Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Rumus Excel PV (Present Value) Hitung Nilai Uang Saat ini

Seiring dengan waktu, uang memiliki nilai yang berubah-ubah. Waktu semakin berjalan nilai uang akan cenderung menurun yang mungkin saja disebabkan beberapa faktor diantaranya inflasi dan krisis moneter dsb.

Bisa kita rasakan dalam kehidupan  kita sehari-hari dari kenakian harga yang terus melambung, tentunya nilai uang semakin menurun. Kalau dulu jaman 90 uang 1.000 sudah bisa untuk membeli berbagai jajanan, kalau sekarang 1.000 setara dengan 10.000 untuk beli jajan yang sama.

Pada kesempatan sebelumnya belajar office sudah membahas Rumus Excel FV Future Value (Nilai Uang akan datang) kali ini kita akan membahas kebalikannya yaitu rumus Excel PV (Present Value) Nilai Uang Saat ini.

Rumus Excel PV (Present Value) yaitu merupakan rumus finansial yang digunakan untuk mengembalikan nilai uang investasi saat ini dibandingkan dengan masa akan datang, berdasarkan tingkat suku bunga, periode dengan investasi tetap.

Untuk lebih jelasnya simak berikut ini contohnya :

Edi menabung uang secara rutin setiap bulan 2 jt rupiah selama 5 tahun dengan suku bunga 5 % , jika di hitung total tabungnnya normalnya yaitu 2 jt x 5 tahun x 12 bulan = 12o jt. Berapa nilai uang tersebut sekarang ini Present Value (PV) ?

Syntax penulisan :

 =PV (rate;nper;pmt;fv;type)

contoh :

 =PV(5%/12;5*12;2000000) hasilnya didapat 105 jtan

ket :

rate : suku bunga

nper : jangka waktu (dalam tahun)

pmt : investasi setoran per periode (bulan)

fv : future value (nilai akan datang) optional

type : ada dua pilihan 0 akhir, 1 awal periode (optional)

Contoh dalam tabel :

RUMUS EXCEL PV (PRESENT VALUE)

RUMUS EXCEL PV (PRESENT VALUE)

Pada cell B10 ketikan rumus =PV(B5/12;B6*12;B7)

jadi kesimpulannya nilai uang sekarang memiliki nilai yang lebih tinggi dari nilai uang dimasa mendatang. atau Nilai uang akan mengalami penurunan seiring waktu.

Terimakasih semoga bemanfaat.

One Response

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.