Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Hai sobat Belajar Office. Sebagai pengguna perangkat PC, komputer atau laptop dalam aktivitas harian tentu kita sudah sering mendengar istilah hardware. Ya, hardware atau perangkat keras merupakan bagian dari komputer itu sendiri disamping software. Tetapi dengan mendengar istilah hardware setiap hari apakah sudah membuat kita mengerti serta memahami apa yang dimaksud dengan perangkat keras tersebut?

Untuk bisa menjawabnya maka akan dijelaskan tentang pengertian hardware komputer, contoh hardware dan fungsinya sebagai berikut.

  • Pengertian Hardware Komputer

Definsi Hardware

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa arti dari hardware adalah perangkat keras yang terdapat di dalam komputer. Secara umum bisa dikatakan bahwa hardware adalah sekelompok komponen atau elemen fisik pada komputer yang berfungsi untuk menyusun perangkat sehingga nantinya komputer bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dengan kata lain bahwa hardware adalah komponen fisik pada komputer yang berhubungan dengan bagaimana sistem bisa bekerja didalam perangkat tersebut.

Pengertian hardware komputer, contoh hardware dan fungsinya

Pengertian hardware komputer, contoh hardware dan fungsinya

  • Jenis Hardware

Perangkat keras atau komponen fisik pada komputer memiliki beberapa jenis yaitu :

  • Hardware Input yang berfungsi dalam memasukkan data atau input data ke dalam komputer. Misalnya adalah mouse, keyboard, joystick dan sebagainya
  • Process Device yaitu komponen fisik atau hardware yang bertugas dalam melakukan proses pengolahan data yang telah dimasukkan ke dalam komputer. Yang termasuk dalam hardware ini adalah RAM, VGA, CPU dan sejenisnya.
  • Hardware Output yang bertugas untuk menyajikan hasil pengolahan data dari komputer. Contohnya seperti monitor, printer dan speaker.
  • Additional Hardware atau perangkat tambahan yang berguna untuk membantu komputer untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pengguna. Contohnya adalah modem, harddisk eksternal dan sejenisnya.

Mungkin sampai pada bagian ini masih belum jelas betul mengenai pengertian hardware komputer, contoh hardware dan fungsinya, untuk itulah selanjutnya akan diberikan contoh apa saja yang termasuk hardware atau perangkat keras pada komputer.

Contoh Hardware pada Komputer Beserta Fungsinya

  • Power Supply

Jika Anda pernah melihat kotak kecil yang dihubungkan dengan perangkat PC atau komputer itulah yang disebut dengan power supply. Ya, power supply adalah alat penyimpan atau pemasok daya listrik kepada komputer agar bisa dihidupkan dan dioperasikan. Fungsi dari power supply tersebut adalah sebagai pengubah arus AC menjadi arus DC untuk disambungkan ke dalam perangkat keras atau hardware dari komputer.

  • CPU atau Processor

Komponen hardware yang sangat penting bagi komputer adalah CPU atau Central Processing Unit. Bisa dikatakan CPU adalah otak dari komputer itu sendiri. Di dalam CPU tersebut ada sebuah chip berbentuk persegi empat yang fungsinya mengendalikan semua proses kerja dari komputer itu. CPU juga berperan dalam pengaturan pada perintah yang masuk ke dalam perangkat komputer serta mengelola semua aktivitas yang terjadi didalamnya.

  • Motherboard

Apakah yang disebut dengan motherboard itu? Motherboard adalah perangkat pada komputer yang bertugas untuk menghubungkan serta mengendalikan seluruh komponen atau bagian utama dari perangkat digital atau komputer. Komunikasi antara CPU, keybord, memori, kartu video dan hardisk drive dilakukan dengan melalui motherbord tersebut. Filmware yang ada di perangkat motherboard akan mengendalikan serta memberikan koordinasi pada semua fungsi dasar operasional PC.

  • Hardisk

Hardisk dalam komputer memiliki bentuk mirip dengan piringan hitam yang diletakkan dalam papan berbentuk persegi empat. Platter atau piringan hitam tersebut terbungkus oleh casing yang cukup kuat. Fungsi dari komponen hardisk adalah media penyimpanan untuk data dan sistem operasional (OS) pada komputer serta untuk booting kompute tersebut. Hardisk memiliki ruang penyimpanan memori yang sangat besar sehingga kita bisa menyimpan banyak data didalam komputer.

  • Video Adaptor atau VGA Card atau GPU

Alat pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan proses secara grafis dengan monitor itulah yang disebut dengan VGA Card atau GPU. VGA inilah yang bertanggungjawab untuk menampilkan grafis yang bagus pada layar monitor pada komputer. Elemen ini jugalah yang harus memberikan resolusi dan warna dengan kualitas terbaik dalam tampilan pada monitor. GPU juga akan menambah kecepatan kerja dari software operation window.

  • Sound Card

Perangkat keras selanjutnya disebut dengan sound card yang memiliki 4 bagian didalamnya. Bagian dari sound card tersebut berfungsi untuk menerjemahkan data analog maupun digital. Sound card berperan untuk memprosesan semua data yang berbentuk audio, menghubungkan output dari suara atau audio ke speaker serta untuk menghubungkan input berupa suara dari PC lewat mikrofon.

  • Casing

Adalah pembungkus semua komponen pada komputer yang gunanya untuk melindungi perangkat dari segala macam gangguan yang berasal dari luar. Orang juga sering menyebut casing tersebut dengan CPU yang berfungsi untuk meletakkan power supply, CD-ROM, motherboard dan hardware yang lainnya.

  • Monitor

Pada jaman dulu komputer menggunakan layar tabung dengan ukuran yang besar dan makan tempat. Sekarang ini telah banyak yang memakai layar LCD atau LED sebagai monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan data.

  • Komponen Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas masih ada beberapa jenis hardware yang digunakan seperti mouse, trackpad, speaker dan lainnya. Semua tentunya berperan dalam proses pengoperasian komputer secara keseluruhan.

Baca juga : Pengertian OS Komputer Sejarah Perkembangan dan Fungsinya

Itulah pengertian hardware komputer, contoh hardware dan fungsinya semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.