Contoh Surat Contoh - Contoh Format Penulisan Surat !

Jenis-jenis Komputer Lengkap dengan Fungsinya

Hai sobat Belajar Office – Di era seperti saat ini komputer menjadi perangkat yang keberadaannya sangat penting. Hampir di semua elemen seperti bisnis, pendidikan, kesehatan dan sebagainya pasti menggunakan perangkat ini. Maka dari itu, disarankan untuk mengetahui jenis-jenis komputer lengkap dengan fungsinya.

Keberadaan komputer berguna untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan lebih efisien. Komputer tidak hanya bisa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan tetapi juga pribadi. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat tersebut beserta fungsinya.

8 Jenis-jenis Komputer Lengkap dengan Fungsinya

  1. Personal Komputer

Personal Komputer atau PC merupakan perangkat komputer yang didesain untuk kebutuhan atau membantu pekerjaan yang bersifat pribadi. Jenis komputer ini biasanya digunakan oleh perorangan untuk kebutuhan sehari-hari baik di rumah, di kantor ataupun di sekolah.

  1. PC Gaming

Sesuai dengan namanya, jenis komputer ini mempunyai fungsi khusus yakni digunakan untuk bermain game. PC Gaming biasanya digunakan untuk consol game. Secara kasat mata, jenis komputer ini sama dengan jenis lainnya. Namun ketika menengok spesifikasi menjadi berbeda dan akan membuat seseorang terheran-heran.

Jenis-jenis Komputer Lengkap dengan Fungsinya

Jenis-jenis Komputer Lengkap dengan Fungsinya

PC game memiliki spesifikasi yang sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari komponen yang digunakan, seperti processor, RAM dengan kapasitas besar, VGA external untuk menunjang grafis game. Ada juga Extra cooler agar motherboard dan komponen yang terpasang tetap dingin. Bahkan sekarang banyak yang menggunakan VR agar memperoleh pengalaman bermain yang nyata.

  1. PC Rendering

PC Rendering merupakan jenis komputer yang digunakan membuat/mengedit film, music, desain grafis dan berbagai visual lainnya. Komputer jenis ini juga banyak digunakan oleh para composer. Biasanya di dalam PC Reandering ini tertanam VGA card dengan spesifikasi tinggi serta hard disk atau tempat penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar.

  1. Laptop

Laptop/notebook adalah jenis komputer portable yang memungkinkan penggunanya bisa membawanya  ke mana saja. Komputer jenis ini memiliki fungsi yang sama dengan jenis lainnya seperti untuk mengetik dokumen, game dan bahkan rendering. Pastinya spesifikasi yang dimiliki akan menyesuaikan dengan fungsi laptop tersebut.

Perbedaan laptop dengan jenis komputer lainnya hanya pada fisik. Laptop berukuran lebih kecil sehingga antar komponennya berada pada satu rangkaian yang saling berhubungan serta secara bersamaan dialiri listrik dari baterai.

  1. Netbook

Netbook secara fisik memiliki kesamaan seperti laptop, namun memiliki ukuran yang lebih kecil  yakni 10-11 inc. Di samping itu, jenis komputer ini juga lebih ringan. Sesuai dengan ukurannya, saat ini netbook memiliki spesifikasi rendah dibandingkan dengan jenis komputer lainnya.

Ukurannya yang kecil, membuat netbook memiliki fungsi sangat terbatas, yakni hanya dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi berkapasitas ringan. Aplikasi-aplikasi tersebut seperti Ms Office untuk mengetik dan mengedit dokumen, edit foto, edit video dan game dengan grafis rendah.

  1. Komputer Server

Jenis komputer ini digunakan sebagai server dengan fungsi menjalankan program client-server. Komputer server berperan memberikan layanan kepada client seperti website server dan database server yang semuanya saling terhubung.

Dilihat dari fisiknya, komputer server ada yang berukuran seperti PC pada umumnya dan bahkan ada yang berukuran lebih besar. Jenis komputer ini biasanya tidak dibekali dengan grafis yang bagus karena umumnya jenis ini hanya berbentuk CLI atau Command Line Interface. Namun, jenis komputer ini harus dibekali dengan hardware dengan spesifikasi tinggi agar fungsinya berjalan dengan maksimal.

  1. Komputer Workstation

Komputer workstation merupakan jenis komputer yang digunakan untuk menyambung jaringan antara server dan client. Tidak hanya tersambung, jenis ini juga dapat menjalankan komunikasi antara server dan client. Biasanya juga terdapat kartu jaringan (NIC) yang berguna sebagai penghubung ke seluruh komputer yang masuk dalam jaringan.

Komputer workstation biasanya digunakan di kantor-kantor perusahaan dan juga sekolah. Tujuannya agar segala semua orang yang berada di perusahaan atau sekolah tersebut bisa saling terhubung. Serta berkomunikasi, berbagi data dan berbagi penggunaan printer.

  1. Komputer Mainframe

Jenis komputer yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar guna menunjang fungsinya. Fungsi adalah melakukan proses data dan aplikasi dalam skala besar. Jenis ini terhubung dengan komputer-komputer kecil yang saling terintegrasi dalam satu sistem untuk melakukan proses data secara bersama-sama.

Pada umumnya komputer mainframe digunakan oleh perusahaan skala besar untuk keperluan survey dan juga keperluan militer. Jenis komputer ini juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial baik di dunia perbankan ataupun perusahaan lainnya.

Baca juga : Pengertian Driver Komputer, Fungsi dan Contohnya

Nah itulah jenis-jenis komputer lengkap dengan fungsinya. Pada dasarnya semua jenis komputer memiliki fungsi yang sama, yaitu membantu manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.