Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran Kelahiran Bayi

Hai sobat Belajar Office – Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran Kelahiran Bayi di bawah ini akan dijelaskan satu per satu dari bagian surat tersebut. Meski tergolong ke dalam surat non resmi atau non formal, surat undangan aqiqah ini tetap memiliki struktur wajib yaitu pembuka, isi atau badan dan penutup surat. Struktur sederhana tersebut merupakan struktur dasar yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan pembuatan surat baik resmi maupun tidak.

Sebenarnya, pembuatan surat undangan aqiqah hanyalah sebuah formalitas untuk mengundang sanak saudara. Selain itu, tidak ada ketentuan paten yang membahas khusus tentang undangan aqiqah ini. Sedangkan mengenai penjelasan lengkapnya silahkan dibaca pada pembahasan di bawah ini.

A. Pengertian Aqiqah

Menurut wikipedia  : Aqiqah adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT. mengenai bayi yang dilahirkan. Aqiqah menyembelih kambing pada hari ketujuh (dari kelahiran seorang bayi). Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor kambing.

Baca juga : Undangan Syukuran Kehamilan Mapati Dan Mitoni

B. Fungsi dan Tujuan dari Surat Undangan Aqiqah

Surat undangan aqiqah bukan jenis surat resmi atau bisa dikatakan sebagai jenis surat non resmi atau non formal. Fungsinya sendiri tidak ada kaitannya sama sekali dengan sebuah instansi. Surat undangan aqiqah ini murni dibuat untuk kepentingan pribadi. Nah, di bawah ini akan dijelaskan contoh surat undangan aqiqah lengkap dengan contoh kalimat undangan.  Sedangkan struktur surat undangan jenis aqiqah yaitu seperti berikut ini:

  1. Kepala Surat

Surat undangan untuk acara tasyakuran aqiqah bukan merupakan jenis surat formal/resmi, tetapi merupakan surat non resmi atau non-formal. Untuk nomor surat, perihal dan lampiran tidak perlu ditulis. Cukup beri keterangan tanggal kapan surat tersebut dibuat.

Contoh Surat Undangan Aqiqah Kelahiran Bayi

  1. Penerima Surat

Di bawah kop surat yang hanya berisi tanggal langsung ditulis bagian penerima surat. Bagian ini berisi identitas atau keterangan nama, dan alamat penerima surat. Biasanya keterangan penerima surat pada undangan aqiqah lebih sederhana dan tidak terlalu rinci karena undangannya untuk orang banyak dan hanya formalitas. Kata sapaan biasanya menggunakan Bapak / Ibu / Saudara / i karena cakupannya lebih luas.

  1. Isi atau Badan Surat

Contoh surat undangan aqiqah di bawah ini juga memiliki bagian badan atau isi surat, bagian ini merupakan yang paling utama dan tidak bisa dihilangkan. Isinya tentang kalimat undangan sesuai dengan kepentingan undangan. Biasanya, sebelum memulai kalimat untuk mengundang diawali dulu dengan kata sapaan seperti ‘dengan hormat’ atau salam dan lainnya.

  1. Jadwal dan Tempat

Di tengah-tengah badan surat, berilah keterangan yang jelas mengenai jadwal dan tempat dilaksanakan acara tasyakuran tersebut. Keterangan bisa meliputi hari dan tanggal, serta waktu dan tempat pelaksanaan acara atau kegiatan.

  1. Penutup dan Tanda Tangan

Bagian penutup diisi dengan kalimat akhir atau penutup surat kemudian di bawahnya dibubuhi tanda tangan yang memiliki kepentingan acara. Namun, bisa juga tidak perlu menggunakan tanda tangan tetapi hanya dengan nama terang.

Baca juga : Contoh undangan walimatul khitan

C. Berikut ini Contoh Surat Undangan Aqiqah

Struktur atau kerangka surat jenis undangan tasyakuran aqiaqah yang dijelaskan di atas sepertinya cukup jelas. Selanjutnya, ayo coba praktikkan pembuatan surat undangan aqiqah tersebut dengan bekal struktur atau kerangka di atas. Berikut ini contoh surat undangan aqiqah yang diadakan oleh pasangan Bapak Sukardi dan Ibu Sutami untuk anak pertamanya yaitu Siti Romlah. Selanjutnya, perhatikan contoh surat undangan di bawah ini:

  • Contoh 1

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan memohon rahmat dan Ridho Allah SWT, kami sekeluarga bermaksud

Mengundang Bapak/Ibu/Sdr/i  untuk berkenan hadir dalam acara

Tasyakuran Aqiqah putra/putri kami :

……………………… 

Yang Insya Allah akan dilaksanakan  pada :

Hari/Tanggal             :  …………………….

Pukul                          : ………………………….

Alamat                        : …………………………………

Merupakan suatu kehormatan bagi kami sekeluarga apabila Bapak/Ibu/Sdr/I berkenan

hadir untuk bersama-sama dalam acara tersebut.

Atas kehadirannya dan doanya kami ucapkan terimah kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Hormat kami,

Keluarga Besar Bpk ……….. & Ibu ………….

  • Contoh 2

Jakarta, 1 Maret 2018

Yth. Bapak / Ibu /Saudara / i

di tempat

Asalamualaikum Wr. Wb.,

Alhamdulillah, dengan memohon rahmat dan ridho dari Allah SWT., dengan surat undangan ini Kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak / Ibu / Saudara / i pada acara tasyakuran aqiqah anak pertama Kami yang bernama ‘Siti Romlah’ yang Insha’Allah akan Kami selenggarakan pada:

Hari / Tanggal          : Minggu, 5 Maret 2018

Waktu                     : 7 malam (selepas maghrib) sampai selesai

Tempat                   : Rumah Bapak Sukardi / Ibu Sutami RT/RW: 11/03 Desa

  Sukorejo No. 115 Jakarta

Merupakan suatu kehormatan bagi Kami sekeluarga apabila Bapak / Ibu / Saudara / i berkenan untuk menghadiri acara tasyakuran aqiqah anak Kami.

Demikian surat undangan ini Kami buat. Atas kehadiran dan doanya Kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Hormat Kami,

Bapak Sukardi / Ibu Sutami

Berikut Contoh file dalam format MS Word, silahkan didownload pada link dibawah ini jika membutuhkannya.

Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran Kelahiran Bayi

Itulah Contoh Surat Undangan Aqiqah Tasyakuran Kelahiran Bayi yang baik dan benar sesuai aturan struktur atau kerangka surat yang juga sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.