Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Arisan RT Yang Baik

Hai sobat Belajar Office – Contoh surat undangan arisan RT akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini dengan rincian struktur yang baik. Undangan semacam ini biasanya memang ada di sekitar lingkungan RT yang aktif dengan kegiatan arisan. Kegiatan arisan tersebut biasanya diperuntukkan untuk kaum ibu-ibu. Namun, tidak menutup kemungkinan juga diadakan oleh sekelompok bapak-bapak.

Surat undangan arisan dalam lingkup RT juga merupakan jenis surat resmi atau formal karena biasanya mengatasnamakan ketua RT atau ketua pelaksana kegiatan arisan. Surat semacam ini bisa dibuat secara berkala atau saat periode/kocokan baru. Jika kegiatan arisan sempat vakum, membuat undangan arisan secara resmi juga menjadi alternatif untuk membangun kembali kegiatan arisan tersebut.

Contoh Surat Undangan Arisan RT

Baca juga : CONTOH SURAT UNDANGAN KERJA BAKTI RT

Memahami Fungsi dan Tujuan dari Surat Undangan Arisan RT

Surat undangan arisan RT merupakan jenis undangan resmi yang digunakan untuk mengundang para anggota untuk melaksanakan arisan sesuai jadwal. Arisan dalam lingkup RT biasanya diketuai langsung oleh Ibu Ketua RT setempat. Oleh karena itu contoh surat undangan arisan RT yang akan dijelaskan dai bawah ini di ibaratkan dari Ibu Ketua RT.  Kerangka atau struktur pada surat undangan arisan RT adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Surat

Kepala atau kop surat berada di posisi paling atas atau bagian awal dari surat undangan resmi yang isinya antara lain:

  • Tanggal surat, atau keterangan kapan surat itu dibuat
  • Nomor surat, yang satu ini selalu ada khususnya pada surat resmi atau surat formal termasuk surat undangan arisan RT sekali pun
  • Perihal, berisi tentang tujuan undangan

Pada surat resmi, biasanya terdapat poin lampiran yang diisi jika surat tersebut ada lampirannya. Namun, biasanya untuk surat undangan jenis arisan RT tidak perlu ada lampiran dan tidak perlu ditulis juga pada keterangan kepala surat.

  1. Penerima Surat

Di bawah kop surat, ada identitas atau keterangan nama, jabatan dan alamat penerima surat. Kata sapaan biasanya menggunakan Bapak/Ibu agar lebih sopan.

  1. Isi atau Badan Surat

Contoh surat undangan arisan RT di bawah ini juga memiliki struktur badan surat, isinya tentang kalimat undangan disesuaikan dengan tujuan dibuatnya undangan. Agar lebih sopan, sebelum memulai kalimat undangan pada badan surat biasanya diawali dulu dengan kata ‘dengan hormat’ atau salam lainnya.

  1. Jadwal dan Tempat

Setelah menjelaskan kalimat undangan, sisipkan informasi jadwal dan tempat dilaksanakan kegiatan arisan tersebut. Keterangan jadwal di sini meliputi hari dan tanggal, serta waktu pelaksanaan kegiatan arisan. Selain itu, tambahkan juga detail atau susunan acara kegiatan arisan sebagai informasi kepada penerima undangan.

  1. Penutup dan Tanda Tangan

Penutup diisi dengan kalimat penutup surat dan di bawahnya terdapat tanda tangan penanggung jawab acara, dalam hal ini Ibu Ketua RT. Jika ketua arisan bukan Ibu Ketua RT, maka bisa ditambahkan tanda tangan ketua arisan.

Baca juga : CONTOH SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU KELURAHAN

Inilah Contoh Surat Undangan Arisan RT

Penjelasan struktur atau kerangka surat undangan arisan RT di atas sepertinya sudah cukup jelas. Untuk itu, mari lanjutkan dengan mempraktikkan pembuatan surat undangan arisan RT sesuai dengan strukturnya. Di bawah ini merupakan contoh surat undangan arisan RT yang diketuai oleh Ibu Ketua RT dan diadakan di rumah Beliau. Selanjutnya, mari perhatikan contoh surat di bawah ini:

Lampung, 21 Maret 2018

No                : 01/PKK-SUKAMAJU/IV/2018

Perihal          : Undangan Arisan RT

Kepada Yth.

Bapak/Ibu ______

di tempat

Asalamualaikum Wr. Wb,

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan persahabatan antar sesama warga di lingkungan RT/RW: 14/05, Kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk menghadiri dan mengikuti acara pembukaan kegiatan arisan di lingkungan RT/RW: 14/05 Desa Sukamaju. Acara tersebut akan diselenggarakan pada:

Hari / Tanggal      : Minggu, 30 Maret 2018

Waktu                  : 09.30 WIB hingga selesai

Tempat                : Rumah Ibu Ketua RT/RW: 14/05 Desa Sukamaju No. 125 Lampung

Acara                      :

  1. Silaturahmi
  2. Pembukaan acara oleh Ibu Ketua RT/RW: 14/05
  3. Pembahasan inti (iuran, tempo pembayaran, iuran kas, dll.)
  4. Pembentukan pengurus PKK
  5. Kocokan pertama arisan tahun 2018
  6. Ramah tamah dan penutup

Demi kelancaran acara pembukaan kegiatan arisan RT/RW: 14/05, Kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Demikian surat undangan ini Kami buat. Atas perhatian Bapak/Ibu Kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Mengetahui,

Ibu Ketua RT/RW: 14/05

(Nama Terang)  

Berikut Contoh file dalam format MS Word, silahkan didownload pada link dibawah ini jika membutuhkannya.

Contoh Surat Undangan Arisan RT Yang Baik

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat serta contoh surat undangan arisan RT yang baik dan benar sesuai aturan strukturnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.