Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Web Browser Internet, Fungsi dan Contohnya

Halo Sobat Belajar Office – Pengertian web browser internet, fungsi dan contohnya merupakan sebuah aplikasi yang sering digunakan. Di zaman teknologi seperti sekarang ini internet memang menjadi acuan untuk mendapat informasi sebanyak-banyaknya. Web browser juga banyak jenisnya dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Namun, fungsi utamanya sebagai alat untuk mencari informasi di internet dari seluruh dunia.

Pengertian dan Fungsi Web Browser

Web browser merupakan sebuah aplikasi atau software yang digunakan untuk mencari dan menyediakan informasi di dalam jaringan internet. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui media seperti blog, media sosial dan lainnya yang tersimpan di dalam internet. Beragam sumber informasi bisa didapatkan seperti media teks, gambar, suara, video dan lain sebagainya.

Pengertian Web Browser Internet, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Web Browser Internet, Fungsi dan Contohnya

Beberapa contoh web browser yang sering dipakai yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dan lain-lain. Web browser tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini beberapa fungsi web browser antara lain:

  • Mendukung Pemanfaatan Search Engine

Search engine atau mesin pencari biasanya terdapat di dalam web browser mana pun. Fungsi dari search engine itu sendiri adalah untuk memudahkan pengguna web browser dalam mencari informasi lebih cepat. Dengan adanya search engine, pengguna tidak perlu mengetikkan alamat situs pada address bar dalam menu web browser.

Baca juga : Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya

  • Membuka Halaman Situs atau Website

Fungsi utama pada web browser yaitu membuka halaman situs atau website sehingga pengguna internet bisa mencari informasi dari sana. Untuk membuka sebuah halaman situs atau website bisa langsung dari address bar, tetapi harus diisi sesuai dengan alamat situs tersebut. Selain itu, bisa juga dari search engine dengan mengetikkan keyword atau kata kunci sehingga muncul beberapa pilihan situs terkait keyword.

  • Memastikan Keamanan Situs atau Website

Bagi pengguna internet juga tidak perlu khawatir karena web browser biasanya dilengkapi dengan proses authentication atau verifikasi. Proses verifikasi ini digunakan untuk mengecek bahwa situs atau halaman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi. Hal ini sangat diperlukan mengingat banyaknya virus/worm di internet yang bisa merusak sistem pada perangkat komputer atau smartphone.

  • Mengumpulkan Data Serta Memaksimalkan Tampilan

Dengan adanya web browser memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses menuju ke sebuah halaman situs atau website secara langsung. Selain itu juga dapat mengumpulkan seluruh data yang ada pada sebuah situs atau website termasuk efek tampilan website. Dengan begitu, tampilan halaman website tersebut bisa lebih baik dan maksimal menampilkan semua jenis media seperti teks, gambar maupun video.

  • Mendukung Permintaan Data atau File

Informasi yang tersedia di internet melalui media situs atau website tidak hanya bisa dilihat dan dibaca, tetapi juga bisa disimpan. Inilah fungsi web browser yang mendukung permintaan data atau file, hal ini dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir semua data berupa gambar, teks atau video bisa disimpan atau di download pada penyimpanan komputer/PC atau smartphone.

Berbagai Macam Web Browser

Setelah mempelajari tentang pengertian web browser internet, fungsi dan contohnya, berikut ini penjelasan dari beberapa browser, antara lain:

  1. Google Chrome

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh 60% pengguna internet di seluruh dunia. Hal ini karena google chrome memiliki tampilan yang cukup simpel dan minimalis sehingga proses loading menjadi lebih cepat. Beberapa negara yang banyak menggunakan Google Chrome adalah Asia, Amerika dan Eropa.

  1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser kedua setelah Google Chrome yang banyak digunakan. Negara Indonesia sendiri merupakan salah satu pengguna Mozilla Firefox terbanyak.

  1. Safari

Web browser Safari digunakan hampir sekitar 16% pengguna internet di seluruh dunia. Safari merupakan salah satu browser yang cukup populer dan merupakan buatan Apple Inc. Safari dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan tahun 2007 untuk perangkat mobile nya.

  1. Opera

Opera juga cukup populer dan banyak digunakan oleh sekitar 6% pengguna internet di dunia pada perangkat komputer. Sedangkan penggunaan pada perangkat mobile ada sekitar 11% pengguna internet yang memanfaatkan Opera.

Baca juga : Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Itulah penjelasan secara lengkap tentang pengertian web browser internet, fungsi dan contohnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.