Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Pengambilan Raport Untuk Wali Murid

Hai Sobat Belajar Office. Surat undangan pengambilan raport merupakan surat yang berisikan permohonan kehadiran orang tua atau wali murid untuk hadir dalam rangka pengambilan raport di sekolah. Surat undangan ini akan diberikan kepada wali murid setelah siwa selesai melaksanakan kegiatan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Sekolah memberikan program berupa pengambilan raport kepada orang tua siswa dengan tujuan agar wali kelas bisa menginformasikan kepada mereka mengenai perkembangan anaknya dalam kegiatan belajar.

Karena pembagian raport sebentar lagi, bapak atau ibu wali kelas diharuskan membuat surat undangan wali murid untuk mengambil raport semester.  Berikut ini Surat undangan pengambilan raport untuk wali murid

PEMERINTAH KABUPATEN SITUBONDO

DINAS PENDIDIKAN

SD KARTINI INDAH

Jl. Adipati Unus No. 23 Situnbondo

 

Situbondo, 25 April 2019

 

Nomor                    :  039/346/XII/2019

Perihal                    : Undangan Pengambilan Raport

 

Kepada Yth.

Orang tua / wali murid SD Kartini Indah

Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan berakhirnya kegiatan belajar mengajari di semester 1 tahun pelajaran 2018-2019, dengan ini kami mengundang bapak dan ibu untuk datang pada acara pembagian raport semester 1 yang akan dilaksanakan:

Hari tanggal            : Senin, 8 Mei 2019

Waktu                     : Pukul 09.00 – 10.30 WIB

Tempat                   : Aula SD Kartini Indah

Mengingat pentingnya acara tersebut, kami sangat mengharapkan kehadiran bapak dan ibu.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatianya kami ucapkan terimaksih.

Hormat kami,

Kepala sekolah

Suwarno

NIP. 3819847147214876

Contoh Surat Undangan Pengambilan Raport

Yang pelu dibicarkan dalam pengambilan raport

Orang tua seharusnya mengagendakan pengambilan raport anak agar tidak bentrok dengan kegiatan lain. Pengambilan raport oleh orang tua juga merupakan bukti perhatian pada perkembangan pendidikan anak selama di bangku sekolah.

Baca juga :  Contoh Surat Kesanggupan Membayar SPP Sekolah

Sebagai wali kelas, Anda juga perlu menyiapkan hal-hal yang harus dsampaikan pada orang tua siswa saat proses pengambilan raport. Berikut ini beberapa hal yang dibicarakan pada pertemuan orang tua dan pengambilan raport

  • Pertama, nilai capaian siswa

Banyak orang tua yang ingin tahu nilai anaknya terlebih dahulu dibanding hal-hal lain. Karena itulah sebagian besar isi raport siswa. Secara akademisi, nilai inilah yang biasanya disampaikan kepada orang tua siswa berdasar apa yang tertulis di raport, khususnya mengenai nilai mata pelajaran yang kurang. Jika ada nilai yang kurang, diskusikan dengan orang tua siswa, mereka mungkin akan membantu anaknya agar di semester berikutnya anaknya bisa belajar lebih giat supaya nilainya tuntas.

  • Kedua, sikap dan perilaku anak di sekolah

Mungkin ada orang tua uang bertanya bagaimana anak saya di sekolah? Berikan penjelasan mengenai sifat dan perilaku anak didik secara garis besar. Jelaskan hubungan siswa dengan guru, siswa dengan teman sekelasnya, apakah baik atau ada pertentangan. Jika ada anak yang menurut Anda sebagai wali murid termasuk bandel atau  nakal, segera sampaikan ke orang tua supaya mendapat penanganan lebih lanjut.

  • Ketiga, prestasi siswa

Sampaikan prestasi siswa anak didik anda baik secara akademik maupun non akademik, terutama ranking di kelas. Di masa sekarang banyak sekolah yang tidak menggunakan sistem ranking, namun banyak orang tua yang bertanya posisi anaknya di kelas apakah unggul atau rata-rata. Jika tidak ada ranking, paling tidak secara garis besar apakah diatas, dibawah atau rata-rata.

  • Keempat kebijakan sekolah.

Sampaikan kebijakan sekolah terkini kepada orang tua siswa dalam rangka mendukung dan mengembangkan potensi anak didik.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Undangan Pengambilan Raport

Nah demikian, contoh surat undangan resmi pengambilan raport untuk wali murid dan hal – hal yang perlu disampaikan dalam pengambilan raport. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda sebagai wali kelas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.