Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Contoh Surat Pernyataan Penyesalan

Halo sobat Belajar Office. Mungkin saat ini fungsi surat memang telah tergantikan oleh surat-surat elektronik atau email yang lebih canggih dan tentunya lebih cepat sampai tujuan. Tetapi meskipun demikian ternyata tidak semua surat bisa dikirim melalui email, dan ada surat yang memang harus dikirim secara manual.

Mengapa demikian? Karena ada beberapa surat yang memiliki fungsi yang sangat penting dan memiliki legalitas hukum yang harus dipertanggung jawabkan oleh sang pembuat surat. Salah satu surat tersebut yaitu surat penyataan atau surat perjanjian tertentu.

Surat pernyataan yaitu surat yang berisi sebuah pernyataan bahwa orang yang membuat surat mengakui sesuatu dan bersedia pula untuk melakukan sesuatu sebagai konsekuensi dari tindakan yang dilakukan. Pada intinya surat pernyataan berisi pengakuan penulis karena telah melakukan suatu perbuatan yang melanggar peraturan hukum atau kesepakatan yang telah disetujui bersama.

Nah berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membuat surat pernyataan kesalahan:

  • Menggunakan bahasa baku
  • Mencantumkan identitas dari pembuat surat secara rinci
  • Menggunakan kalimat yang jelas dan tidak terkesan bertele-tele
  • Adanya pernyataan menjelaskan sesuatu atau bersedia melakukan sesuatu
  • Mencantumkan kesiapan menerima segala konsekuensi bila melanggar dari surat pernyataan yang telah dibuat
  • Untuk menjaga unsur legalitas pada surat maka lebih baik untuk melengkapi dengan materai 6000 pada bagian tanda tangan pembuat surat

Nah bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat surat penyataan penyesalan, dibawah ini penulis uraikan contoh surat penyataan penyesalan yang mungkin bisa menjadi referensi ketika membuat surat pernyataan.

SURAT PERNYATAAN PENYESALAN

SURAT PERNYATAAN PENYESALAN

SURAT PERNYATAAN PENYESALAN

 Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                      : Muhamad Fadil

NPM                       : 6008976240997

Alamat                    : Jl. anggrek No. 2 – Jakarta

Jabatan                   : Manager Bendahara Umum

Dengan ini saya menyatakan bahwa secara tidak sengaja saya telah memakai dana organisasi sejumlah Rp. 3.500.000.00 (tiga juta lima ratus ribu rupiah) untuk keperluan diluar pelaksanaan kegiatan workshop entrepreneurship di auditorium kampus Syiah Kuala. Hal tersebut dibuktikan sebagaimana tertera didalam Laporan Pertanggung Jawab (LPJ) himpunan mahasiswa jurusan ekonomi.

Atas nama pribadi saya bersedia untuk  bertanggung jawab atas kesalahan dan keteledoran yang saya lakukan kepada organisasi serta mengganti semua kerugian tersebut. Besar harapan saya agar saudara ketua umum dan semua rekan-rekan anggota himpunan mahasiswa jurusan ekonomi dapat berbesar hati memaafkan dan menerima saya kembali untuk bergabung dalam organisasi ini.

Dan apabila nantinya dikemudian hari saya tidak berkomitmen dan melakukan kesalahan yang sama atau yang lebih fatal bagi organisasi maka segala konsekuensi hukum yang berlaku akan saya terima dengan lapang dada.

Demikian surat penyataan ini saya buat, dalam keadaan sehat dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Semoga adanya surat ini bisa menjadi pertimbangan dengan bijaksana oleh saudara ketua umum serta rekan-rekan satu organisasi. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Jakarta, 18 Januari 2014

Hormat Saya,

Materai 6000

                            Muhamad Fadil

(6008976240997)

Pembuatan surat pernyataan ini tentu saja memiliki banyak manfaat untuk anda semua, utamanya bagi yang sering lupa terhadap sesuatu. Manfaat yang bisa didapat yaitu surat pernyataan dapat digunakan sebagai media untuk meminta pertanggung jawaban atas hal yang telah disepakati sebelumnnya, manfaat yang kedua sebagai media pengukuhan pihak yang diterangkan.

Berikut file dalam bentuk MS Word, jika ingin download silahkan klik pada link dibawah ini

Contoh Surat Pernyataan Penyesalan

Contoh surat pernyataan penyesalan diatas semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat, khususnya bagi yang sedang membutuhkan. Sampai jumpa di contoh-contoh surat lainnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.