Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Membuat Simulasi Hitung Deposito Bank Rumus Excel

Halo sobat Belajar Office. Pada artikel ini admin akan berbagi latihan Excel yaitu bagaimana cara membuat kalkulator Simulasi Hitung Deposito Bank Rumus Excel. Sebagaimana yang kita ketahui ketika kita menyimpan atau mempunyai uang, seiring berjalannya waktu maka uang akan mengalami penurun nilai yang mungkin disebabkan karena inflasi atau semakin naiknya harga-harga barang.

Bisa kita contohkan misalnya kita mempunyai atau menyimpan uang 1 juta rupiah, mungkin 1 tahun kemudian nilainya akan tidak sama lagi atau bahkan nilainya cenderung akan menurun contohnya nilainya menjadi 900 ribu rupiah, atau 1 tahun yang akan datang 1 juta rupiah nilainya sama dengan 1,1 juta rupiah yang disebabkan karena harga barang-barang yang semakin naik seiring berjalannya waktu. Jadi nilai uang sekarang lebih berharga dari pada nilai uang yang akan datang, yang sering disebut dengan istilah nilai uang yang akan datang (future value)

Untuk itu ketika kita akan menyimpan uang maka mungkin akan lebih baiknya kita investasikan sehingga mempunyai manfaat yang lebih besar, salah satu investasi uang untuk pemula yang paling aman atau resikonya bisa dibilang lebih kecil (minim resiko) yaitu deposito atau mungkin berinvestasi lain dalam bentuk emas karena nilainya yang cenderung lebih stabil atau lebih kecil nilai penyusutannya.

Baca juga   : Rumus Excel PV (Present Value) Hitung Nilai Uang Saat ini

Untuk itu pada kesempatan ini admin akan membahas cara membuat dan menghitung profit Simulasi Hitung Deposito Bank Rumus Excel

Langsung saja berikut ini bentuk tampilan dari format simulasi deposito versi BelajarOffice.com menggunakan rumus Excel

Simulasi hitung deposito rumus excel

Simulasi hitung deposito rumus excel

  • Pertama buatlah table MS Excel seperti pada gambar diatas, atau supaya lebih mudah silahkan sobat download file latihannya pada link dibawah ini, sehingga sobat-sobat bisa mengikuti materi ini.

Download : Simulasi Hitung Deposito Bank Rumus Excel

Pada table ini terdiri dari cell yaitu :

  1. Jumlah setoran yaitu digunakan untuk menginput besarnya uang yang akan di depositokan, biasanya bank mempunyai kebijakan masing-masing secara umumnya minimal untuk deposito yaitu 8 jt atau 10 jtan maksimal sampai 1-2 milyar rupiah.
  2. Bunga yaitu untuk menginput besarnya bunga atau profit yang akan kita dapatkan dalam waktu 1 tahun atau 12 bulan. Besarnya bunga terantung juga kebijakan dari masing-masing bank, secara umumnya berkisar antara 4% sampai 7,5% tergantung dari lama tenor dan kebijakan bank.
  3. Tenor yaitu digunakan untuk menginput lamanya waktu deposito, waktu tenor tergantung dari kebijakan masing-masing bank, secara umunya waktu tenor deposito bank fleksibel yaitu 1,3,6,12,18,24 dan 36 bulan, jadi deposito salah satu investasi yang fleksibel untuk jangka waktunya . Jika tabungan atau dana yang kita setor bersifat  suatu saat akan dipakai atau gunakan, maka pilih investasi untuk jangka pendek yaitu kita ambil 1 bulan atau 3 bulan. Jika tabungan setoran untuk jangka panjang maka bisa pilih yang 12 bulan atau sesuia keinginan masing-masing.
  4. Profit yaitu digunakan untuk menampilkan besarnya keuntungan yang akan kita peroleh setelah mencapai batas waktu tenor yang telah diambil atau ditentukan.

Secara garis besar perhitungan dari deposito yaitu

Profit = (Jumlah setoran x Bunga % x 80 %) x Tenor /12

Keterangan : 80% yaitu dikurang pajak 20%, jadi besarnya profit yang didapat setelah dipotong pajak 20 % maka dikali dengan 80%

  • Rumusnya Excelnya yaitu

=(C5*C7*80%)*C8/12

e. Jumlah saldo akhir yaitu digunakan untuk menampilkan besarnya profit ditambah dengan tabungan atau setoran awal rumusnya yaitu

SALDO AKHIR = Jumlah setoran + profit

  • Rumus Excelnya

=C5+C9

Secara keseluran atau umunya sebenarnya profit dari deposito tergantung dari besarnya uang yang kita setor atau investasikan, jika jumlahnya setoran besar maka profitnya yang didapat akan lebih besar, namun jika jumlah setoran kecil profit yang akan didapat juga relative kecil, tapi secara umum bunga atau profit deposito akan lebih besar dari bunga bank biasa.

  • Contoh bisa kita coba pada aplikasi ini, jika kita berimajinasi mempunyai uang 1 Milyar maka profit dengan tenor 1 bulan dengan bunga 6 % maka profit yang akan didapat adalah 4 jt perbulan
  • Contoh jika kita deposito uang 10 jt dengan tenor 1 bulan dan bunga 6% maka profit yang akan kita dapatkan 40 rb perbulan (lumayan lebih besar dari bunga tabungan biasa)

Berikut simulasi deposito bank silahkan dicoba

Tapi tentunya ada keuntungan dan kerugian dari investasi deposito diantaranya yaitu :

+Keuntungannya:

  1. Bunga atau profit lebih tinggi dari tabungan biasa
  2. Waktu tenornya fleksibel
  3. Keamanan terjamin LPS
  4. Minim resiko
  5. Beberapa bank sekarang menyediakan fasilitas penempatan/penyetoran  deposito secara  online, otomatis, mudah dan praktis

– Kekurangannya ;

  1. Profit bunga lebih kecil dari investasi lain
  2. Uang tidak bisa digunakan/diambil sampai batas waktu tenornya, jika diambil maka akan terkena finalti atau denda.

Baca juga : Rumus Excel Financial PMT, NPER, RATE

Demikian penjelasan tentang cara membuat Simulasi Hitung Deposito Bank Rumus Excel, untuk file yang sudah jadi silahkan download pada soal latihan diatas, bisa dilihat pada sheet HASIL. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.