Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Rumus Excel SUMSQ (Penjumlahan Kuadrat)

Selamat pagi dan tentunya harus kembali bersemangat menjalankan aktifitas dan bekerja setelah libur cuti bersama dihari Raya Idul Fitri tahun ini.

Dalam mengolah data-data terutama yang berkaitan dengan hitung-hitungan angka program Microsoft Ofice Excel sangat membantu kita dalam menyelesaikan tugas dan perkerjaan hitungan kita sehari-hari dikantor dengan cepat dan lebih mudah.

Pada kesempatan ini admin akan membahas rumus Excel SUMSQ. Apa itu rumus Excel SUMSQ ? mungkin rumus ini terdengar asing karena masih jarang kita gunakan. Ternyata dalam Excel ini terdapat banyak sekali rumus-rumus yang unik dan bermanfaat dalam perhitungan tertentu sehingga bisa lebih cepat dan praktis. Salah satunya Rumus Excel SUMSQ ini.

Rumus Excel SUMSQ berasal dari pengabungan SUM (penjumlahan)  dan SQUARE (Kuadrat). Rumus Excel SUMSQ merupakan rumus Excel Matematik yang digunakan untuk menghitung penjumlahan dari kuadrat data-data.

Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh penggunaannya :

Sintak penulisan rumusnya

=SUMSQ(number1;number2; dst)

Contohnya :

=SUMSQ(2;4) hasilnya 20

perhitungannya  = 2 kuadrat + 4 kuadrat

22 + 42 = 4 + 16 = 20

Contoh dalam tabel :

RUMUS EXCEL SUMSQ

RUMUS EXCEL SUMSQ

Pada contoh diatas kita lihat hasil perhitungan menggunakan rumus SUMSQ dengan perhitungan Manual artinya setiap data dikudratkan dulu baru dijumlahkan maka hasilnya sama.

=SUMSQ(A7:A12)

Kesimpulannya :

Rumus Excel SUMSQ digunakan untuk menghiutng penjumlahan dari kuadrat setiap data-data.

Baca juga : Rumus Excel SUMPRODUCT (penjumlahan Perkalian)

Terimakasih semoga bermanfaat.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.