Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

4 Cara Rumus Pembagian Pada Excel Lengkap

Hai sobat Belajar Office, pada artikel sebelumnya sudah dibahas secara lengkap rumus penjumlahan Excel, rumus pengurangan Excel dan rumus perkalian Excel, pada kesempatan kali ini kita akan membahas 4 Cara Rumus Pembagian Pada Excel Lengkap.

Untuk melakukan pembagian pada Excel secara umumnya tidak ada rumus khusus, tetapi hanya menggunakan operator pembagian yaitu tanda  garis miring atau tanda slash (/), nanti akan kami jelaskan contoh-contoh cara melakukan pembagian bilangan pada MS Excel.

Dalam melakukan pembagian bilangan pada Excel terdapat beberapa cara tentunya tergantung dari data-data angkanya, bisa diketik lagsung, pembagian data dari cell, pembagian dari sheet lain, cara pembagian autofill dsb.

Berikut 4 Cara Rumus Pembagian Pada Excel Lengkap :

  • Cara 1 Pembagian Excel : Data (Angka) Diketik Langsung

Cara yang pertama yaitu ketika kita akan membagi angka-angka atau bilangan secara langsung pada MS Excel yaitu menggunakan operator tanda garis miring atau slash (/) kemudian di ikuti angkanya lagi dan seterusnya sesuai dengan keinginan.

Catatan penting :

“Setiap akan melakukan operasi atau rumus pada MS Excel jangan lupa untuk pertama kali ketikan tanda sama dengan (=)”

Sebagai contoh yaitu misalnya kita akan membagi bilangan 100 : 2 : 5 = 10

Cara 1 Pembagian Excel

Caranya kita bisa langsung mengetikan pada cell tertentu misalnya pada contoh dibawah pada cell C5

Rumusnya yaitu ketikan pada cell C5

=100/2/5

Maka akan didapatkan berupa hasil pembagian 100 : 2 : 5 = 10 berupa angka 10

  • Cara 2 Pembagian Excel : Data (Angka) Dari Tabel Atau Cell

Cara kedua untuk melakukan pembagian bilangan pada Excel yaitu jika data angka terdapat pada table atau cell, contoh seperti gambar berikut ini.

Cara 2 Pembagian Excel

Cara 2 Pembagian Excel

Caranya yaitu ketikan sama dengan (=) kemudian klik pada cell C4 kemudian ketikan tanda slash (/) kemudian klik pada cell C5, kemudian jika ingin dibagi lagi maka ketik tanda slash (/) lagi, kemudian klik pada cell C6 dst selanjutnya tekan ENTER, maka akan didapat rumus sebagai berikut.

Rumusnya pada cell C9

=C4/C5/C6

Baca juga : 3 Cara Membuat Bilangan Urut Otomatis Pada Excel

  • Cara 3 Pembagian Excel : Data (Angka) Pada Sheet Yang Berbeda

Selanjutnya cara pembagian Excel yang ke tiga yaitu jika data-data (angka) yang akan dibagi terletak pada sheet yang berbeda-beda caranya sangat mudah contohnya seperti gambar dibawah ini

Jangan lupa ketikan pada cell C5 sama dengan (=) selanjutnya arahkan atau buka sheet datanya misalnya sheet1 kemudian klik cellnya A1, selanjutnya ketikan operator bagi atau tanda garis miring (/) selanjutnya buka sheet pembaginya atau pada contoh ini sheet2 klik pada cell A1 dan seterusnya selanjutnya tekan ENTER

Cara 3 Pembagian Excel

Cara 3 Pembagian Excel

Maka rumusnya akan seperti contoh dibawah ini

=Sheet1!A1/Sheet2!A1/Sheet3!A1

  • Cara 4 Pembagian Excel : Otomatis Autofill

Selanjutnya yaitu cara pembagian bilangan pada Excel menggunakan auto fill otomatis jadi jika kita ingin membagi bilangan massal pada table caranya kita cukup buat satu rumus saja, selanjutnya tinggal autofill atau Tarik drag saja rumusnya. contohnya seperti pada table berikut ini, kita akan membagi bilangan kolom A dibagi kolom B

Cara 4 Pembagian Excel

Cara 4 Pembagian Excel

Caranya yaitu kita cukup buat rumus pembagian satu saja yaitu ketikan pada cell D5 ketikan rumusnya

=B5/C5

Selanjutnya kita Tarik drag saja rumusnya, caranya yaitu arahkan kursor pada pojok bawah kanan pada cell C6 sampai berbentuk + kemudian kita Tarik drag saja kebawah sampai cell D9 maka otomatis hasilnya akan muncul.

Selain cara-cara pembagian diatas ada beberapa rumus Excel pembagian yang mempunyai fungsi yang lebih komplek diantaranya yaitu rumus Excel :

Rumus Excel MOD  yaitu digunakan untuk mencari nilai dari sisa hasil bagi suatu bilangan. Kalau bembagian kita mencari hasil baginya sementara untuk rumus MOD ini mencari sisanya dari hasil pembagian tersebut.

Rumus Excel QUOTIENT adalah rumus Excel Matematik yang digunakan untuk menghasilkan bilangan bulat pada pembagian. Jadi setiap pembagian menggunakan rumus ini akan menghasilkan bilangan bulat dengan menghilangkan sisa hasil baginya.

Demikian pembahasan mengenai 4 Cara Rumus Pembagian Pada Excel Lengkap, Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar, Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.