Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mencegahnya

Halo sobat Belajar Office – Pada artikel ini akan dibahas mengenai Pengertian Virus Komputer dan Cara Mencegahnya. Penggunaan berbagai macam aplikasi dan kegiatan berselancar di dunia maya kadang kala tiba-tiba dapat membuat komputer yang kita gunakan menjadi melambat. Hal ini kemungkinan komputer kita tersisipi oleh virus dari internet. Kegiatan yang banyak dilakukan di dunia maya saat ini tidaklah dapat dikontrol dengan mudah. Informasi pribadi saat ini telah direkapitulasi secara online, sehingga perlu adanya keamanan yang menjamin.

Sayangnya, serangan malware atau virus dan hacker masing menjadi ancaman. Seringnya yang menjadi ancaman adalah virus yang disisipkan pada suatu website. sehingga ketika kita mengakses web tersebut, secara otomatis komputer kita terkena virus. Sebenarnya apa sih virus itu? Berikut pengertian virus komputer dan cara mencegahnya.

Baca juga: Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya

A. Pengertian Virus Komputer

Virus komputer merupakan suatu program komputer yang umumnya disisipkan pada website-website tertentu atau aplikasi tertentu. Virus ini jika menyerang komputer kita dapat merusak, mengubah bahkan mengganti program yang ada pada komputer. Kerja virus komputer ini dengan cara menggandakan diri dan memasuki setiap data pada komputer. Bahkan juga dapat meniru data-data yang ada pada komputer target.

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mencegahnya

Pengertian Virus Komputer dan Cara Mencegahnya

Seperti virus yang menempel pada manusia, seringkali virus pada komputer juga sulit untuk dikenali. Meskipun ada juga yang dapat dikenali dengan mudah. Virus yang tidak mudah dikenali ini akan merusak secara perlahan sistem komputer, hingga komputer yang Anda gunakan mengalami gangguan kinerja. Misalnya menjadi melambat, hang dan freeze sehingga tidak dapat digunakan.

Tidak hanya mengganggu data dan aplikasi yang ada pada komputer, virus juga dapat mengganggu kinerja perangkat keras yang terhubung pada komputer. Kemampuan menggandakan diri pada virus ini dapat membuat memori pada komputer cepat sekali penuh. Akibatnya, semua aplikasi yang ada pada komputer dan perangkat keras yang terhubung menjadi loading lama hingga mengalami error dan tidak dapat digunakan.

Selain itu, virus yang telah masuk ke dalam komputer ini mampu mengubah ekstensi suatu data yang telah tersimpan. Akibatnya aplikasi benar-benar tidak dijalankan karena sistem operasi tidak dapat mengenalinya lagi. Oleh karena itu, sebelum komputer Anda terserang virus ini maka alangkah baiknya dilakukan pencegahan. Berikut beberapa cara mencegah agar komputer tidak terserang virus.

B. Cara Mencegah Virus Komputer

Cara mencegah virus yang masuk ke komputer tergantung dari jenis virus yang menyerang komputer. Oleh karena itu, cara pencegahan berikut disesuaikan dengan jenis virus yang sedang menyerang komputer Anda.

  1. Gunakan Wi-Fi yang terpercaya

Wi-fi publik tidak selalu aman, bisa jadi untuk jebakan yang telah disiapkan oleh seorang hacker. Oleh karena itu, jangan terburu untuk mengubungkan komputer Anda dengan Wi-Fi publik jika memang Wi-Fi tersebut tidak familiar. Sebaiknya gunakan Wi-Fi yang telah familiar untuk mengantisipasi komputer atau laptop Anda terserang oleh virus.

  1. Melakukan scanning terhadap portable device

Protable device yang umum digunakan yaitu flashdisk dan hardisk eksternal. Keduanya merupakan sumber virus yang potensial. Oleh karena itu, jangan buru-buru untuk membuka datanya. Namun lakukan scanning terlebih dahulu untuk menjaga keamanan komputer Anda meskipun data yang tersimpan cukup banyak.

  1. Aktifkan internet security dan firewall

Baik internet security maupun firewall keduanya memiliki fungsi yang dapat menjaga keamanan komputer atau laptop Anda dari serangan virus. Oleh karena itu, sebelum Anda berselancar, pastikan Anda telah mengaktifkan firewall dan internet security Anda.

  1. Pindahkan data komputer secara berkala

Memindahkan data-data yang ada pada komputer Anda adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga keamanan data Anda. Oleh karena itu, selalu sempatkan untuk memindah data-data yang ada pada komputer Anda. Gunakan penyimpanan yang aman pula dan benar-benar bersih dari virus komputer.

  1. Melakukan defrag dan scanning komputer secara teratur

Melakukan defrag komputer berfungsi untuk menghapus data-data bayangan dan merapikan bagian-bagian kosong pada harddisk. Selain itu, dengan melakukan defrag dan scanning komputer secara teratur dapat menghilangkan Multipartite Virus. Hal ini karena virus tersebut bersembunyi pada RAM dan harddisk. Cara menghilangkannya yaitu dengan melakukan defrag dan melakukan scanning komputer secara teratur ini.

Baca juga: Pengertian Web Browser Internet, Fungsi dan Contohnya

Itulah tadi pengertian virus komputer dan cara mencegahnya. Selalu berhati-hatilah saat Anda berselancar di dunia maya. Pastikan Anda mengakses internet secara aman, agar Anda tidak dirugikan karena komputer atau laptop Anda terserang virus.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.