Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Microsoft Word, Fungsi dan Manfaatnya

Halo sobat Belajar Office, Perkembangan teknologi tentu semakin maju dan kian memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal, tanpa kecuali dalam hal pembuatan dokumen. Jika dahulu kita harus menggunakan mesin ketik atau bahkan tulis tangan untuk membuat suatu dokumen, sekarang kita bisa memanfaatkan Microsoft word yang membantu kita membuat dokumen menjadi lebih mudah.

Tidak hanya membuat dokumen, dengan mocrosoft word ini kita bisa menyimpan dokumen dalam bentuk arsip file dalam computer, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft word adalah sebuah software (perangkat lunak) atau program pengolah data baik itu berupa huruf maupun angka yang sering digunakan untuk keperluan pembuatan dokumen ataupun hal-hal yang berhubungan dengan tulis menulis.

Microsoft word ini merupakan salah satu produk andalan Microsoft yang paling banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Kehadirannya tentu sangat berarti karena memberikan perubahan yang begitu besar di era digital saat ini.

Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word

Perkembangan Microsoft word juga mengalami beberapa kali penyempurnaan kearah yang lebih baik dari tahun ke tahun. Mulai Microsoft word 1998, word 2003, word 2007, word 2010,word 2015, word 2016 dan yang terakhir ini Microsoft word 2017. Micrososft 2017 merupakan bentuk penyempurnaan dari microsoft word sebelum-sebelumnya.

Dalam Microsoft 2017 telah ditambahkan database dan toolbar yang semakin mempermudah kita dalam pembuatan dokumen maupun hal-hal yang berkaitan dengan tulis menulis. Tentunya, hal ini diharapkan memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin mempelajarinya.

Fungsi Microsoft Word

Fungsi utama dari Microsoft word ini adalah mengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berkaitan dengan mengolah kata dapat dikerjakan dengan bantuan aplikasi ini, seperti :

  • Membuat surat-menyurat baik untuk keperluan resmi maupun tidak resmi
  • Membuat dokumen dengan cepat serta tepat
  • Membuat dokumen dengan berbagai variasi agar lebih menarik
  • Menambahkan gambar pada dokumen
  • Membuat table, dan masih banyak lagi.

Manfaat Microsoft Word

Setelah mengetahui fungsinya, selanjutkan perlu kita ketahui juga manfaat-manfaat yang kita dapatkan ketika menggunakan aplikasi Microsoft word ini. Lalu, apa sajakah manfaatnya?

  • Meminimalisir kesalahan dalam penulisan

Aplikasi Microsoft word rupanya sangat membantu sekali dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya adalah dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan sebelum dicetak. Bayangkan jika anda membuat suatu dokumen dengan cara tulis tangan, ketika terjadi kesalahan maka anda harus mengulanginya lagi dari awal. Namun dengan Microsoft word, anda hanya perlu mengedit bagian yang salah sebelum mencetaknya. Cukup efisien bukan?

  • Menghemat waktu serta tenaga

Dalam dunia kerja seringkali kita mendapat tugas untuk berkirim surat yang sama ke beberapa alamat yang tujuan yang berbeda. Jumlahnya pun tidak terbatas, bisa mencapai puluhan atau mungkin ratusan bahkan ribuan. Tentu hal ini akan menguras tenaga dan juga waktu untuk mengerjakannya. Namun dengan Microsoft word, anda bisa memanfaatkan fitur mail merge dimana anda dapat berkirim surat yang sama ke beberapa alamat tujuan yang berbeda.

  • Meminimalisir penggunaan kertas juga biaya

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kita dapat berhemat dalam berbagai hal. Misalnya dalam penggunaan kertas karena tidak semua dokumen harus kita cetak untuk pengarsipan. Kita bisa menyimpannya dalam bentuk arsip file didalam computer. Jika ingin mencetaknya, anda bisa membuka arsip file lalu mengeditnya (jika ada yang direvisi) selanjutnya tinggal print. Tentunya hal ini dapat menghemat biaya operasional perusahaan anda.

BerikutĀ  : Daftar Isi Tutorial Belajar Microsoft Word Untuk Pemula

Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat penggunaan Microsoft word yang bisa anda dapatkan. Semoga ulasan mengenai pengertian, Microsoft Word, dan seluk beluknya diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.