Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya

Hai sobat Belajar Office – Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya secara umum perlu diketahui oleh semua orang, terutama oleh anak sekolah. Seperti yang diketahui bahwa internet tidak asing bagi Kita karena sudah menjadi suatu kebutuhan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Selanjutnya di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang internet.

A. Sejarah Internet dan Perkembangannya

Internet pertama kali diciptakan pada tahun 1970-an dan perusahaan yang mengembangkannya yaitu Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Saat pertama kali dibangun, jaringan internet hanya menghubungkan 4 tempat yaitu UCLA, UCSB, UTAH dan SRI Internasional. Di Indonesia, jaringan internet dikembangkan oleh Dr. Joseph F. P. Luhukay pada tahun 1983 dan pembangunannya butuh waktu 4 tahun.

Internet sering disebut-sebut atau dianalogikan dengan istilah The Web yang artinya jaringan laba-laba yang menyelimuti dunia dan saling terhubung. Hal ini sesuai dengan kondisi internet itu sendiri yang mampu menghubungkan semua orang di seluruh dunia dalam satu wadah melalui internet.

Baca juga : Pengertian Komputer, Sejarah Perkembangan dan Fungsi Komputer

Pengertian internet, sejarah dan manfaatnya

Pengertian internet, sejarah dan manfaatnya

B. Inilah Pengertian Internet dan Manfaatnya

Internet adalah kepanjangan dari interconnected network yang artinya suatu jaringan komputer yang saling berhubungan untuk keperluan komunikasi dan informasi. Pengguna internet bisa saling terhubung satu sama lain ke seluruh dunia tanpa mengenal batas wilayah, hukum dan budaya. Sedangkan fungsi dan tujuan dari internet itu sendiri antara lain:

  1. Mempermudah Akses Informasi

Internet menyediakan berbagai macam jenis informasi yang tersedia dalam bentuk artikel pada sebuah blog. Selain itu, internet juga menyediakan media teks, gambar, suara hingga video. Internet bisa mempermudah seseorang dalam mencari informasi apapun secara cepat, lengkap dan gratis. Internet merupakan solusi bagi merek yang tidak memiliki banyak uang untuk membeli buku atau referensi mahal lainnya.

  1. Mempermudah Jalinan Komunikasi

Internet juga bisa membantu komunikasi lebih mudah dan cepat sehingga Kita bisa berhubungan dengan siapa pun dan dimana pun. Komunikasi menggunakan internet tidak menutup kemungkinan lintas pulau bahkan lintas negara karena jaringannya mencakup seluruh dunia. Dengan begitu, komunikasi jarak jauh tidak perlu menggunakan surat kertas lagi karena bisa secara online melalui e-mail atau chatting.

  1. Mempermudah Menyelesaikan Pekerjaan

Dengan memanfaatkan jaringan internet, pekerjaan yang Anda lakukan bisa jadi lebih mudah dan cepat sehingga lebih efisien dari segi waktu. Hal ini karena dalam sebuah pekerjaan pasti ada bisnis yang perlu diselesaikan dengan komunikasi dan juga ada kebutuhan informasi/data tertentu. Nah, internet inilah yang menjadi sebuah solusi untuk saling terhubung dalam komunikasi bisnis dan berbagi informasi atau data.

Internet memiliki dampak positif dalam kehidupan sehari-hari, inilah beberapa manfaat internet, antara lain:

C. Manfaat Internet dalam Berbagai Bidang

  1. Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan

Sejak pertama kali muncul internet memang menjadi pusat berbagai macam informasi yang lengkap. Dalam dunia pendidikan, internet kerap kali digunakan sebagai bahan referensi bagi siswa saat mengerjakan tugas dari sekolah. Saat ini, dunia pendidikan lebih juga internet untuk media pembelajaran dan komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa di sekolah. Internet juga bisa jadi media belajar secara otodidak di rumah.

  1. Manfaat Internet dalam Dunia Bisnis

Seperti yang diketahui bersama bahwa kemajuan internet telah mengubah cara dan gaya hidup masyarakat menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu contohnya yaitu bisnis toko online yang cepat menyebar dan populer serta telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Toko online memanfaatkan jaringan internet untuk membuat toko secara online dan menjual produk dengan bekal foto dan deskripsi yang lengkap.

  1. Manfaat Internet dalam Dunia Hiburan

Selain dimanfaatkan untuk media pendidikan dan bisnis, internet juga menyimpan banyak sekali hiburan untuk penggunanya. Beberapa media pada internet mencakup data, file dokumen, gambar, teks, bahkan video. Sedangkan platform yang biasa digunakan untuk hiburan yaitu YouTube, Facebook, Instagram dan lainnya. Fasilitas yang tersedia pada internet tersebut bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Baca juga :  Pengertian dan perbedaan LAN, MAN dan WAN

Nah, itulah informasi penting terkait dengan Pengertian Internet, Sejarah dan Manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, internet itu sendiri memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan seseorang. Jadi, internet harus digunakan secara bijak dan berhati-hati agar tidak merugikan diri sendiri. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.