Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah karena Sakit yang Baik

Hai sobat Belajar Office. Pernah membuat surat izin sakit? Jika belum simak contoh surat tidak masuk sekolah karena sakit yang baik berikut. Seperti yang diketahui dari dulu hingga sekarang surat izin tidak masuk sekolah masih tetap diberlakukan mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA. Umumnya saat kita sedang sakit, kita diwajibkan untuk membuat surat izin tidak masuk yang mana biasanya berlaku selama beberapa hari.

Sebenarnya untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit sangatlah mudah. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar surat yang kita buat tersebut terlihat bagus dan sopan. Beberapa hal penting tersebut seperti tanda baca, penggunaan bahasan dan beberapa hal penting lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Begini Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit Yang Baik

  • Format Penulisan Surat

Perlu diketahui, meski surat izin tidak masuk sekolah tidak termasuk jenis surat yang sangat penting, namun penting sekali memperhatikan format penulisan yang digunakan. Tujuan utamanya yaitu agar surat lebih terstruktur dan terlihat lebih rapi serta indah. Nah berikut ini format penulisan surat tidak masuk sekolah karena sakit.

  1. Bagian atas terdapat tempat, tanggal, dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
  2. Pada baris kedua menulis kata “Yth” atau “Kepada” agar terlihat lebih sopan.
  3. Baris selanjutnya, Anda sudah bisa membuat salam pembuka yang umumnya ditulis dengan kata “ Dengan hormat”
  4. Isi surat menjelaskan bahwa Anda tidak bisa masuk sekolah seperti biasanya karena “sakit”
  5. Pada bagian penutup, umumnya berisikan kata permintaan maaf dan juga terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pihak terkait dalam hal ini adalah guru. Jangan lupa untuk menggunakan kata sapaan “Bapak/Ibu” agar terdengar lebih sopan.
  6. Terakhir adanya tanda tangan dari wali murid yang bersangkutan.

Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah karena Sakit yang Baik

Agar lebih memahami perihal surat ini, berikut ini akan  contoh surat tidak masuk sekolah karena sakit yang baik. Contoh yang disajikan dibawah merupakan contoh surat yang sudah disesuaikan dengan standar kepenulisan yang ada.

Baca juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Acara Keluarga

  • Contoh Surat Izin Karena Sakit 1

Blitar, 19 Juni 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B

SMAN 1 Kota Blitar

Dengan Hormat,

Dengan datangnya surat ini, saya selaku orang tua/wali murid dari Veri Ricardo ingin memberitahukan bahwa anak saya pada Kamis, 19 Juni 2019 tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karena itu saya berharap Bapak/Ibu yang mengajar kelas XI-B bisa memberikan izin dan memakluminya.

Demikian surat izin ini dibuat sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru Kelas XI-B dan pengajar, saya sampaikan terima kasih.

 Hormat kami,

Orang tua/Wali Murid

 (tanda tangan)

Lukito

Catatan: Contoh surat izin yang pertama memang bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah dibuat oleh siapa saja. Meski begitu perlu diingat bahwa contoh surat izin diatas harus Anda ketik menggunakan komputer. Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa menuliskan dengan tangan. Jika contoh diatas masih kurang cukup, berikut kami berikan contoh surat izin sakit kedua.

  • Contoh Surat Izin Karena Sakit 2

Bandung, 24 Juni 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B

SMAN 1 Surakarta

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/ wali murid dari:

Nama : Andre Gomez

Siswi : Kelas XI-B SMAN 1 Surakarta

Alamat : Jl Ahmad Yani No 27 Surakarta

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sakit. Oleh karenanya kami selaku orang tua siswa memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-B agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

 Orangtua/Wali Murid

 (tanda tangan)

 Deni

Catatan: Untuk contoh surat tidak masuk sekolah karena sakit yang baik yang kedua ini memang terlihat lebih detail dengan menjelaskan identitas dari siswanya. Jika Anda merasa masih kurang cukup menggunakan contoh surat izin yang pertama tadi, maka Anda bisa menggunakan contoh untuk surat izin yang kedua ini. Perlu diingat, sebaiknya Anda mengetiknya di komputer agar hasilnya lebih rapi.

Membuat surat izin tidak masuk sekolah karena sakit sebenarnya sangatlah mudah. Perlu diingat bahwa sebaiknya Anda tidak membuat surat dengan kalimat yang terlalu bertele-tele atau terlalu panjang. Surat izin yang baik adalah yang singkat, padat dan juga jelas.

Berikut link download dalam format MS Word

Download : Contoh Surat Tidak Masuk Sekolah karena Sakit yang Baik

Demikian beberapa informasi terkait format penulisan surat izin tidak masuk sekolah beserta contoh surat tidak masuk sekolah karena sakit yang baik. Kedua contoh surat diatas bisa Anda jadikan sebagai referensi pilihan ketika Anda membuat surat izin untuk anak Anda. Pastikan Anda sudah mencantumkan keterangan izin tersebut dengan jelas. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu ke depannya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.