Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Tips Mengatur Uang THR dengan Bijaksana dan Maksimal

Halo sobat Belajar Office. Menyambut bulan Ramadhan, tetentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah THR (Tunjangan Hari Raya). Jadi sudah tidak perlu kaget lagi jika menerima pendapatan sedikit lebih banyak jika menjelang hari raya, namun juga tidak perlu kaget juga jika pengeluaran pun akan bertambah juga.

Karena jumlah uang yang anda terima lebih banyak, tak jarang pula yang jadi khilaf dalam menggunakannya dan berujung penyesalan karena habis begitu saja. Untuk menghindari kekhilafan menghadapi THR, pada kesempatan ini kami akan membagikan beberapa Tips Mengatur Uang THR dengan Bijaksana dan Maksimal. Yuk silahkan disimak.

Baca juga : Rumus Excel Hitung THR Tunjangan Hari Raya

Tips Mengatur THR yang Didapat Saat Lebaran

  1. Pilih Uang THR atau Uang Gaji, untuk Membeli Keperluan Lebaran

Uang gaji yang biasa kita dapatkan pasti cukup untuk membeli keperluan-keperluan saat lebaran tiba. Oleh karenanya, jangan gunakan uang THR untuk membeli keperluan tersebut. Idealnya, disimpan saja uang THR tersebut untuk keperluan lainnya.

Atau mungkin bisa juga dengan membelanjakan uang THR saja, untuk membeli keperluan lebaran. Dan uang gaji yang disimpan. Intinya, jangan dibelanjakan semuanya ya, mentang-mentang lagi banyak uang.

Tips Mengatur Uang THR dengan Bijaksana dan Maksimal

Tips Mengatur Uang THR dengan Bijaksana dan Maksimal

  1. Hindari Pengeluaran Tak Terduga

Akibat memiliki THR, anda cenderung membuat pengeluaran tak terduga saat berbelanja. Seperti misalnya membeli barang-barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Misal, saat ke mall, ingin membeli gamis, tiba-tiba membeli tas karena tertarik dengan modelnya. Padahal sebenarnya saat itu anda tidak memerlukan tas, karena masih banyak koleksi tas dirumah.

Memang sih keinginan tersebut sangat manusiawi, kita cenderung ingin menyalurkan keinginkan, ketika memiliki sedikit kelebihan. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Karena jika sudah menjadi kebiasaan, akan sulit dihilangkan.

  1. Gunakan THR Untuk Membayar Hutang (Jika Punya Hutang)

Jika anda memiliki hutang-hutang sebelum mendapatkan THR, maka pada saat mendapat uang THR, sebaiknya hutang tersebut dilunasi. Sehingga gaji anda tidak akan terpakai untuk hutang dan anda masih tetap memiliki pegangan uang saat lebaran tiba. Namun bila tidak memiliki hutang, anda sangat beruntung, jadi anda bisa memanfaatkan uang THR untuk keperluan lain, atau ditabung.

  1. Membuat List Pengeluaran

Tips mengatur uang THR berikut ini juga tidak kalah penting. Untuk menghemat uang THR yang anda miliki, anda harus membuat rincian pengeluaran apa saja yang akan dibutuhkan. Dengan rincian ini anda akan lebih teliti dan bisa memilih-milih lagi pengeluaran mana yang benar-benar penting dan mana yang bisa dibuang.

Anda sebaiknya lebih fokus terhadap apa yang anda butuhkan saja ketika berbelanja. Hindari untuk melihat-lihat ke toko yang menjual barang-barang yang tidak ada di list anda. Mungkin anda bisa mengajak teman saat berbelanja sebagai pengingat list pengeluaran anda juga.

  1. Uang THR bukan Uang Cuma-Cuma yang Bisa Dibelanjakan Seenaknya

Terkadang, tak sedikit orang menganggap uang THR adalah uang cuma-cuma, sehingga berlaku aji mumpung. Mereka berpendapat, mumpung ada uang THR, maka bisa membelanjakan sesuka hati, terutama saat melihat banyak sekali barang-barang yang sedang diskon bertebaran.

Baca juga : Contoh Rumus Excel Cetak Slip gaji Lengkap THR

Nah, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Uang THR tetaplah uang penghasilan kita, uang hasil jerih payah kita. Karena tentunya, tidak mungkin perusahaan memberi uang THR pada mereka yang baru saja bekerja 1 atau 2 hari.

Nah, untuk itu perlakukan uang THR sama dengan uang pemasukan lainnya. Belanjakan untuk barang-barang yang memang perlu, dan jika tidak, bisa ditabung.

Tips Mengatur Uang THR dengan Bijaksana dan Maksimal bisa dibilang susah-susah mudah. Namun jika anda menerapkan tips diatas, kami yakin uang THR anda bisa dimanfaatkan sengan sebaik-baiknya. Nah, selamat mencoba tips mengatur uang THR seperti diatas.

Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.