Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel dengan Mudah

Halo Sobat Belajar Office. Microsoft Excel dikenal sebagai software yang mampu diandalkan di dunia akuntansi. Anda tidak perlu bingung dengan penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pengkalian secara manual. Sebab dengan software ini Anda bisa segera mendapatkan hasil, bahkan untuk logika-logika yang rumit sekalipun.

Nah, bicara mengenai software microsoft excel, tahukah anda bagaimana tips menguasai rumus-rumus excel ini sengan mudah?

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel :

Bagi pemula, hambatan menguasai Microsoft Excel terletak pada hafalan rumus-rumusnya. Sulit mungkin, namun bukan berarti mustahil untuk menguasainya. Bila mengetahui tips dan triknya, hafalan rumus itu akan segera di genggaman Anda. Nah, berikut kami bagikan ulasan mengenai beragam tips menguasai rumus-rumus Excel dengan mudah berikut ini.

  • Mengenal Rumus Dasar Microsoft Excel

Ketika ingin mempelajari rumus Microsoft Excel, ada baikya Anda mengenal terlebih rumus dasar terlebih dahulu. Misalnya rumus penjumlahan, pengurangan, pembagian dan pengkalian. Rumus-rumus ini dianggap mudah diingat dan tidak susah diaplikasikan. Tips yang perlu diketahui adalah mengenal tanda.

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel dengan Mudah

Tips Menguasai Rumus-Rumus Excel dengan Mudah

Untuk penjumlahan adalah tanda plus (+), pengurangan adalah minus (-), perkalian dengan tanda bintang (*), dan pembagian dengan garis miring (/). Berikut contoh pengkalian atau penambahan. Misalnya Anda memerlukan penjumlahan sel D4 dan D5 maka rumusnya adalah D4+D5 atau ketika pengkalian, Anda hanya perlu mengeluarkan rumus D4*D5. Akan berbeda caranya bila Anda memerlukan jumlah keseluruhan atau banyak sel. Rumus yang perlu Anda ketahui adalah D4+D5+D6 dan seterusnya.

  • Pelajari Rumus secara Bertahap

Cara ini sifatnya sama dengan yang lain. Anda akan kesulitan bila langsung menghafal banyak rumus. Cukup pelajari secara bertahap saja. Bila yang dasar telah dikuasai, itu artinya Anda perlu berlanjut ke tahap selanjutnya.

Berikut :Daftar Isi Belajar Microsoft Excel Pemula

Level selanjutnya adalah mempelajari summary atau jumlah data pada range tertentu, mencari rata-rata, nilai tertinggi hingga terendah. Untuk rumus summary, Anda hanya perlu mengetik =SUM (sel yang akan dijumlah). Misalnya =SUM (F6:F12).

Cara ini juga berlaku untuk rumus lainnya. Anda hanya perlu mengganti subyeknya saja.misalnya mengganti SUM dengan AVERAGE, MAX, MIN ataupun COUNT.

  • Mengotak-Atik Rumus Excel

Rumus Microsoft Excel dikenal unik dan menarik untuk dipelajari. Apalagi bila Anda merasa bahagia karena telah menyelesaikan suatu rumus. Biasanya rumus pada Microsoft Excel tidak berdiri sendiri. Maksudnya ada rentetan yang lain. Anda bisa menggabungkan dengan rumus Excel yang lain sesuai dengan kebutuhan.

Untuk bisa menggabungkan banyak rumus, Anda perlu memahami rumus dasar lainnya. Semakin sering mengutak-atik rumus, Anda akan merasa mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikan data Microsoft Excel.

  • Berlatih Terus dan Bersabar

Belajar rumus Microsoft Excel tidak serta merta sekali saja. Anda perlu mempelajari secara berlanjut dan tidak lupa bersabar. Setelah mengotak-atik rumus Microsoft Excel dengan banyak latihan, Anda lebih mudah mengetahui fungsi masing-masing dari rumus Excel.

Banyak yang berpendapat bahwa belajar rumus Microsoft Excel itu gampang-gampang susah. Anda hanya perlu memahami banyak rumus dasar, tidak lupa menggabungkannya, kemudian mengotak-atik rumus tersebut. Ilmu rumus Excel Anda akan semakin meninggi bila ditunjang dengan banyak latihan dan kesabaran.

  • Sering berkunjung di web www.belajaroffice.com ini

Sering-sering berkunjung pada web blog Belajar Office ini untuk mendapatkan tutorialnya secara gratis.

Itulah beragam, tips menguasai rumus-rumus Excel dengan mudah. Sebenaranya tidak membutuhkan cara yang sulit karena nyatanya yang diperlukan adalah niat dan kesungguhan anda. Nah, selamat belajar, pastinya harus konsisten dan jangan mudah menyerah ya..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.