Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Ketua RT HUT RI

Hai sobat Belajar Office. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan kelompok yang terkecil adalah Rukun Tetangga atau RT. Beberapa RT nantinya akan dijadikan satu kelompok yang lebih besar lagi wilayahnya yang dikenal dengan sebutan Rukun Warga atau RW. Barulah dari puluhan RW nantinya akan masuk ke wilayah sebuah desa atau kelurahan yang dipimpin oleh seorang kades atau lurah untuk deerah kota. RT biasanya terdiri dari puluhan rumah yang dipimpin oleh seorang Kepala Keluarga (KK).

Sebagai kelompok masyarakat yang terdiri dari puluhan kepala keluarga dan ratusan warga tentunya RT juga memiliki struktur organisasi tertentu. Nantinya dalam menjalankan sistem yang berlaku di dalam kelompok RT tersebut akan ada koordinator atau pelaksananya yang disesuaikan dengan struktur yang ada. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dilakukan warga dalam lingkup Rukun Tetangga (RT) biasanya saat menyambut peringatan hari besar tertentu.

Baca juga : Contoh Surat Permohonan Dana Untuk Pembangunan Masjid

Contoh surat undangan resmi rapat Ketua RT seringkali diperlukan saat sekretaris perlu mengundang warga untuk melakukan pertemuan. Banyak orang yang kebetulan dipercaya menjadi sekretaris di RT-nya belum merasa percaya diri dalam membuat surat undangan untuk warga dari ketua RT. Sehingga pada akhirnya undangan dibuat dengan seadanya saja yang penting jadi.

Undangan rapat dari ketua RT biasanya diberikan saat akan ada sebuah kegiatan yang akan melibatkan seluruh warga dalam wilayahnya. Atau saat ada peringatan hari besar nasional maupun keagamaan. Peran serta seluruh warga tentu saja harus diatur sedemikian rupa agar acara bisa berlangsung dengan lancar sesuai dengan rencana. Untuk itulah diperlukan rapat dan pertemuan untuk membahas segala hal mengenai acara yang akan dilakukan tersebut.

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Ketua RT HUT RI

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Ketua RT HUT RI

Berikut ini beberapa contoh surat undangan resmi rapat Ketua RT yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Undangan Rapat RT HUT RI 17 Agustus

Pemerintah Kota Surakarta

Kecamatan Laweyan – Kelurahan Jajar

RT 03 RW. 06

_____________________________________________________________________________________________

Nomer                    : 123/ RT.03/ 06 / VI.2019

Lampiran                : –

Perihal                    : Undangan rapat warga

 

Kepada Yth :

Bapak / Ibu Kepala Keluarga

03 RW. 06 Jajar, Laweyan, Surakarta

Di tempat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala atas limpahan karunia-Nya sehingga kita diberikan kesehatan dan keselamatan.

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 maka dengan ini kami mengundang Bapak dan Ibu sekalian untuk menghadiri pertemuan warga yang akan dilaksanakan pada :

Hari              : Sabtu

Tanggal        : 13 Juli 2019

Tempat         : Balai Pertemuan Warga

Keterangan    :

  1. 1.Harap datang tepat waktu
  2. Jika kepala keluarga berhalangan harap mewakilkan

Agenda rapat :

  1. Membicarakan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI
  2. Pembentukan panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI
  3. Membuat rencana perlombaan untuk warga RT. 03
  4. Penunjukan perwakilan warga dalam lomba RW
  5. Membahas pengumpulan hadiah dari warga
  6. Perencanaan malam tirakatan tingkat RT
  7. Membahas pembiayaan lomba dalam HUT Kemerdekaan RI

Demikian surat undangan rapat dan pertemuan warga dalam rangka memperingati serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74 kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak dan Ibu sekalian kami ucapkan banyak terima kasih. Selanjutnya kami harapkan peran serta seluruh warga demi kelancaran acara tersebut.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

 

Hormat Kami,

 

 Ketua RT 03 RW 06                                                                                  Sekretaris

 

 

Suparman Joyokusumo  Budi Susanto

Beberapa surat undangan rapat RT juga dibuat format dengan menggunakan kop surat pada bagian atasnya agar menjadi lebih resmi. Sebagaimana surat resmi yang dibuat oleh sebuah instansi atau perusahaan, isi dari kop surat dalam undangan rapat RT biasanya mencatumkan nama kabupaten, kecamatan, kelurahan, RW dan RT. Bisa juga ditambahkan logo daerah dan logo RT jika memiliki.

Surat undangan dengan kop surat memang akan terkesan lebih resmi jika dibandingkan dengan yang tanpa menggunakan kop. Kop dalam contoh surat undangan resmi rapat Ketua RT antara lain memiliki format berikut ini.

Contoh Kop Surat Undangan Rapat RT

Pemerintah Kota Surakarta

Kecamatan Laweyan – Kelurahan Jajar

RT 03 RW. 06

_____________________________________________________________________________________________

Hal yang perlu diingat dalam pembuatan undangan resmi adalah tanda tangan ketua RT serta sekretaris yang membuat undangan. Jangan lupa juga untuk memberikan stempel RT pada undangan tersebut.

Anda juga dapat membuat undangan rapat atau pertemuan warga untuk tingkat Rukun Warga (RW) dengan format yang serupa. Untuk agenda tinggal diganti serta disesuaikan dengan acara yang akan dilaksanakan atau dibicarakan. Meskipun hanya untuk warga di dalam lingkungan sendiri tapi jangan sembarangan dalam membuat surat undangan karena itu akan mempengaruhi persepsi dari warga itu sendiri.

Berikut contoh surat undangan rapat panitia HUT RI 17 Agustus dalam format MS Word, silahkan didownload pada link dibawah ini jika membutuhkannya

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Ketua RT HUT RI

Surat undangan yang dibuat dengan format yang baik serta penggunaan bahasa yang benar tentu saja akan terlihat lebih resmi dan akan lebih diperhatikan oleh warga. Dengan adanya Contoh Surat Undangan Resmi Rapat Ketua RT HUT RI seperti di atas Anda tidak akan merasa kesulitan lagi dalam membuatnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.