Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Halo sobat Belajar Office. Bagi orang yang sudah lama bergelut di dunia teknologi, pasti sudah paham betul dengan pengertian software komputer contoh software dan fungsinya. Tidak heran karena memang software adalah salah satu bagian yang sangat erat dan harus ada jika ingin sebuah PC bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Tetapi bagi orang yang masih awam, kebanyakan masih bingung dengan software dan bahkan mungkin juga belum bisa membedakan antara hardware dengan software. Jika Anda masih termasuk kategori ini, dan ingin mengetahui lebih banyak soal pengertian software komputer contoh software dan fungsinya, Anda dapat menyimak  ulasan yang ada di bawah ini.

Informasi Singkat Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

  • Pengertian Software

Dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Secara kasar, software dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Tetapi jika hendak dijabarkan lebih jauh lagi, software ialah suatu bagian sistem komputer berupa program yang bisa menjalankan suatu perintah. Karena itu, software tidak mempunyai wujud secara fisik dan tidak bisa dilihat bagaimana bentuknya.

Tak hanya itu, ada pula yang menyebutkan bahwa software ialah suatu data yang diprogram, diformat serta disimpan secara digital, tidak mempunyai bentuk fisik tetapi bisa digunakan dan dioperasikan oleh pengguna melalui perangkat komputer.

Baca juga : Pengertian Hardware Komputer, Contoh Hardware Dan Fungsinya

Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Pengertian Software Komputer Contoh Software dan Fungsinya

Dari pengertian ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa software atau perangkat lunak adalah jembatan yang menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras atau hardware sehingga bisa melakukan suatu perintah tertentu. Dengan begini dapat dipahami juga bahwa tanpa adanya software, komputer itu hanyalah mesin yang tidak dapat dimanfaatkan atau menjalankan perintah apapun dari pengguna.

Dalam kalimat yang lain pula, software dapat didefinisikan sebagai suatu program yang di dalamnya berisi instruksi-instruksi yang akan menjalankan suatu perintah untuk mengolah data.

  • Contoh Software

Ada begitu banyak software mulai dari yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari hingga software yang hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang sudah ahli saja. Untuk contoh software itu sendiri juga perlu didasarkan pada jenis-jenis software terlebih dahulu.

Nah, jenis-jenis software ini ada 4, yang meliputi operating system, application software, utility software dan malware. Berikut penjelasan lebih lengkapnya sekaligus dengan contohnya.

  1. Operating System (OS)

Operating system (OS) ini ialah software yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat dalam mesin komputer. Contohnya seperti Microsoft Windows, UNIX, LINUX dan MAC OS.

  1. Application Software

Sementara Application Software ialah program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu guna diterapkan pada bidang tertentu. Misalnya Microsoft Office untuk mengerjakan pekerjaan kantor yang meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Office One Note dan lain-lain.

Selain Microsoft Office ada juga Adobe Photoshop yang dipakai untuk mengedit foto atau gambar, WinRAR untuk mengarsip dan kompresi data, Google Chrome untuk menjelajah internet, Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen dan masih banyak lagi.

  1. Utility Software

Nah, kalau Utility Software ini ialah program yang fungsinya untuk membantu sistem operasi. Contohnya ada Windows Media Player yang biasa digunakan untuk memutar gambar, video atau musik.

Contoh lainnya bisa berupa AVAST Antivirus yang bisa membantu menjaga keamanan komputer dan berbagai data di dalamnya, Winamp yang bisa dipakai untuk memutar audio, FLV Player untuk memutar Adobe Flash Video dan lain-lain.

  1. Malware

Sementara untuk malware, ini adalah program yang memang diciptakan dengan tujuan untuk mencari kelemahan suatu software atau membobol operating system. Ini juga banyak contohnya, bisa berupa virus seperti Backdoor Zagaban, W32 Beagle COam dan Trojan Lodear.

Ada juga Worm dengan contohnya seperti ADM Worm, LoveLetter dan CodeRed. Kemudian ada Keylogger dengan contohnya seperti Revealer Keylogger, Keylogger Douglas dan KGB Keylogger. Ada Trojan, Spyware, Adware dan masih banyak lagi.

  • Fungsi Software

Dari berbagai pengertian software, tentu sudah dapat dipahami bagaimana fungsi software tersebut. Pada dasarnya, fungsi software yang paling utama ialah untuk membuat suatu komputer bisa menjalankan perintah dari user. Namun, jika hendak dijelaskan lebih jauh lagi, maka fungsi software kurang lebihnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasikan program
  2. Sebagai penghubung antara hardware dengan berbagai software yang lain
  3. Sebagai penerjemah suatu perintah dari perangkat lunak lainnya dalam bahasa mesin sehingga perintah tersebut bisa dimengerti oleh hardware
  4. Menjadi pengatur berbagai hardware yang ada dalam rangkaian komputer sehingga bisa bekerja bersama-sama
  5. Menjadi penyedia fungsi dasar bagi suatu komputer sehingga komputer tersebut bisa dijalankan atau dioperasikan.

Baca juga : Pengertian Komputer, Sejarah Perkembangan dan Fungsi Komputer

Dari pengertian software komputer contoh software dan fungsinya di atas, tidak salah bila kita kemudian menyebut bahwa software merupakan nyawa dari suatu komputer. Karena sekali lagi, komputer baru bisa dijalankan atau dioperasikan apabila sudah ditanamkan sejumlah software di dalamnya. Kendati demikian, software ini juga tidak akan berguna tanpa hardware, sehingga software dan hardware sama-sama diperlukan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.