Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Komputer, Sejarah Perkembangan dan Fungsi Komputer

Halo sobat Belajar Office. Hidup di zaman teknologi membuat manusia tidak bisa dilepaskan dari sebuah perangkat yang disebut dengan PC atau komputer. Bukan hanya terbatas di instansi seperti perusahaan, kantor, sekolah atau yang sejenisnya bahkan rumah hunian sekarang juga tidak jarang memiliki komputer. Tidak hanya komputer dalam bentuk desktop yang tidak bisa dibawa kemana-mana orang jaman sekarang telah menjadikan laptop atau komputer jinjing seperti ponsel yang harus selalu ada.

Dulu zaman kakek nenek atau bapak ibu kita mungkin masih menggunakan mesin ketik manual dalam menyelesaikan semua pekerjaan kantornya. Dengan penggunaan yang masih sangat kuno, sulit dan jika ada tulisan yang salah maka harus mengganti semua lembaran ketikan. Tetapi kini dengan komputer kita tidak perlu susah payah dalam menulis dan membuat karya lainnya. Tidak lagi membutuhkan banyak kertas hanya karena ada kesalahan penulisan.

Pengertian Komputer, Sejarah Perkembangan dan Fungsi Komputer

Sebagai pengguna perangkat PC baik desktop maupun laptop ada baiknya jika kita mengenal tentang pengertian komputer, sejarah perkembangan, bagiannya dan fungsi komputer hingga bisa digunakan seperti sekarang ini.

  • Pengertian Komputer
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Komputer merupakan seperangkat peralatan elektronik canggih untuk mengolah data berupa angka, suara dan gambar yang cara kerjanya cermat dan sistematis.

  • Menurut Robert H Blissmer

Komputer merupakan perangkat elektronik yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas seperti menerima dan melakukan proses pada input data sesuai perintah yang diberikan. Selain itu juga mampu menyimpan perintah tersebut beserta hasil dari pengolahan datanya dan menampilkan output berupa informasi yang dibutuhkan.

  • Menurut V. C Hamacher

Komputer merupakan sebuah mesin penghitung elektrik yang bisa bekerja dengan cepat serta mampu menerima informasi dalam bentuk digital. Informasi digital yang diterima tersebut selanjutnya akan diproses sesuai dengan programnya kemudian disajikan dalam bentuk input sebagai sebuah informasi.

Kesimpulan

Dari ketiga pendapat mengenai definisi komputer di atas maka bisa dibuat sebuah kesimpulan yang lebih singkat. Komputer adalah seperangkat peralatan elektrik atau elektronik yang bisa menerima input berupa data kemudian mengolahnya dan memberikan output berupa informasi tertentu. Informasi yang diberikan bisa berupa gambar, suara, teks ataupun video.

Itulah beberapa pendapat dan definisi mengenai pengertian komputer berikutnya akan dibahas tentang sejarah perkembangan dari perangkat komputer itu sendiri. Dalam artikel tentang pengertian komputer, sejarah perkembangan, bagiannya dan fungsi komputer tentu saja kita akan mengupas secara jelas semuanya.

  • Sejarah Perkembangan dari Komputer

Komputer Kelompok atau Generasi Pertama

Yang disebut sebagai komputer dari generasi pertama adalah perangkat yang ada dan dibuat pada rentang waktu tahun 1940 sampai 1959. Komputer pada era ini disebut dengan ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. ENIAC tersebut pertama kali dikembangkan oleh US Army sebagai alat penghitung pada tabel tembakan senjata di laboratoriumnya.

Komputer Kelompok atau Generasi Kedua

Kelompok atau generasi kedua dari komputer ada di tahun 1959 hingga 1965 dimana transistor mulai digunakan sebagai ganti pada tabung vakum yang ada di komputer generasi pertama. Dengan penggunaan transistor maka bentuk dan ukuran dari komputer era kedua ini bisa menjadi lebih kecil dari era sebelumnya atau komputer dari generasi pertama. Untuk pemograman juga sudah menggunakan kata-kata bukan lagi hanya dengan simbol.

Komputer Kelompok atau Generasi Ketiga

Pada generasi ini komputer sudah menggunakan apa yang disebut dengan IC sebagai pengganti transistor. Jack Kilby adalah orang yang mengganti transistor dengan IC dan membuat transistor dalam ukuran yang lebih kecil. Komputer era ketiga ada pada tahun 1965 hingga 1971 dimana komputer bisa bekerja dengan lebih cepat serta efisien dari generasi kedua.

Komputer Kelompok atau Generasi Keempat

Komputer kelompok keempat sudah menggunakan apa yang disebut dengan CHIP yang merupakan gabungan banyak IC didalamnya. Ukuran komputer juga semakin kecil dan sudah mulai dipakai oleh banyak kalangan dari bisnis sampai pendidikan.

Komputer Kelompok atau Generasi Kelima

Ini adalah generasi komputer terakhir dan paling canggih hingga saat ini. Perangkat komputer sudah bisa melakukan interaksi dengan manusia secara visual, memberikan respon pada input suara dan sebagainya.

Selanjutnya akan kita bahas dengan singkat tentang bagian dan fungsi dari komputer.

Bagian dan Fungsi Komputer

Bagian Komputer

Komputer memiliki 2 bagian yaitu :

  • Hardware atau perangkat keras terdiri dari RAM, CPU, harddisk, prosesor dan motherboard.
  • Software yaitu aplikasi yang ada atau dipasang dalam komputer tersebut serta sistem operasi (OS).

Fungsi Komputer

Sedangkan fungsi dari komputer antara lain adalah :

  • Data processing atau pengolahan data berupa teks, dokumen, video, suara, obyek.
  • Data Storage atau penyimpanan data agar kita bisa menampilkannya lagi setiap dibutuhkan
  • Data Movement atau alat untuk memindahkan data antar perangkat.
  • Kontrol

Itulah pembahasan tentang pengertian komputer, sejarah perkembangan, bagiannya dan fungsi komputer semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.