Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Halo Sobat Belajar Office, Sebelumnya Admin ucapkan Minal Aidin Wal faizin Mohon Maaf lahir dan Batin, jika dalam penyampaian artikel pada situs ini terdapat kesalahan-kesalahan kata yang kurang berkenan, atau jika ada pertanyaan yang tidak dibalas, karena mungkin sedang sibuk dsb. admin mohon maaf yang sebesar-besarnya. Langsung saja pada kesempatan ini admin akan membahas Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja.

Kita adalah manusia, tentunya berbeda dengan mesin/robot. Adakalanya pekerjaan yang padat benar-benar menguras waktu dan tenaga, sehingga membuat jenuh dan mau tidak mau mengakibatkan dampak stress dan juga hal lainnya yang ujung-ujungnya mempengaruhi kondisi kesehatan.

Sangatlah wajar jika anda ingin memiliki satu hari untuk diri anda sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak sekali karyawan yang pada akhirnya memutuskan untuk  izin tidak masuk kerja demi mengembalikan kesehatan fisik juga kesehatan psikisnya. Nah, terkait hal tersebut, bagi anda yang saat ini memerlukan contoh surat izin tidak masuk kerja, berikut kami bagikan  contohnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Banjarnegara, 19 Mei 2018

Lampiran       : 1 Lembar

Perihal           : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

 

Kepada Yth.

Kepala Devisi HRD PT. BELAJAR OFFICE

Jl. Pesanggrahan. Banjarmangu

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Edi Subarkah
Alamat : Jl. ……………
No. Induk Karyawan : 788192454902
Jabatan : ………………….

Dengan surat pernyataan ini saya mohon izin untuk tidak masuk kerja selama 6 (enam) hari dari mulai tanggal 20 Mei 2018 sampai dengan 25 Mei 2018 dikarenakan sakit.

Permohonan izin ini saya ajukan atas saran dari dokter yang mengharuskan saya untuk beristirahat total selama 6 (enam) hari (surat keterangan dari dokter terlampir).

Demikianlah surat izin ini saya buat dengan keadaan yang sebenar-benarnya, atas izin yang diberikan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

Edi Subarkah

Alasan yang Dapat Dibenarkan untuk Tidak Masuk Kerja

Nah, di bawah ini adalah beberapa alasan yang bisa anda pakai untuk tidak masuk kerja.

  • Sakit

Alasan yang kerap kali digunakan supaya tidak masuk kerja adalah sakit. Tingkat keberhasilan dari alasan ini adalah 99%.

Kenapa? Karena atasan anda pasti memahami, apabila karyawannya sakit, mereka pasti tidak akan mampu bekerja pada tingkat yang paling optimal, sehingga nantinya akan mempengaruhi kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Beberapa atasan juga sering sekali memberikan kebijakan supaya karyawan yang sakit lebih baik istirahat total saja, dibandingkan memaksa masuk namun hanya setengah hari. Kebijakan tersebut juga dilakukan supaya sakit yang sedang diderita oleh karyawan tersebut  tidak disebarkan pada karyawan yang lain, sebab nantinya akan merugikan perusahaan.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Dokter

Hati-hati dalam menggunakan alasan ini. Apabila anda berbohong dan dalam kenyataanya tidak sakit, dan lambat laun hal itu diketahui oleh atasan, maka taruhannya adalah nama baik anda sendiri. Anda pasti akan kehilangan kepercayaan dari atasan anda juga kesempatan untuk menangani proyek besar dengan profit yang berlimpah.

  • Mengikuti Seminar

Alasan berikutnya yang dapat digunakan adalah mengikuti seminar. Alasan seperti ini biasanya akan langsung disetujui oleh perusahaan.

Karena bagaimanapun juga manfaat dari seminar sangat bagus untuk pengembangan potensi. Di samping itu, dengan mengikuti seminar, karyawan pun berkemungkinan bertemu dengan orang-orang hebat yang bisa di ajak kerja sama sehingga nantinya dapat menguntungkan perusahaan.

Namun, anda juga harus ingat, biasanya atasan juga akan meminta hasil dari seminar yang anda ikuti tersebut. Biasanya diminta dalam bentuk materi presentasi atau pun laporan.

Walaupun tidak semua atasan menerapkan kebijakan demikian, tapi di perusahaan-perusahaan besar peraturan tersebut sering sekali dipakai, sehingga berhati-hatilah dalam menggunakan alasan ini. Karena jika anda berbohong dan ternyata tidak mengikuti seminar, dampaknya akan sangat merugikan dan membuat anda malu

  • Medical Checkup

Bagi beberapa orang melakukan medical checkup secara rutin ,misalnya setiap bulan merupakan suatu keharusan yang wajib dipenuhi. Nah, alasan yang satu ini sangatlah logis dan pasti disetujui oleh atasan anda.

Karena medical checkup waktunya sudah tentukan, supaya tidak menimbulkan persepsi negatif,  sebaiknya  beritahu atasan anda terlebih dahulu dari jauh-jauh hari sebelum anda izin tidak masuk kerja.

Baca juga : Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit

  • Urusan Keluarga

Alasan yang  terakhir adalah urusan keluarga. Urusan keluarga yang dimaksud di sini bisa bermacam-macam, seperti datangnya kabar duka dari salah satu anggota keluarga, pernikahan saudara, acara syukuran, hajatan dan lain sebagainya.

Jangan lupa ketika anda menggunakan alasan yang keempat ini, anda jangan hanya menyebut izin tidak masuk kerja karena ada urusan keluarga saja, melainkan anda juga harus menyebutkan acara keluarga apa yang dimaksud.

Sebenarnya masih banyak lagi alasan yang bisa dipakai untuk tidak masuk kerja, misalnya seperti datang bulan (sering dilakukan karyawan perempuan), mengurusi STNK dan BPKB, alergi, keracunan, stress karena pekerjaan dan yang lainnya. Namun, ke-4 alasan di ataslah yang paling sering dipakai dan tingkat keberhasilannya pun sangat bagus.

Akan tetapi point terpenting dari seluruh pembahasan ini adalah,  sebagai karyawan yang baik anda jangan pernah memanfaatkan sifat atasan atau perusahaan yang cenderung cukup fleksibel mengenai tentang izin kerja.

Walaupun mungkin anda memakai alasan izin yang baik dan logis, namun keadaan bisa saja memburuk apabila anda menggunakannya terlalu sering. Seperti kata pepatah sesuatu yang diawali dengan buruk akan berakhir dengan buruk juga.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Nah, demikianlah pembahasan mengenai Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda, dan sampai jumpa di lain kesempatan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.