Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Halo sobat Belajar Office – Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN perlu dipahami oleh beberapa orang yang bergelut di bidang ilmu komputer dan jaringan. Berbicara mengenai hal itu, jaringan merupakan interkoneksi antara dua perangkat atau lebih yang saling terhubung untuk berbagi data dan komunikasi. Jaringan itu sendiri ada beragam macam dan jenisnya yang paling umum yaitu LAN, MAN dan WAN.

Perangkat untuk membuat jaringan bisa berupa PC, desktop, router, switch dan lain-lain. Sedangkan penghubungnya berupa kabel tembaga, kabel optik dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada penjelasan dibawah ini.

Baca juga :  Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Pengertian Jaringan LAN, MAN dan WAN

Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai jaringan LAN, MAN dan juga WAN, antara lain:

  1. Pengertian LAN (Local Area Network)

LAN atau singkatan dari Local Area Network merupakan jenis jaringan yang paling banyak digunakan. Jangkauan area jaringannya cukup kecil yaitu hanya sekitar 1 km dan biasanya digunakan untuk rumahan, kantor atau sekolah. Namun, karena jangkauannya cukup kecil sehingga jika transfer datanya tinggi bisa terjadi kemacetan.

Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Meski begitu, banyak keuntungan menggunakan LAN seperti berbagi informasi, sumber daya, basis data dan layanan lainnya. Topologi yang digunakan jaringan LAN adalah bus, ring dan bintang. Topologi bus memungkinkan semua perangkat terhubung ke satu jalur komunikasi. Topologi ring menghubungkan perangkat dalam struktur melingkar dan topologi bintang membentuk struktur seperti bintang.

  1. Pengertian MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network yang memiliki cakupan lebih luas sekitar 50 hingga 100 km. Jaringan MAN ini bisa digunakan untuk lingkungan perkotaan kecil dan sering dianggap sebagai sekumpulan dari jaringan LAN.

Membuat jaringan MAN membutuhkan biaya yang cukup mahal karena lebih banyak peralatan yang dibutuhkan. Selain itu, perlu penanganan khusus oleh ahli jaringan agar tidak mudah di retas oleh hacker. MAN menggunakan topologi bus antrean terdistribusi, hal ini memungkinkan dari kedua arah secara bersamaan.

  1. Pengertian WAN (Wide Area Network)

WAN yang merupakan singkatan dari Wide Area Network memiliki jangkauan jaringan yang lebih luas lagi hingga wilayah negara. Jangkauan jaringan WAN bisa mencakup lebih dari 100 km hingga 1000 km. WAN itu sendiri merupakan interkoneksi dari jaringan kecil LAN dan MAN.

Dalam hal ini WAN membantu aktivitas berbagi berbagai macam data dalam jarak jauh sehingga meningkatkan komunikasi antar negara dan benua. WAN merupakan jaringan yang sangat besar sehingga rentan terserang berbagai virus, worm dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengaturan untuk mencegahnya dan perawatan untuk pemeliharaan jaringan.

Berikut ini beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat jaringan komputer, antara lain:

  • Minimal ada satu komputer utama yang digunakan sebagai server atau pusat data, gunakan komputer yang memiliki spesifikasi bagus dan mumpuni
  • Terdapat beberapa komputer yang berfungsi sebagai area workstation untuk tempat kerja
  • Membutuhkan peripheral jaringan seperti NIC (Network Interface Card), HUB dan lain sebagainya
  • Membutuhkan media penghubung seperti kabel dan lainnya yang berbeda tergantung jenis jaringannya

Perbedaan Jaringan LAN, MAN dan WAN

Dari penjelasan di atas tentang pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN, inilah beberapa perbedaannya, antara lain:

  1. Kecepatan Jaringan

Dilihat dari segi kecepatan transfer datanya, jaringan LAN memiliki kecepatan transfer data yang paling tinggi. Sedangkan jaringan MAN memiliki tingkat kecepatan menengah dan jaringan WAN kecepatan transfer datanya rendah.

  1. Jangkauan Area Jaringan

Ketiga jaringan tersebut memiliki jangkauan area yang berbeda-beda, seperti jaringan LAN yang memiliki jangkauan area cukup kecil sekitar 1 km. Sedangkan jaringan MAN memiliki jangkauan area sekitar 50-100 km dan jaringan WAN memiliki jangkauan area lebih dari 100 km.

  1. Media Komunikasi, Desain dan Perawatan

Jaringan LAN lebih mudah didesain, dirancang dan dipelihara karena cakupannya kecil dengan media komunikasi kabel twisted pair. Sedangkan jaringan MAN dan WAN lebih sulit dan rumit dirancang dan dipelihara. MAN membutuhkan kabel coaxial dan serat optik, sedangkan WAN membutuhkan PSTN (Public Switched Telephone Network).

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.