Iklan
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Tips Meningkatkan Kinerja Laptop atau Notebook

Hai sobat Belajar Office. Saat ini hampir semua pekerjaan kantoran dikerjakan dengan menggunakan notebook/laptop. Lalu, apa jadinya, jika perangkat (laptop/notebook) yang Anda gunakan tiba-tiba lemot atau nge-hang? Pastinya, hal ini akan sangat mengganggu pekerjaan yang sedang dikerjakan. Untuk itu, memang idealnya jika performa laptop atau notebook mulai menurun, harus segera Anda atasi, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Bagaimana caranya? Nah, berikut telah kami rangkum beberapa tips meningkatkan kinerja laptop atau notebook yang dapat Anda lakukan sendiri.

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop atau Notebook

  1. Nonaktifkan Program di Startup

Salah satu penyebab kinerja laptop yang lambat ialah disebabkan banyaknya program starup yang berjalan. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan performa perangkat, Anda dapat menonaktifkan program-program yang berjalan pada startup untuk aplikasi-aplikasi yang tidak penting. Caranya: Buka Task Manager atau tekan Ctrl + Shift + Esc, kemudian klik tab Startup dan pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan dengan cara klik kanan lalu pilih disable.

Baca juga : Tips Memilih Printer untuk Pekerjaan Kantoran

Tips Meningkatkan Kinerja Laptop atau Notebook

Tips Meningkatkan Kinerja Laptop atau Notebook

  1. Kurangi Visual Efek atau Animasi

Visual animasi yang menghiasi laptop atau notebook Anda mungkin terlihat menarik. Namun, tahukah Anda bahwa efek animasi tersebut merupakan salah satu penyebab menurunnya kinerja perangkat laptop atau notebook yang Anda gunakan. Untuk itu, jika Anda tidak ingin laptop atau notebook Anda semakin lambat, maka segera nonaktifkan efek animasi tersebut.

  1. Kurangi Add-ons pada Web Browser

Tahukah Anda, penyebab kinerja laptop menurun lainnya adalah add-ons browser yang dapat menambah beban saat Anda melakukan browsing. Untuk itu, kurangi add-ons yang tidak penting, agar tidak memakan RAM yang dapat menyebabkan perangkat menjadi lambat saat digunakan.

  1. Kurangi Pekerjaan Multitasking

Anda mungkin sering mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu dengan tujuan agar pekerjaan cepat selesai. Namun, kebiasaan melakukan banyak pekerjaan dengan membuka beberapa aplikasi dalam satu laptop dapat menyebabkan kinerja perangkat justru menurun. Sebagai contoh, Anda membuka program Ms Word, Excel, Powerpoint, Google Crome, PhotoShop, dan lain sebagainya secara bersamaan. Hal ini akan membuat perangkat menjadi lemot, dan akhirnya pekerjaan yang seharusnya Anda selesaikan akan terganggu. Untuk itu, fokuslah mengerjakan satu hal terlebih dahulu, dan kurangi membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Khususnya bagi Anda yang masih menggunakan perangkat laptop dengan CPU single core.

  1. Menambah RAM

Salah satu bagian perangkat laptop/notebook yang terpenting adalah RAM. Salah satu cara meningkatkan kinerja perangkat yaitu dengan menambah kapasitas RAM. Semakin banyak kapasitas RAM, maka semakin cepat pula CPU melakukan fungsinya. Begitu pula sebaliknya, jika RAM dalam perangkat Anda kecil, sementara Anda banyak mengakses berbagai aplikasi/software, maka perangkat akan semakin lambat.

  1. Menonaktifkan Search Indexing

Search indexing berfungsi untuk memudahkan Anda mempercepat pencarian, khususnya pada Windows 10. Akan tetapi, fitur ini justru membuat kinerja laptop menurun. Hal tersebut disebabkan karena fitur bekerja pada latar belakang sehingga membutuhkan banyak sumber daya sistem. Karena fitur ini jarang digunakan, maka lebih baik Anda menonaktifkannya untuk meningkatkan kinerja perangkat.

  1. Menggunakan Performance Monitor

Tips meningkatkan kinerja laptop atau notebook yang terakhir yaitu dengan menggunakan performance monitor. Fitur ini berfungsi untuk  memantau dan menampilkan kinerja perangkat secara real-time. Sehingga Anda dapat melihat rincian sistem dan kondisi sumber daya perangkatnya.

Baca juga : Tips Memilih Laptop untuk Pekerjaan Kantoran

Nah, demikian diatas beberapa tips meningkatkan kinerja laptop atau notebook yang bisa Anda lakukan sendiri. Kinerja perangkat akan mempengaruhi pekerjaan yang sedang Anda lakukan, sehingga agar tidak mengganggu pekerjaan, pastikan selalu meningkatkan performa perangkat yang sedang Anda gunakan.

Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.