Iklan
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Tips Memilih Printer untuk Pekerjaan Kantoran

Halo sobat Belajar Office. Selain laptop, printer merupakan salah satu perangkat kantor yang sering digunakan. Sebagaimana yang kita tahu, fungsi alat ini untuk mencetak dokumen penting dan file lainnya. Oleh sebab itu, bagi pekerja kantoran memang sudah seharusnya memilih printer yang bagus, supaya pekerjaan bisa diselesaikan secara optimal, tanpa gangguan.

Coba bayangkan, bagaimana jika habis digunakan untuk mencetak beberapa dokumen tiba-tiba hang atau macet di tengah jalan? Tentu akan sangat merepotkan dan memperlambat pekerjaan bukan?

Nah, untuk anda yang masih bingung dalam memilih printer untuk pekerjaan kantoran yang tepat, berikut kami bagikan informasinya:

Memilih Printer yang Tepat untuk Pekerjaan Kantoran

  1. Pilih Printer dengan Resolusi Tinggi

Tips pertama yaitu memilih printer dengan resolusi yang tinggi. Setiap printer memiliki resolusi yang nantinya akan mempengaruhi kualitas hasil cetakan. Semakin tinggi resolusi printer, maka hasil tulisan maupun gambar yang dicetak juga akan semakin jernih, begitu pula sebaliknya jika resolusi printer kecil, maka hasil cetakan yang dihasilkan pun berkualitas buruk. Terutama saat mencetak gambar, akan kelihatan hasil gambar yang buram dan tidak jernih.

  1. Pilih Printer yang Multifungsi

Pekerjaan kantor tidak hanya sekedar mencetak dokumen saja. Mungkin ada pekerjaan urgent seperti scanning hingga fotokopi. Maka dari dari itu, pilihlah printer yang multifungsi, selain dapat digunakan untuk mencetak dokumen, juga dapat digunakan untuk scanning hingga fotokopi mendadak dalam jumlah sedikit. Hal ini dapat menghemat waktu, daripada Anda harus pergi ke luar untuk melakukan scan dokumen.

Bahkan, jika ada beberapa dokumen yang harus buru-buru difotokopi, Anda dapat memanfaatkan printer tersebut untuk menggandakan dokumen. Namun perlu diingat, fotokopi dengan printer hanya dianjurkan dalam jumlah yang sedikit. Jika Anda ingin menggandakan file dalam jumlah banyak ratusan bahkan ribuan lembar, maka tetap gunakan mesin fotokopi.

  1. Pilih Printer yang Mendukung Fax

Untuk menghemat pembelian mesin fax sendiri, sebaiknya Anda memilih printer yang mendukung fitur faximile. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk berkirim fax dengan rekan kerja Anda. Bahkan, Anda tak perlu membeli mesin fax sendiri untuk melakukan komunikasi melalui faximile.

  1. Pilih Printer yang Mampu Mencetak Poster

Memilih printer dengan kemampuan mencetak poster yang berkualitas tentu akan membuat pekerjaan kantor lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat membuat Anda menghemat waktu dan biaya untuk mencetak poster di percetakan yang mungkin membutuhkan biaya yang lebih besar. Namun, dengan adanya printer tersebut, Anda dapat mencetaknya sendiri di kantor.

  1. Memiliki Fitur Konektifitas

Tips memilih printer untuk pekerjaan kantoran yang tidak kalah penting yaitu memilih printer dengan konetifitas yang lengkap. Tidak semua printer dapat terhubung ke perangkat komputer dengan baik melalui kabel. Oleh sebab itu, pilih printer yang bisa terhubung secara nirkabel, misalnya melalui Bluetooth sehingga Anda dapat mencetak dokumen tanpa menghubungkan lewat kabel.

  1. Pilih Printer dengan Kecepatan Cetak yang Tinggi

Selain point-point di atas, jangan lupa pilihlah printer yang memiliki kecepatan cetak yang tinggi. Kecepatan cetak ini akan mempersingkat waktu Anda dalam mencetak dokumen kantor. Hal ini tentu akan berdampak pada terselesainya pekerjaan Anda dengan cepat. Bayangkan saja, jika Anda menggunakan printer dengan kecepatan cetak yang lambat, maka hal tersebut akan mengulur waktu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang lain pula.

Baca juga : Pekerjaan yang Membutuhkan Kemampuan Menguasai Ms Office

Demikian diatas beberapa tips memilih printer untuk pekerjaan kantoran yang tepat. Jadi, tak ada pilihan lain, untuk memperlancar pekerjaan kantor, pilihlah printer yang benar-benar berkualitas baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.