Iklan
Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Ketika anda berniat bekerja ke luar negeri, biasanya akan diminta untuk membuat Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri yaitu surat pernyataan yang isinya memuat bahwa orang tua anda telah mengizinkan anda untuk berangkat ke sana.

Nah, bagi anda yang saat ini membutuhkan surat tersebut, dan tidak tahu cara membuatnya, kali ini kami akan bagikan Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri, yang bisa anda tiru.

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

SURAT IJIN ORANG TUA/ WALI/ ISTRI/ SUAMI

UNTUK MENGIKUTI PROGRAM ………..

SEBAGAI TKI DI KOREA

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : ……………………………
Alamat                        : Desa Jenggawur RT …….. RW……….., Kecamatan Banjarmangu,     Kabupaten Banjarnegara
Pekerjaan                     : Wiraswasta

Selaku orang tua/ wali/ istri/ suami dari :

Nama                           : Edi Subarkah
Alamat                        : Desa ……………RT ………… RW…………, Kecamatan Banjarmangu,     Kabupaten Banjarnegara
Pendidikan                  : ……………………………

Dengan ini mengetahui, menyetujui dan memberi ijin kepada anak tersebut di atas, untuk mengikuti Program TKI di Korea dan akan memberikan dukungan sepenuhnya serta bertanggung jawab bilamana terjadi sesuatu hal selama mengikuti program tersebut sejak awal sampai akhir program selesai.

Demikian surat ijin ini dibuat dengan sadar tanpa paksaan dari pihak manapun, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Banjarnegara, 04 Mei 2018

Mengetahui

Kepala Desa ………………..                                                                Orang tua

 

 

          ……………………..                                                                      ………………………

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Bekerja di Luar Negeri

  • Skill yang Mumpuni

Supaya anda dapat berhasil sukses bekerja di luar negeri, mempunyai niat yang kuat saja bukanlah sesuatu yang cukup. Dalam dunia kerja, sekalipun niat anda memang kuat, namun apabila skill yang anda miliki kurang memadai, maka sangat kecil kemungkinan anda dapat diterima di salah satu perusahaan terbaik di luar negeri.

Saran dari kami, manfaatkanlah beberapa lembaga kursus untuk menambah kompetensi dan skill anda, atau anda juga bisa memperoleh pengalaman dari orang-orang yang sebelumnya sedang atau sudah pernah bekerja di luar negeri. Dengan demikian, hal tersebut akan menjadi kuntungan tersendiri bagi anda.

Baca juga : Contoh Penulisan CV Curiculum Vitae untuk Fress Graduate

  • Siapkan Biaya Awal

Apabila tips pertama sudah terpenuhi dengan baik, langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah mengenai permasalahan biaya.

Seperti yang kita tahu, hidup di  luar negeri tidak hanya 1 sampai 2 hari saja, melainkan beberapa bulan. Dalam hal ini disesuaikan dengan kontrak kerja anda dengan perusahaan yang bersangkutan. Maka dari itu, pada bulan-bulan pertama, sebaiknya siapkanlah biaya lebih untuk mengurus perihal administrasi, seperti visa, paspor dan lain sebagainya.

Siapkan juga estimasi biaya sehari-sehari dan biaya lainnya yang sangat anda butuhkan untuk menunjang aktifitas anda.

  • Kelengkapan Dokumen-Dokumen

Tahukah anda beberapa negara di luar negeri mempunyai peraturan yang sangat ketat terutama dalam mengawasi identitas setiap pekerjanya.

Sangat berisiko apabila anda berangkat ke sana, tanpa paspor atau pun visa yang akurat. Bukannya kesuksesan yang akan anda peroleh, melainkan terperangkap di sana dengan hukuman yang sangat beratlah yang akan anda dapatkan.

Nah, maka dari itu, jangan sampai ada satu dokumen penting pun yang lupa untuk anda siapkan dan anda bawa, ya.

  • Kesiapan Mental

Tips yang terakhir adalah anda harus memiliki mental yang mumpuni jika ingin bekerja di luar negeri sana.

Negara Indonesia sangat berbeda dengan negara-negara di luar. Perbedaan tersebut sangat jelas terlihat dari budaya yang dianut, kebiasaan sehari-hari dan lain sebagainya.

Nah, maka dari itu, sebelum berangkat, alangkah lebih baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan negara tujuan tempat di mana anda akan bekerja.

Hal ini untuk menghindari pelanggaran yang bisa anda lakukan tanpa sengaja, karena anda memang tidak tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara tersebut. So, tetap hati-hati ya.

Cara Cepat Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja di Luar Negeri

  • Info dari Dinas Tenaga Kerja

Brosur dan berbagai macam selembaran yang memuat informasi lowongan pekerjaan di luar negeri, biasanya akan dibagikan secara cuma cuma dari Dinas Tenaga Kerja.

Apabila memang tidak ada, anda bisa mengunjungi langsung Dinas Tenaga Kerja terdekat yang ada di kota anda untuk menanyakan terkait lowongan pekerjaan yang tersedia.

Di samping itu, apabila anda sudah mendapatkan informasi, anda pun harus tetap  selektif dan berhati-hati. Jangan sampai anda memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan anda sendiri. Sebab hal itu hanya akan merugikan dan menjadi beban berat untuk anda.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

  • Jalin Komunikasi dengan HeadHunter

Di jaman serba digital sekarang ini, cobalah manfaatkan media sosial untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Misalnya dari Linkedln, situs tersebut akan memuat peluang kerja apa saja yang tersedia, baik itu diluar maupun di dalam negeri, dan semuanya akan di-update secara berkala.

  • Dapatkan dari Perekrutan Secara Online

Tips berikutnya adalah dari perekrutan secara online. Anda cukup registrasi di situs pencari pekerjaan. Pilih skill yang sesuai dengan yang anda miliki, dan masukkan curriculum vitae atau resume terbaik anda.

Buatlah semenarik mungkin, supaya anda cepat direkrut. Biasanya situs tersebut akan otomatis mencarikan anda pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri

Itulah pembahasan singkat mengenai Contoh Surat Izin Orang Tua Untuk Bekerja di Luar Negeri serta pembahasan terkait lainnya yang bisa anda jadikan referensi untuk menunjang wawasan anda tentang bekerja di luar negeri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.