Dimana dalam hal ini para pengguna bisa berkomunikasi secara online melalui terminal ke komputer.

Lalu untuk generasi keempat ialah tahun 1980 – 2000. Generasi ini ditandai dengan berkembang serta meningkatnya kemampuan komputer desktop serta teknologi jaringan. Dalam masa ini pula, jaringan IP atau TCP sudah dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat umum, perguruan tinggi, peneliti serta militer. Tahun-tahun selanjutnya, OS terus berkembang sehingga menjadi seperti yang kita gunakan saat ini.

  • Fungsi OS Komputer

Karena OS komputer merupakan penghubung antara hardware atau perangkat keras dengan software atau perangkat lunak, maka keberadaan OS komputer ini sangatlah penting. Secara singkat, fungsi OS komputer akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Sebagai Pengatur Kerja Software dan Hardware

Dalam suatu sistem komputer, bisa dikatakan bahwa OS ini adalah resource managernya. Maksudnya OS berfungsi untuk mengontrol fungsi berbagai perangkat keras sekaligus perangkat lunak.

  1. Menjalankan Operasi Dasar

Selain mengatur kerja software dan hardware, OS juga berfungsi untuk menjalankan operasi dasar yang ada pada komputer. Bahkan disebutkan bahwa memang inilah yang menjadi fungsi utama dari OS. Oleh karena itu OS dinilai sebagai komponen vital yang menjadi dasar kerja software lainnya.

Bisa Anda lihat, sebelum Anda menjalankan suatu aplikasi di komputer, OS inilah yang akan membuat aplikasi tersebut bisa beroperasi sekaligus ditampilkan pada layar.

  1. Sebagai Wadah Bagi Program atau Aplikasi

Jadi, memang aplikasi yang terdapat dalam komputer tersimpan dalam memori. Namun sebenarnya aplikasi tersebut ada dalam suatu wadah yaitu sistem operasi atau OS. Aplikasi ini akan melekat pada OS dan tidak akan bisa berfungsi jika tidak ada OS tersebut.

Analogi mudahnya bisa digambarkan seperti ini, OS adalah lantai dan berbagai barangnya adalah aplikasi. Nah, lantai tersebut menjadi dasar atau tempat bagi barang untuk diletakkan sehingga barang tersebut bisa dipakai. Jadi aplikasi ditempatkan di OS agar aplikasi tersebut bisa dijalankan.

  1. Menjadi Pengawas Sekaligus Melindungi Jalannya Fungsi Program

OS juga memungkinkan pengguna untuk menjalankan suatu program serta mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses program tersebut. Fungsi ini dikenal sebagai Gate Keeper. Bahkan tidak hanya mengendalikan pengguna dalam mengakses program saja, OS juga mengawasi berbagai hal yang dilakukan oleh pengguna saat mengakses program tersebut.

Baca juga : Pengertian Komputer, Sejarah Perkembangan dan Fungsi Komputer

Selain fungsi di atas, OS ini juga mempunyai fungsi lain misalnya seperti memberikan fasilitas yang diinginkan oleh pengguna saat mengakses komputer, melindungi data dan lain-lain. Demikian pengertian OS komputer sejarah perkembangan dan fungsinya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.