Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

6 Cara Penjumlahan Bilangan Pada Excel Lengkap

Hai sobat Belajar Office, pada artikel ini kami akan membahas Penjumlahan Bilangan Pada Excel. Penjumlahan merupakan salah satu perhitungan dasar atau basic pada MS Excel yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami yaitu ketika sobat-sobat akan mengolah data-data menggunakan MS Excel.

Pada MS Excel sebenarnya ada beberapa cara dalam melakukan operasi penjumlahan, mulai dari penjumlahan manual satu persatu menggunakan operator plus (+), menggunakan rumus SUM, bisa menggunakan short key dan menggunakan menu auto sum dan lainya, tentunya metode penjumlahan yang akan kita pilih disesuaikan dengan kebuhan dan kondisi dari tabelnya, kolom, cell atau sheetnya.

Berikut akan kami jelaskan beberapa cara atau metode Penjumlahan Bilangan Pada MS Excel Lengkap :

  • Cara 1 yaitu Cara Manual Data (angka) diketik langsung

Cara yang pertama yaitu ketika kita akan menjumlahkan angka-angka atau bilangan secara langsung pada MS Excel yaitu menggunakan cara manual yaitu menggunakan operator atau tanda plus (+) kemudian di ikuti angkanya dan seterusnya.

Catatan penting :

“Setiap akan melakukan operasi atau rumus pada MS Excel jangan lupa untuk pertama kali ketikan tanda sama dengan (=)”

Contohnya yaitu misalnya kita akan menjumlahkan bilangan atau angka 50, 100, 150 dan 200 secara langsung pada MS Excel artinya data tidak ada pada table atau kolom Excel, maka pada MS Excel kita bisa langsung mengetikan pada cell tertentu misalnya pada contoh dibawah pada cell C5

Cara 1 Penjumlahan MS Excel

Rumusnya yaitu ketikan pada cell C5

=50+100+150+200

Maka akan didapatkan hasil berupa penjumlahan dengan total 500

  • Cara 2 Cara manual Data Dari Tabel atau Cell

Cara kedua untuk melakukan Penjumlahan Bilangan Pada Excel yaitu jika data angka terdapat pada table baris atau kolom, seperti pada contoh berikut ini maka kita bisa gunakan operator tanda plus (+) kemudian diikuti dengan nama cellnya dan seterusnya.

Cara yang kedua ini memang menurut saya kurang efektif karena kita harus menjumlahkan satu persatu manggunakan tanda plus + , namun ada kalanya penjumlah manual ini diperlukan jika angkanya terletak pada cellnya tidak beraturan artinya letaknya secara acak  atau pada sheet lain, maka mau tidak mau harus kita jumlahkan secara manual.

Cara 2 Penjumlahan MS Excel

Rumusnya kita ketikan pada cell C9

=C4+C5+C6+C7

Caranya kita bisa ketikan rumusnya atau bisa kita blok pada cellnya, jadi caranya jangan lupa ketik sama dengan = kemudian klik pada cell C4 kemudian ketik + kemudain klik pada cell C5 dan seterusnya sampai pada cell C7.

  • Cara 3 Menggunakan Rumus Excel SUM

Cara ketiga untuk menjumlahkan bilangan pada Excel yaitu kita gunakan rumus Excel SUM penggunaan rumus Excel SUM ini yaitu jika data-datanya letaknya pada kolom atau baris yang teratur baik secara vertical atau horizontal, caranya yaitu ketikan rumus sebagai berikut

Cara 3 Penjumlahan MS Excel

Ketikan pada cell C9 rumus

=SUM(B4:B7)

  • Cara 4 Menggunakan menu icon Auto SUM

Cara keempat yaitu kita bisa menggunakan menu icon seperti gambar dibawah ini yaitu caranya sangat mudah kita bisa dengan mudah dan praktis untuk menjumlahkan bilangan dengan syarat atau ketentuan: menjumlahkan bilangan yang ada diatas kolom atau disamping kiri dari baris.

Cara 4 Penjumlahan MS Excel AUTO SUM

Cara 4 Penjumlahan MS Excel AUTO SUM

Caranya yaitu klik pada cell N9 kemudian klik icon sigma seperti contoh pada gambar diatas maka otomatis hasilnya akan muncul angka 500

  • Cara 5 menggunakan Short Cut    ALT    +      =    

Cara kelima yaitu kita bisa menggunakan short cut  ALT    +     =     merupakan auto SUM menggunakan kode atau short cut pada keybord, maka otomatis akan menjumlahkan data-data pada kolom atau baris secara otomatis dengan mudah dan lebih praktis.

   ALT      =    

Caranya yaitu klik pada cell C9 kemudian pada keybord ketikan ALT + = maka otomatis akan muncul rumus =SUM(C4:C8) kemudian tekan Enter maka hasilnya didapat 500

Cara 5 Penjumlahan MS Excel Short Cut

Cara 5 Penjumlahan MS Excel Short Cut

=SUM(C4:C8)

  • Cara 6 menjumlahkan bilangan pada sheet yang berbeda

Selanjutnya cara penjumlahan Pada Excel yang keenam yaitu jika data-data yang akan dijumlahkan terletak pada sheet yang berbeda-beda caranya sangat mudah contohnya seperti berikut ini

Ketikan pada cell untuk sama dengan = selanjutnya arahkan atau buka sheet data misalnya sheet1 kemudian klik cellnya, selanjutnya ketikan + selanjutnya buka sheet yang akan dijumlah kemudian klik pada cell yang akan dijumlahkan.

Cara 6 Penjumlahan MS Excel Beda Sheet

Maka rumusnya akan seperti contoh dibawah ini

=Sheet1!A1+Sheet2!B2+Sheet3!C3

Selain cara-cara penjumlahan dasar diatas masih banyak lagi rumus-rumus penjumlahan yang mempunyai fungsi yang lebih komplek diantaranya yaitu rumus Excel :

Rumus SUMIF excel merupakan pengabungan dari fungsi SUM (menjumlahkan) dan IF (jika) jadi Rumus SUMIF excel digunakan untuk menjumlahkan nilai dari data pada rentang/range berdasarkan kriteria tertentu yang telah kita tetapkan sesuai dengan kebutuhan.

SUMIFS digunakan untuk menghitung jumlah nilai data dengan beberapa kriteria sesuai dengan kebutuhan pada range yang ditentukan. Jadi bisa banyak kriteria.

Sumproduct yaitu merupakan pengabungan dari (sum) penjumlahan dan (product) perkalian pada beberapa atau banyak cell sekaligus

Demikian pembahasan mengenai 6 Cara Penjumlahan Bilangan Pada Excel, mungkin jika ada cara lain dan sobat ingin menambahkan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.